Desa Tejowangi [Purwosari- Pasuruan] Jawa Timur dan 7 Fakta yang Wajib Dibaca!

Desa Tejowangi, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur


FaktaDaerah.Com- Desa Tejowangi merupakan desa yang ada di Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Desa ini terletak di kaki Gunung Arjuno. Desa Tejowangi berasal dari bahasa Jawa. Yang mempunyai dua kata, yaitu “Tejo” yang artinya pelangi dan “wangi” yang artinya harum.
Baca Juga: 9+ [Fakta] Unik Indonesia, No 5 Tidak Banyak Diketahui!

Sejarah Desa Tejowangi, Kecamatan Purwosari [Jawa Timur]


Konon menurut kepercayaan warga dulu, di desa tersebut terdapat pelangi yang mengeluarkan aroma yang harum. Oleh sebab itu desa yang berada dikecaman Purwosari dan di kaki gunung Arjuno diberi nama Desa Tejowangi.

Desa Tejowangi Dikenal Desa Kristen Tapi Mayoritas Beragama Islam


Pada umumnya desa ini terkenal dengan desa Kristen di Jawa Timur, ditandai dengan berdirinya Greja Kristen Jawi Wetan Pepantan Tejowangi disana. Padahal mayoritas penduduk desa ini beragama Islam. Bahkan disana terdapat tiga masjid besar dan megah. Akan tetapi banyak sekali masyarakat luar yang datang untuk melaksanakan ibadahnya di Greja tersebut. Terutama umat beragama Kristen.
 

Desa Tejowangi Memiliki Lima Dusun


Desa tersebut mempunyai lima dusun yaitu dusun Kemiraan, Sumber Tejo, Njuri, Kebon Duren, dan Kebon Wangen. Setiap dusunnya dari desa yang ada di Jawa Timur ini mempunyai kisah tersendiri saat terlahirnya dusun tersebut.
 

Desa Tejowangi Sudah Dipimpin 7 Kepada Desa


Pemimpin desa ini, dipimpin oleh kepala desa. Yang kini sudah sampai pada pemimpin ke tujuh. Kepala desa dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilihan umum atau coblosan. Pada umumnya kepala desa bukan seorang pegawai negri sipil melainkan rakyat biasa yang dipercaya mampu menjadi pemimpin yang baik untuk desa tersebut.
 

Desa Tejowangi, Provinsi Jawa Timur Selalu Merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia


Setiap perayaan ulang tahun RI. Desa ini selalu mengadakan lomba, karnaval di tiap tahunnya. Penduduk antusias merayakannya. Bahkan sering mengundang orkes yang ternama di Jawa Timur. Perayaan tahunan ini sering mendatangkan masyarakat luar desa untuk menyaksikannya terutama pada lomba sepak bola dan karnavalnya.

Karnaval di desa ini, terkenal dengan karnaval kocak dan lucu karena setiap dusunnya pasti ada yang aneh-aneh. Disetiap dusun pasti aka nada yang membuat penonton tertawa. Seperti ada orang laki-laki berbakaian kaya banci, tuyul-tuyulan untuk anak kecil, dan masih banyak lagi. Akan tetapi ada juga yang menarik. Yang dapat membuat para penonton antri berfoto, yaitu merak kayangan.
 

Pekerjaan Masyarakat Desa Tejowangi yang Beranekaragam


Mayoritas penduduk desa ini bekerja sebagai kuli bangunan, tukang ojek, buruh tani, buruh pabrik, PNS, dan masih banyak lagi. Akan tetapi yang dominan yaitu sebagai buruh pabrik hal ini lanataran di Desa Tejowangi  dekat dengan kawasan Industri.
 

Desa Tejowangi Dikenal Desangan Susu Perah


Desa ini juga dikenal dengan susu sapi perahnya. Banyak sekali masyarakat yang memelihara sapi perah, yang nantiknya susu tersebut disetorkan ke KUD yang ada di dusun Kebon Duren. Jadi bisa disimpulkan desa ini masih asri dengan kedesaannya. Udara yang masih sejuk karena adanya pepohonan. Suasananya masih dipenuhi dengan pemandangan alam yang asri. Lagi pula masyarakat yang tinggal di kota-kota besar juga memiliki rumah disini, yang setiap liburan kerja mereka datang untuk menikmati udara yang sejuk, asri dan belum tercemar oleh polusi seperti di kota-kota besar pada umumnya.

Demikinalah tulisan mengenai Desa Tejowangi [Purwosari- Pasuruan] Jawa Timur dan 7 Fakta yang Wajib Dibaca! yang ditulis oleh Sitaresmi Weka dengan judul asli dalam tulisannnya Desa Tejowangi. Semoga dengan adanya informasi mengenai Desa Tejowangi ini dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Kabupaten Mojokerto [Jawa Timur] dan Fakta yang Harus Kamu Baca!
  2. Kota Blitar, Kabupaten Blitar [Jawa Timur] dan Fakta Membanggakan yang Harus Kamu Baca!
  3. Kabupaten Kediri [Jawa Timur], dan 6 Fakta yang Harus Kamu Baca!
  4. [3+ TEMPAT] Wisata Jombang [Jawa Timur] yang Harus Kamu Kunjungi!
  5. Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur, dan Beberapa Fakta yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Desa Tejowangi [Purwosari- Pasuruan] Jawa Timur dan 7 Fakta yang Wajib Dibaca!"

Posting Komentar