Kabupaten Mojokerto [Jawa Timur] dan Fakta yang Harus Kamu Baca!

Fakta Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur, Indonesia


FaktaDaerah.Com- “Kabupaten Mojokerto” setelah berulang kali saya memasukkan kata kunci tersebut melalui sebuah search engine, merujuk pada sebuah kota yang berada provinsi Jawa Timur. Yang saya ketahui,tidak banyak orang yang mengenal daerah ini kecuali mereka yang tinggal tidak jauh dari daerah ini.

Kerjaan Majapahit adalah Kerajaan di Kabupaten Mojokerto


Daerah ini adalah salah satu penghasil kerajaan besar yaitu majapahit. Jadi tidak heran banyak peninggalan kerajaan-kerajaan pada masa lalu diantaranya arca, candi, makam raja serta pendopo agumg yang diperkirakan tepat berada di pusat istana Majapahit.
 

Wilayah Kabupaten Mojokerto


Daerah Kabupaten Mojokerto ini mempunyai luas 969,36 KM² dan secara geografis berada  pada perbatasan dengan Surabaya. Letaknya yang berada di dataran rendah membuat daerah ini memiliki suhu rata-rata 36-37°C. Banyak wisatawan domestik bahkan mancanegara berkunjung ke daerah ini untuk mengetahui lebih dalam tentang kerajaan pada masa lalu.
 

Tari Mayang Rontek di Kabupaten Mojokerto


Selain tentang kerajaan, daerah ini dikenal juga dengan tari mayang rontek nya. Tarian ini merupakan tari pelengkap yang dijadikan sebagai tari pembuka dalam sebuah prosesi pengantin Mojoputri. Busana pokok dari tarian ini cukuplah unik yaitu dengan kebaya dan kain panjang. Sedangkan busana pelengkapnya terdiri dari dari kerudung, rapek, kain wolo, dan ilat-ilatan. Aksesoris busana tari rontek sendiri terdiri dari sanggul, jamang, rontek, giwang, kalung susun, dan sabuk pendhing.
 

Potensi Industri di Kabupaten Mojokerto


Bukan hanya sejarahnya yang mendunia, Kabupaten Mojokerto juga memiliki potensi industri kecil dan menengah. Secara umum potensi IKM tersebar di berbagai desa (sentra) di setiap kecamatan. IKM yang paling mennonjol adalah IKM sepatu dengan adanya Pusat Perkulakan Sepatu Trowulan(PPST) yang merupakan pasar sepatu pertama terbesar di Indonesia. Selain PPST, adapun potensi IKM lain yaitu perhiasaan perak dengan jumlah pengrajin terbanyak yang berada di desa Batankrajan kecamatan Gedeg. Adapun potensi IKM di bidang seni yaitu pengrajin patung dengan khas Majapahit dan kerajinan cor kuningan yang berada di daerah Trowulan. Selain yang telah disebutkan,mojokerto juga mempunyai IKM di bidang teksti yang telah di pasarkan ke Sidoarjo dan Surabaya.
 

Wisata di Kabupaten Mojokerto


Tidak kalah dengan daerah lain, tempat wisata di Mojokerto juga indah-indah. Di Trowulan yang merupakan pernah menjadi pusat kerajaan Majapahit,terdapat banyaknya sisa peninggalan disana. Kawasan pegunungan di kecamatan Pacet dan Trawas juga merupakan wisata andalan di Mojokerto.
Karena pemandangan yang sangat indah dan suasana yang sejuk dan nyaman. Diantara banyak tempat wisata  pemandian air panas dan banyak terdapat air terjun diantaranya air terjun coban canggu,air terjun watu ulo adalah favorit wisatawan domestik berkunjung ke daerah pegunungan ini.
 

Makanan Khas di Kabupaten Mojokerto


Untuk masalah “buah tangan” banyak yang makanan unik dari daerah ini,diantaranya onde-onde yang dibuat dari tepung ketan yang diisi dengan kacang hijau. Selain itu ada kerupuk rambak yang bahan dasar nya adalah dari kulit sapi.
 
Meskipun Mojokerto tidak sebesar kota wisata yang lain, mulai sekarang Mojokerto bisa dimasukkan kedalam rencana liburan jika liburan telah tiba. Karena liburan yang berkualitas tidaklah harus pergi ke luar negeri dan menghabiskan banyak biaya.
 
Demikinalah tulisan mengenai Kabupaten Mojokerto [Jawa Timur] dan Fakta yang Harus Kamu Baca!. Adapun judul asli dalam tulisan ini ialah “Si Kecil Yang Menakjubkan” yang ditulis oleh Gigih Caesar Pamungkas. Semoga dapat bermanfaat, jangan lupa baca juga tulisan lainnya; 
  1. Tempat-Tempat Wisata di Lumajang [Terlengkap]
  2. Desa Saradan Kecamatan Pemalang dan Penjelasan yang Harus Kamu Pahami! 
  3. [Keren!] Pulau Tikus Bengkulu dan Kekayaan Lautnya, Wajib Kamu Kunjungi
  4. Inilah Desa Jeruk [Desa Kaliploso] Kabupaten Banyuwangi, yang Harus Kamu Ketahui! 
  5. Kabupaten Kediri [Jawa Timur], dan 6 Fakta yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kabupaten Mojokerto [Jawa Timur] dan Fakta yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar