4+ Batas Wilayah Provinsi Sumatera Utara

Wilayah Sumatera Utara

Salah satu provinsi di Pulau Sumatera yang terkenal dengan ragam budaya dan destinasi wisata adalah Sumatera Utara. Beribukota di Medan, Provinsi Sumatera Utara merupakan provinsi dengan jumlah penduduk paling banyak di Pulau Sumatera. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai provinsi ini, berikut batas wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Sumatera Utara


Pada faktanya Sumatera Utara merupakan provinsi yang sebagian besar wilayahnya merupakan dataran rendah. Berdasarkan kondisi geografisnya, Sumatera Utara terdiri dari 4 wilayah, yaitu pesisir timur, Pegunungan Bukit Barisan, pesisir barat, dan Kepulauan Nias.

Selain berbeda dalam sisi geografisnya, ternyata 4 wilayah tersebut juga memiliki budaya dan kondisi masyarakat yang berbeda.

Di pesisir timur merupakan daerah Sumatera Utara yang lebih maju dibandingkan dengan wilayah lainnya. Hal ini dikarenakan perkembangan infrastruktur yang sangat pesar, termasuk juga karena letak ibukota Sumatera Utara ini berada.

Di wilayah Pegunungan Bukit Barisan lebih terkenal dengan pariwisatanya. Di wilayah ini ada Danau Toba yang menjadi daya tarik pariwisata Provinsi Sumatera Utara. Selain terdapat destinasi wisata terkenal, ternyata di sekitar daerah Danau Toba merupakan daerah yang paling padat penduduknya di bagian tengah wilayah Sumatera Utara.

Untuk wilayah pesisir barat merupakan campuran masyarakat Aceh, Batak, dan Minangkabau dengan wilayah yang lebih sempit. Sedangkan untuk Kepulauan Nias dihuni oleh suku Nias dengan ragam budaya yang masih dijaga, termasuk budaya megalitik yang masih terjaga di Kepulauan Nias.

Batas Wilayah Sumatera Utara


Untuk mempermudah mengenal wilayah Sumatera Utara, batas wilayah Provinsi Sumatera Utara berikut dapat membantu Anda.

Barat  Berbatasan dengan Provinsi Aceh dan Samudera Indonesia 
Timur Berbatasan dengan Selat Malaka
UtaraBerbatasan dengan Provinsi Aceh dan Selat Malaka
Selatan Berbatasan dengan Provinsi Riau, Provinsi Sumatera Barat, dan Samudera Indonesia

Wilayah Sumatera Utara


Provinsi Sumatera Utara terdiri dari 25 kabupaten dan 8 kota administrasi. Kabupaten di Sumatera Utara meliputi Kabupaten Asahan, Batu Bara, Dairi, Deli Serdang, Humbang Hasundutan, Karo, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Langkat, Mandailing Natal, Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Pakpak Bharat, Samosi, Serdang Bedagai, Simalungun, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, dan Toba Samosir. Sedangkan untuk kotanya meliputi Kota Binjai, Gunungsitoli, Medan, Padangsidempuan, 
Pematangsiantar, Sibolga, Tanjungbalai, dan Tebingtinggi.

Nah, itulah batas wilayah Provinsi Sumatera Utara. Semoga bisa membantu mengenal wilayah Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Provinsi Sumatera Utara"

Posting Komentar