[3+ TEMPAT] Wisata Jombang [Jawa Timur] yang Harus Kamu Kunjungi!

Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia


FaktaDaerah.com- Bingung memilih kota tujuan untuk menghabiskan waktu liburan? Ada satu daerah bukan kota, tapi kalian bisa mendapatkan tiga jenis tempat wisata sekaligus. Kabupaten Jombang adalah nama dari daerah yang memiliki tiga jenis wisata tersebut. Wisata religi yaitu Wisata Religi Gus Dur, wisata edukasi yaitu Taman ASEAN, dan wisata alam yaitu Kedung Cinet. Karena Jombang adalah kabupaten maka pengunjung bisa dengan singkat mencapai tempat-tempat tujuan tersebut. Yuk, kita cek satu persatu.

Tempat Wisata di Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur

Kedung Cinet adalah Tempat Wisata Jombang


Dimulai dengan wisata alamnya yaitu Kedung Cinet. Kedung Cinet adalah suatu sungai yang sisinya adalah batuan kapur. Keindahannya menyamai grand canyon, karena itulah tempat ini dijuluki Grand Canyonnya Jombang. Tempat ini dikelilingi oleh hutan yang berarti memiliki hawa yang sejuk. Kita bisa langsung merasakan segarnya air melewati kaki kalian. Tapi tetap hati-hati karena ada bagian tepi sungai yang licin.


Lokasinya jauh darih pusat pemerintahan Jombang. Untuk mencapai daerah ini, Kalian harus menempuh perjalanan menggunakan motor untuk masuk ke dalam hutan. Karena jalan yang dilewati adalah jalanan sawah yang sempit. Tapi setelah kalian sampai, letih kalian akan terbayarkan dengan pemandangan yang begitu menakjubkan. Trust me.
 

Taman ASEAN di Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur


Tempat wisata yang kedua, yaitu Taman ASEAN. Taman ini dibangun atas prestasi yang dibuat oleh Kabupaten Jombang, yaitu tingkat toleransinya yang termasuk tinggi di ASEAN atau bisa disebut The Most Harmonious City in ASEAN. Ditengah tengah taman terdapat air mancur dengan monumen yang bertuliskan “TAMAN ASEAN” dan logonya. Taman ini terletak di tengah kota, jadi mudah untuk dijangkau. Dari tempat ini kalian bisa melihat aktivitas kota Jombang.

Dari Taman ASEAN kalian bisa dengan mudah mengunjungi taman-taman lain yang tersebar di pusat kota. Seperti Taman Ratu yang terletak di dekat Terminal Jombang. Masyarakat biasanya ke taman ini untuk refreshing di pagi hari atau sore hari. Dan Kebon Rojo (Taman Raja) yang terletak di dekat Alun-alun Jombang. Terdapat berbagai macam kuliner.
 

Wisata Realigi [Makam Gus Dur] di Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur


Dan yang terakhir adalah wisata Religi yaitu Wisata Realigi Gus Dur. Terletak di kecamatan Cukir bercampur dengan Pondok Pesantren Tebu Ireng Jawa Timur. Biasanya tempat ini dikunjungi oleh pemeluk agama islam untuk melakukan ziarah. Di tepi-tepi jalan menuju makam Presiden ke-4 ini tersebar penjual oleh-oleh.
Dan sekarang sudah ada monumen tauhid yang sudah dibangun oleh pemerintah. Sebuah monumen yang menunjukkan keesaan Allah. Juga terdapat Museum Islam Nusantara yang dibangun dekat dengan monumen tauhid. Museum ini akan berisi benda-benda bersejarah terkait Islam di Nusantara. Termasuk juga informasi tentang sejarah masuknya Islam di Indonesia, pada masa melawan penjajah, zaman pergerakan nasional dan era reformasi.
 
Itulah ketiga tempat wisata yang perlu kalian jadikan tempat untuk menghabiskan liburan kalian. Kalian juga masih bisa mengeksplorasi Jombang, karena tempat wisatanya tidak hanya itu, masih ada dung sewu, air terjun tretes dan banyak lagi. Karena itu, yuk! Mengenal Jombang!
 
Demikinalah tulisan mengenai [3+ TEMPAT] Wisata Jombang [Jawa Timur] yang Harus Kamu Kunjungi!. Adapun untuk judul asli dalam Tulisan ini adalah Jombang Miliki Tiga Jenis Wisata Keren, Salah Satunya Grand Canyon” yang ditulis oleh Mohamad Khoirul Faizin”. Semoga dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi pembaca yang sedang mencari info mengenai “Tempat Wisata di Jombang”. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Kabupaten Mojokerto [Jawa Timur] dan Fakta yang Harus Kamu Baca!
  2. Pandanan, Surga Wisata Budaya Sarat Makna Tersembunyi di Klaten, Jawa Tengah
  3. Keren!. Rumah Pohon Lestari Wisata Alam di Desa Widhe [Brondong-Lamongan]
  4. [Gunung Lawu] dan Pesona Grojogan Sewu, yang Harus Kamu Kunjungi.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "[3+ TEMPAT] Wisata Jombang [Jawa Timur] yang Harus Kamu Kunjungi!"