Kabupaten Temanggung [Jawa Tengah] dan 4 Fakta Yang Harus Kamu Baca!

Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia

FaktaDaerah.Com- “Merokok dapat membunuhmu.” Kita tentu sering mendengar bahkan melihat slogan-slogan tersebut. Banyak media informasi yang telah memperingatkan kepada masyarakat agar tidak terjerumus kepada sebatang rokok. Namun apakah peringatan-peringatan tersebut didengarkan? Jawabannya tidak karena rokok sudah menjadi kebutuhan bagi penggunanya bahkan rokok sudah menjadi mata pencaharian utama warga masyarakat.

Di sisi lain perusahaan rokok merupakan penyumbang beasiswa terbanyak di Indonesia. Lebih dari 1000 siswa menerima Beasiswa Djarum untuk memabantu mereka dalam menuntut ilmu. Tak hanya itu perusahaan rokok juga memberikan beasiswa di perguruan tinggi seluruh Indonesia agar meringankan beban ekonomi mahasiswa.
 

Kabupaten Temanggung Penghasil Tembakau


Salah satu daerah penghasil tembakau di Indonesia adalah Temanggung. Daerah tesebut menjadi salah satu pengekspor tembakau terbesar setiap tahunnya. Kondisi geografis yang memang cocok untuk menanam tembakau sendiri manjadi salah satu mata pencaharian pokok para warga sebagai petani tembakau. Para warga lebih menyukai menanam tembakau karena omset nya pun cukup menggiurkan bayangkan saja setiap sekali panen dan tembakau nya pun memiliki kualitas yang baik keuntungannya bisa mencapai puluhan juta. Alasan ini yang mendajikan warga lebih memilih menjadi petani tembakau.
 
Apabila musim tembakau sudah berakhir warga biasa nya menanam tanaman lain seperti kopi, singkong, talas, dan masih banyak lagi. Kopi khas Temanggung juga menjadi salah satu produk unggul khas Kabupaten bersenyum ini. Aroma kopi yang begitu lembut menjadi daya tarik konsumen itu sendiri. Tak hanya itu, keripik talas dan singkong juga menjadi produk-produk khas Temanggung yang bisa dijadikan oleh-oleh keluarga. Harga keripik talas dan singkong pun terjangkau tanpa ada bahan pengawet di dalam nya.
 

Iklim dan Suhu di Temanggung, Provinsi Jawa Tengah


Daerah Temanggung sendiri memiliki iklim tropis, suhu yang dingin sudah menjadi ciri khas Kabupaten tersebut. Tempat- tempat wisata nya pun tidak kalah dengan Kabupaten- Kabupaten lain. Banyak sekali tempat wisata temanggung bisa dikunjungi seperti sendang sengon, sebuah kolam alami yang terletak di Desa Banjarsari, kecamatan Ngadirjo Temanggung. Kolam alami ini dibuka sejak tahun 1998. Fungsi utama dari kolam ini ialah sebagai sumber air bersih untuk warga masyarakat seperti kebutuhan air minum, mandi, dan mengairi sawah. Pemandangan di sendang sengon ini sangat menakjubkan, udara yang sejuk akan menambah suasana di tempat tersebut.
 

Temanggung Memiliki Banyak Tempat Wisata


Wisata alam lain temanggung yakni hutan Rasamala Walitis, yang dikenal dengan pohon raksasanya. Hutan Rasamala ini terletak di Desa Jetis,Kecamatan Selopampang, kabupaten Temanggung. Untuk menuju tempat ini dari Kabupaten Temanggung, bisa menuju ke barat daya dan melalui Kecamatan Tembarak. Hutan tersebut terdapat pohon raksasa di lereng Gunung sumbing yaitu pohon walitis. Pohon ini mencapai 30 meter dengan diameter batang 7,5 meter. Konon pohon ini tumbuh dari tongkat seorang pengikut wali, Ki Ageng Makukuhan. Selain pohon walitis, yang unik dari hutan ini adalah tumbuhnya pohon rasamala yang kebal terhadap api. Pohon rasamala ini sangat bermanfaat karena dapat menahan lajur api pada saat kebakaran hutan di lereng Gunung Sumbing. Selain melihat pemandangan kesua pohon tersebut, Anda juga bisa mendaki Gunung Sumbing karean suasana di puncaknya sendiri tidak dapat tergantikan.
 

Situs Sejarah di Temanggung


Temanggung juga memiliki situs sejarah yang telah ditemukan beberapa tahun yang lalu yakni situs liyangan. Area situs liyangan temanggung, merupakan wilayah pemukiman pada zaman Mataram Kuno sekitar abad ke-9. Konon area pemukiman dan Candi Liyangan ini lebih besar dari area Candi Borobudur.
 
Kabupaten bersenyum ini memiliki sejuta potensi tak hanya dikenal sebagai Kabupaten tembakau saja, tetapi Temanggung juga memiliki potensi lain baik dari sektor pertanian, tempat wisata, bahkan situs sejarah. Agar potensi-potensi tersebut terus berkembang perlu adanya publikasi untuk mengenalkan kepada wisatawan atau masyarakat luar Temanggung bahkan mancanegara supaya potensi-potensi Kabupaten bersenyum ini makin menonjol dan berkembang.

Demikinlaha tulisan mengenai Kabupaten Temanggung [Jawa Tengah] dan 4 Fakta Yang Harus Kamu Baca!, Penulis dalam artikel ini adalah Miftakhul Indra Rukmanasari (Mahasiswa UNNES Jurusan Teknik Kimia 2017) dengan judul asli dalam tulisannnya “Menggali Potensi Kabupaten Tembakau”. Trimakasih semoga dapat memberikan informasi menarik mengenai “Kabupaten Temanggung”. Baca juga tulisan lainnya;
  1. Kabupaten Brebes [Jawa Tengah] dan 9 Fakta Yang Harus Kamu Baca!
  2. Dataran Tinggi Dieng [Jawa Tengah] dan 7 Fakta yang Harus Kamu Baca!
  3. Ambarawa [Semarang-Jawa Tengah] dan 5 Fakta Wisata yang Harus Kamu Coba!
  4. Kabupaten Tegal [Jawa Tengah] dan Fakta Potensi yang Nggak Nyesel Untuk di Cermati!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kabupaten Temanggung [Jawa Tengah] dan 4 Fakta Yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar