4+ Batas Wilayah Benua Eropa

Batas Wilayah Eropa

Eropa adalah nama salah satu benua yang ada di dunia dan mamiliki ukuran terkecil kedua, setelah Benua Australia.  Di benua ini banyak sekali negara yang memiliki kemajuan pesat, baik ekonomi, pendidikan, fasilitas umum, sumber daya manusia, dan sebagainya.

Selain itu, Benua Eropa juga menjadi salah satu destinasi favorit saat liburan karena memiliki banyak sekali negara yang menarik untuk dikunjungi. Dengan banyak negara dan pulau, lantas apa saja batas wilayah Benua Eropa? Berikut informasi selengkapnya tentang batas wilayah di benua ini.

Benua Eropa


Benua Eropa memiliki kenampakan alam berupa pegunungan, dataran rendah, dataran tinggi, dan semenanjung-semenanjung.Terdapat Pegunungan Alpen di Benua Eropa yang terbentang dari Austria dan Slovenia hingga ke Prancis. Pegunungan Alpen terdiri dari beberapa gunung, dan yang tertinggi di Pegunungan Alpen adalah puncak Gunung Mont Blanc dengan ketinggian 4.808 m.

Untuk dataran rendah yang luas di Benua Eropa sebagian besar berada di Rusia dan Eropa Utara. Sedangkan ukuran semenanjung di benua ini cukup luas, yaitu Semenanjung Skandinavia di bagian utara Eropa, Iberia di Spanyol, Apenina di Italia, dan Semenanjung Balkan di Yunani.

Batas Wilayah Benua Eropa


Berikut ini daftar batas wilayah Benua Eropa, antara lain:

Utara
Berbatasan langsung dengan Samudra Arktik.
Selatan
Berbatasan langsung dengan Laut Hitam, Laut Tengah/ Laut Mediterania, dan Benua Afrika.
Timur
Berbatasan langsung dengan Pegunungan Ural, Benua Asia, Laut Hitam, Laut Kaspia, dan Selat Bosporus.
Barat
Eropa bagian barat berbatasan langsung dengan Samudra Atlantik.

Wilayah Benua Eropa

Letak Benua Eropa berada di bagian bumi sebelah utara atau di sebelah utara garis khatulistiwa. Wilayah di Benua Eropa terdiri dari 6 bagian, meliputi Eropa Barat, Eropa Timur, Eropa Utara, Eropa Selatan, Eropa Tengah, dan Eropa Tenggara. 

Eropa Barat, terdiri dari beberapa negara seperti Austria, Jerman,  Prancis, Belgia, Liechtenstein, Swiss, Luksemburg, Belanda, Monako, dan Inggris. Sedangkan negara di Eropa Timur merupakan bekas dari pecahan Uni Soviet, seperti Moldova, Latvia, Belarus, Estonia, Ukraina, dan Lithuania.

Menurut PBB, negara-negara di Eropa Utara diantaranya adalah Finlandia, Britania Raya, Denmark, Islandia, Swedia, Norwegia, dan lainnya. Wilayah teritori di Eropa Selatan tidak ada arti yang tetap, namun yang sering dianggap masuk wilayah ini adalah sejumlah negara di Semenanjung Iberia, Semenanjung Italia, Semenanjung Balkan, dan Negara Mediterania.

Demikian informasi mengenai apa saja batas wilayah Benua Eropa dari timur hingga barat. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Benua Eropa"

Posting Komentar