4+ Batas Wilayah Afrika Selatan

Batas Wilayah Afrika Selatan

Wilayah Afrika Selatan merupakan kawasan Benua Afrika sebelah selatan dan perlu dibedakan dengan Negara Afrika Selatan. Untuk mempermudah membedakan letak keduanya, batas wilayah Afrika Selatan berikut bisa menambah informasi.

Afrika Selatan


Wilayah Afrika Selatan merupakan bagian selatan dari Benua Afrika. Wilayah ini sangat jauh dari garis katulistiwa, sehingga seluruh kawasan Afrika Selatan beriklim subtropis. Meski beriklim subtropis, adanya angin gurun menyebabkan kawasan ini cukup kering. Untuk memenuhi sehari-hari, penduduk memanfaatkan sungai sebagai sumber air.

Keadaan topografi Afrika bagian selatan memiliki karakteristik yang sama dengan Afrika Selatan. Sebagian besar wilayahnya berupa gurun. Gurun di Afrika bagian selatan adalah Gurun Namibia dan Gurun Kalahari.

Meski sebagian besar wilayahnya berupa gurun, Afrika bagian selatan juga memiliki panorama alam yang indah. Di wilayah ini juga terdapat banyak plato dan pegunungan. Pemandangan yang hijau inilah yang membuat Afrika bagian selatan banyak dikunjungi turis mancanegara sebagai tempat liburan populer Afrika.

Beberapa tempat wisata di Afrika Selatan banyak dikunjungi wisatawan. Sebagian besar wisata ini berupa wisata alam, seperti Taman Nasional Kruger, Pantai Durban, Cagar Alam Hluhluwe Imfolozi, Knysna, dan Gunung Table.

Selain wisata alamnya yang populer, keanekaragaman fauna di kawasan Afrika Selatan juga menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan. Umumnya, fauna Afrika tidak beda jauh dengan fauna Asia. Yang menjadi pembedanya hanyalah ukuran fauna Afrika yang jauh lebih besar dibandingkan fauna Asia. Fauna khas Afrika Selatan diantaranya antelop, gajah, badak, zebra, jerapah, dan kuda nil.

Penduduk di Afrika Selatan sebagian besar merupakan suku asli Afrika. Beberapa diantaranya adalah suku Hatentot di Kalahari. Selain itu, bahasa yang digunakan juga beragam, seperti bahasa Swahili dan Hausa.

Batas Wilayah Afrika Selatan


Sebagai pembeda dengan negara Afrika Selatan, berikut ini adalah batas wilayah Afrika Selatan;

Barat
Berbatasan dengan Samudera Atlantik
Timur
Berbatasan dengan Samudera Hindia
Utara
Berbatasan dengan Negara Angola, Republik Kongo, dan Tanzania
Selatan
Berbatasan dengan Samudera  Hindia dan Samudera Atlantik

Wilayah Afrika Selatan

Wilayah Afrika Selatan secara geografis terdiri dari 7 negara. Negara yang ada di Afrika Selatan adalah Afrika Selatan, Botswana, Lesotho, Namibia, Zambia, Zimbabwe, dan Swaziland.
Itulah wilayah dan batas wilayah Afrika Selatan.

Semoga tulisan yang telah kami sajikan terkait dengan batas wilayah Afrika Selatan ini bisa menambah khazanah ilmu pengetahuan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Afrika Selatan"

Posting Komentar