4+ Batas Wilayah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar)

Batas Sumatera Barat
Sumatera Barat merupakan provinsi di Pulau Sumatera yang terkenal dengan Suku Minangkabau. Beribukota di Kota Padang, Sumatera Barat memiliki budaya dan keindahan alam yang menakjubkan.

Bagi yang ingin mengetahui wilayah Sumatera Barat dan batas wilayah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), berikut ulasan lengkapnya.

Sumatera Barat


Sumatera Barat pada faktanya adalah provinsi yang terkenal dengan kelezatan kulinernya. Inilah yang membuat masyarakatnya banyak yang bermigrasi ke seluruh wilayah Indonesia untuk mendirikan restoran masakan Padang. Bahkan, rendang sebagai ikon masakan Padang menjadi masakan terenak di dunia.

Selain kuliner, Sumatera Barat juga terkenal dengan alamnya yang indah. Meskipun banyak gunung berapi di wilayah ini, Sumatera Barat tak pernah absen untuk menyelenggarakan even olahraga tingkat internasional, yaitu Tour de Singkarak. Perhelatan internasional ini melibatkan beberapa kawasan wisata sebagai jalur lintasannya.

Sedangkan untuk wilayah geografisnya, Sumatera Barat memiliki wilayah daratan yang sebagian wilayahnya berupa hutan lindung. Selain itu, terdapat Kepulauan Mentawai yang berada di sebelah barat.

Provinsi Sumatera Barat merupakan wilayah Indonesia yang dilalui oleh garis katulistiwa. Inilah yang membuat kawasan Sumatera Barat memiliki suhu yang lebih tinggi dibandingkan provinsi lain di Pulau Sumatera.

Menariknya, di wilayah ini memiliki keanekaragaman hayati dengan dua Taman Nasional, yaitu Taman Nasional Siberut dan Taman Nasional Kerinci Seblat. Di taman nasional inilah terdapat banyak fauna dan flora khas Indonesia, termasuk salah satunya adalah bunga Rafflesia arnoldii sebagai bunga terbesar di dunia.

Batas Wilayah Sumatera Barat


Berikut adalah batas wilayah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang bisa menjadi informasi mengenai wilayah Indonesia.

BaratBerbatasan dengan Samudera Indonesia
Timur Berbatasan dengan Provinsi Riau
Utara Berbatasan dengan Provinsi Sumatera Utara
Selatan Berbatasan dengan Provinsi Jambi

Wilayah Sumatera Barat

Sumatera Barat merupakan provinsi di Pulau Sumatera yang terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota administrasi. Untuk kabupaten yang ada di Sumatera Barat yaitu Kabupaten Agam, Pasaman, Pasaman Barat, Sawahlunto, Sijunjung, Dharmasraya, Tanah Datar, Solok Selatan, Solok, Pesisir Selatan, Lima Puluh Kota, dan Kepulauan Mentawai. Sedangkan untuk kota administrasinya terdiri dari Kota Padang, Pariaman, Bukittinggi, Padang Panjang, Payahkumbuh, Sawahlunto, dan Solok.

Itulah batas wilayah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), semoga dapat menjadi tambahan wawasan Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar)"

Posting Komentar