Danau Tarusan Kamang [Agam-Sumatra Barat] dan Fakta Menajubkan yang Harus Dibaca!

Danau Tarusan Kamang, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat


FaktaDaerah.Com- Tarusan Kamang adalah sebuah danau atau masyarakat adapula yang menyebutnya sebagai telaga. Yang ketaknya berada di antara Jorong Halalang dan Jorong Babukik, tempat di Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Tarusan Kamang iin sangat indah akan tetapi untuk sampai di wisata danau ini pengunjunjung harus melakukan perjalanan yang kurang lebihnya adalah 30 menit jika bertolak dari pusat Kota Bukittinggi. Panorama alam indah dan asri tersaji di Tarusan Kamang seakan membius pengunjung.Seperti cerita-cerita fiksi, keindahan alam Tarusan Kamang dilengkapi fenomena ajaib menakjubkan yang masih menyisakan misteri.
Baca Juga: 22+ [Fakta] Makanan Rendang dari Daerah Sumatera Barat, No 4 Bikin Bangga!

Danau Tarusan Kamang


Air danau Tarusan Kamang ini tidak berasal dari aliran sungai. Awalnya, danau ini adalah sawah, kolam, dan lapangan rumput hijau yang luas yang biasa digunakan oleh masyarakat setempat untuk menggembalakan ternak.

Terkadang saat musim panas, air Tarusan masih genang, sehingga terkadang dijadikan sumber air bagi masyarakat. Masa tertentu air Tarusan bias surut dan akhirnya habis. Air tersebut masuk kedalam lobang batu yang dinamakan Batu Menggigil. Saat di penghujung air habis terdengar bunyi jatuhan air kedalam lubang tersebut. Detik-detik beberapa hari sebelum air Tarusan benar-benar habis, masyarakat setempat memanfaatkan kesempatan ini untuk mencari ikan. Pada masa inilah ikan sangat mudah untuk dicari.
 

Danau Tarusan Kamang Memiliki Pulau Padang Doto


Tarusan memiki sebuah pulau di tengahnya yang diberi nama oleh masyakat setempat sebagai Padang Doto. Di Padang Doto tumbuh kokoh pohon beringin. Beberapa dekade silam, pohon beringin besar tumbuh ditengah Padang Doto, namun ditebang oleh salah seorang warga Jorong Babukik. Tidak lama setelah menebang pohon tersebut, penebang pohon beringin jatuh sakit dan tidak diketahui apa penyakitnya.

Masyarakat sekitar menghubungkan sakit yang dideritanya sebagai akibat penebangan pohon beringin yang dilakukannya. Kemudian ditanamlahpohon beringin baru seperti yang dapat dilihat sekarang ini. Untuk dapat mencapai pulau, pengunjung dapat menaiki rakit yang terbuat dari bambu milik masyarakat setempat.
 

Cerita Misteri Danau Tarusan Kamang


Tarusan Kamang memiliki banyak cerita misteri yang beredar di masyarakat. Di mulai dari adanya genangan air hingga membentuk tarusan. Tarusan juga pernah memakan korban jiwa. Warga setempat dan pengunjung pernah ada yang meninggal di Tarusan ketika mandi atau bermain air di Tarusan.
 
Masyarakat mengubung-hubungkan cerita kecelakaan yang membawa kematian ini sebagai kejadian-kejadian misteri Tarusan. Masyarakat setempat pernah juga mendengar suara aneh yang memanggil pada malam hari. Salah seorang warga juga pernah melihat ikan yang sangat besar dan diikuti banyak ikan-ikan kecil pada malam hari di Tarusan. Hal ini mungkin misteri tersebut sulit dipercayai oleh pembaca, namun sebagai penulis yang merupakan penduduk asli Tarusan dan menurut masyarakat setempat, misteri tersebut adalah faktanya. Misteri-misteri menakutkan yang beredar di masyarakat sudah jarang terjadi sekarang ini.
 

Indahnya Danau Tarusan Kamang


Di balik misteri Tarusan, tarusan memiliki pemandangan alam nan indah. Air danau yang terhampar luas dikelilingi oleh sawah-sawah masyarakat setempat dan lapangan rumput. Di ujung Tarusan ada tempat yang bernama Pupuak-an. Pupuak-an merupakan hamparan luas padang rumput di tepi Tarusan dan di tepi Bukit Barisan.
 
Di lapangan padang rumput pengunjung dapat menikmati keindahan alam danau, sawah, dan perbukitan yang indah. Kerbau juga menambah daya tarik pengunjung Tarusan. Pengunjung dapat menjumpai kerbau yang jinak yang sedang makan di lapangan rumput atau mandi dan berenang di Tarusan.
 

Profesi Masyarakat di Lingkungan Danau Tarusan Kamang


Kehidupan masyarakat setempat yang masih alami juga terlihat di Tarusan. Sebagian besar masyarakat adalah seorang petani. Saat-saat tertentu sawah-sawah petani menjadi hamparan hijau dan hamparan kuning yang indah dan membuat pemandangan Danau Tarusan Kamang semakin menjadi rekomendasi untuk dikunjungi. Saat air danau tinggi, pemuda setempat tidak jarang melakukan pacu rakit  sehingga menambah daya tarik pengunjung.
 

Danau Tarusan Kamang Wisata Unggulan


Danau Tarusan Kamang tidak dikelola secara resmi sebagai objek wisata oleh Pemda. Pemuda setempat memanfaatkan peluang tersebut, dengan memberikan tarif secara sukarela kepada pengunjung yang mengunjungi Tarusan. Dengan bertambah banyaknya pengunjung  Tarusan maka ini menjadi peluang emas bagi masyarakat setempat untuk berusaha seperti berdagang dan menawarkan jasa angkut rakit. Pengunjung akan banyak menjumpai pedagang kuliner tradisional, seperti pensi dan langkitang, karupuak mi, miso, dan lain-lain.
 
Yang menjadi permasalahan akses jalan menuju Tarusan yang masih buruk  membuat keindahan Danau Tarusan Kamang sedikit terganggu, ditambah lagi dengan masalah sampah pedagang dan konflik kepemilikan tanah di Tarusan.
 
Demikinalah tulisan mengenai Tarusan Kamang [Agam-Sumatra Barat] dan Fakta Menajubkan yang Harus Dibaca!. Adapun artikel ini memiliki judul asli “Tarusan Kamang Nan Ajaib” yang ditulis oleh Sadrina Qastari. Semoga bermanfaat, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Air Terjun Sampuran Betung Tempat Wisata di Barat yang Belum Banyak Diketahui!
  2. Kota Pariaman [Sumatera Barat] dan [7] Fakta Festival Pesta Budaya Tabuik yang Harus Kamu Baca!
  3. Wisata dan Kesenian [Sumatera Barat] yang Harus Kamu Ketahui!
  4. Wisata Tebing Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota [Sumatera Barat] yang Harus Kamu Kunjungi!

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Danau Tarusan Kamang [Agam-Sumatra Barat] dan Fakta Menajubkan yang Harus Dibaca!"

  1. Tarusan kamang memang mantap! Sumangekkk minang punyo tu ! 😂

    BalasHapus
  2. Tarusan kamang memang mantap! Sumangekkk minang punyo tu ! 😂

    BalasHapus