4+ Batas Wilayah Provinsi Lampung

Batas Wilayah Lampung

Terletak di ujung selatan Pulau Sumatera, Provinsi Lampung merupakan gerbang menuju Pulau Jawa melalui Selat Sunda. Di sinilah terdapat Gunung Krakatau yang letusan besarnya pada tahun 1883 memberi efek yang cukup parah untuk bumi.

Kali ini, ulasan ini akan membahas mengenai sekilas tentang Provinsi Lampung, termasuk batas wilayah Provinsi Lampung.

Lampung


Ketika Anda ke Pulau Jawa melalui jalur darat, Anda pasti akan melewati Lampung melalui Pelabuhan Bakauheni untuk menyeberangi Selat Sunda. Selain Selat Sunda, pelabuhan utama di provinsi ini adalah Pelabuhan Panjang.

Bandar udara utamanya adalah Bandar Udara Radin Inten II yang berlokasi di Lampung Selatan. Sedangkan stasiun utama yang ada di provinsi ini adalah Stasiun Tanjung Karang.

Memiliki luas wilayah total sebesr 35.376,50 km2, wilayah Lampung terdiri dari dataran tinggi, dataran rendah, dan juga perairan. Dataran tinggi berada di barat dan selatan yang merupakan rangkaian dari jalur Bukit Barisan. Bagian tengah provinsi ini merupakan dataran rendah. Sedangkan wilayah perairan berada di dekat pantai sebelah timur Lampung.

Provinsi Lampung memiliki pulau-pulau kecil di Teluk Lampung, antara lain Pulau Tegal, Sebuku, Krakatau, Pahawang, Sebesi, Kelagian, dan Tabuan. Beberapa di antara pulau tersebut, seperti Pulau Pahawang dan Kelagian, dijadikan sebagai objek wisata di sini.

Provinsi ini juga memiliki beberapa gunung, seperti Gunung Pesagi, Krakatau, Tanggamus, Sekincau, Seminung, dan Rajabasa. Puncak tertinggi di Lampung berada di Gunung Pesagi dengan ketinggian mencapai 2262 mdpl.

Batas Wilayah Provinsi Lampung


Lampung berbatasan dengan wilayah lainnya, salah satunya Provinsi Sumatera Selatan. Berikut tabel yang menunjukkan batas wilayah Lampung.

Barat
Samudera Hindia
Timur
Laut Jawa
Utara
Sumatera Selatan
Selatan
Selat Sunda

Wilayah Lampung

Memiliki pusat pemerintahan di Kota Bandar Lampung, provinsi Lampung terbagi ke dalam 15
kabupaten/kota. Selain Kota Bandar Lampung, ada kota lain, yakni Kota Metro. Sedangkan kabupaten yang berada di Lampung, antara lain, Lampung Selatan, Lampung Utara, Lampung Barat, Lampung Timur, dan Lampung Tengah. Masih ada Kabupaten Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Mesuji, Pesawaran, Tanggamus, Pringsewu, Pesisir Barat, dan Way Kanan.

Itulah sekilas profil dari Provinsi Lampung, termasuk batas wilayah Provinsi Lampung. Kalau berkunjung ke Lampung, jangan lupa mencicipi keripik pisang khas provinsi ini ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Provinsi Lampung"

Posting Komentar