4+ Batas Wilayah Provinsi Jambi

Batas Wilayah Jambi

Jambi merupakan salah satu provinsi yang terletak di pesisir timur Pulau Sumatera. Beribukota di Kota Jambi, provinsi ini lebih dikenal sebagai gerbang masuk budaya melayu di Indonesia. Nah, bagi yang ingin mengetahui kondisi geografisnya, berikut wilayah dan batas wilayah Provinsi Jambi.

Provinsi Jambi


Jika dilihat dari segi geografisnya, Provinsi Jambi merupakan wilayah yang strategis dan memiliki sumber daya alam yang melimpah. Selain itu, kondisi tanah di wilayah ini juga cukup subur, sehingga masyarakatnya banyak yang memanfaatkannya di bidang pertanian.

Sebagian besar penduduk Provinsi Jambi merupakan suku Jambi asli yang merupakan rumpun dari suku Minang. Selain itu, di wilayah Provinsi Jambi juga masih ada suku asli pedalaman, seperti suku Anak Dalam dan suku Kubu.

Dahulunya wilayah Provinsi Jambi merupakan Kerajaan Melayu. Kerajaan ini merupakan bagian dari Kerajaan Sriwijaya yang kekuasaannya hingga ke mancanegara. Inilah yang membuat di wilayah Provinsi Jambi banyak terdapat peninggalan sejarah dari zaman kuno, seperti Candi Muaro Jambi yang merupakan kompleks candi Hindu-Budha.

Selain kaya akan peninggalan budaya, di Provinsi Jambi juga banyak obyek wisata populer yang dikunjungi. Diantaranya adalah Air Terjun Tegan Kiri, Danau Gunung Tujuh, dan Danau Kaco. Jika Anda menyukai wisata petualangan, Anda bisa mengunjungi Geopark Merangin yang menawarkan wisata arung jeram dan panorama fosil flora yang sudah berusia jutaan tahun.

Batas Wilayah Jambi


Untuk menambah informasi mengenai Provinsi Jambi, berikut batas wilayah Provinsi Jambi.

Barat
Berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat dan Bengkulu
Timur
Berbatasan dengan Provinsi Selat Berhala
Utara
Berbatasan dengan Provinsi Riau
Selatan
Berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan

Wilayah Jambi

Jambi merupakan provinsi dengan wilayah seluas 50.160,05 km2. Secara administratif, wilayah Provinsi Jambi terdiri dari 9 kabupaten dan 2 kota. Kabupaten di Provinsi Jambi meliputi Kabupaten Batanghari Bungo, Kerinci, Merangin, Muaro Jambi, Sarolangun, Tebo, Tanjung Jabung Barat, dan Tanjung Jabung Timur. Sedangkan untuk kota di Provinsi Jambi adalah kota Jambi dan Sungai Penuh.

Itulah gambaran wilayah dan batas wilayah Provinsi Jambi yang dapat menjadi tambahan wawasan mengenai wilayah ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Provinsi Jambi"

Posting Komentar