Kota Balikpapan “Kota Beriman” [Kalimantan Timur] dan Fakta Potensi yang Harus Kamu Pahami!

Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia


FaktaDaerah.com- Kota Beriman, begitulah sebutan Kota Balikpapan yang berdiri di pesisir pantai yang menghadap langsung ke selat Makassar. Kota yang memiliki bandara internasional yang besar, dan baru-baru ini memiliki ikon baru yang membanggakan masyarakatnya berupa stadion yang menyaingi stadion gelora bung karno di Jakarta. Tentu yang saya maksud adalah kota Balikpapan. Kota Balikpapan merupakan kota industri yang dimana sangat ramai kegiatan industri dimana-mana.

Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur


Kota Balikpapan


Kota Balikpapan juga memiliki sumber daya alam berupa laut yang cukup luas. Selain itu, kekayaan akan tanahnya dan hutan yang masih terpelihara menjadikan kota ini pantas menyandang kota hijau. Kebersihan kota ini juga banyak disanjung dan telah mendapatkan beberapa penghargaan Adiwiyata dari pusat. Sehingga tidaklah heran untuk menjaga gelar tersebut, maka selalu diterapkan kurikulum lingkungan pada sekolah-sekolah yang ada.
 
Memang kota Balikpapan tidak semeriah kota wisata yang ada di pulau Jawa, tetapi tempat wisata di kota ini sering sekali menjadi tempat berlangsungnya event-event yang diselenggarakan oleh pihak tertentu. Dengan begitu, antusiasme masyarakat akan terdorong walaupun tempat yang mereka kunjngi sangatlah monotone. Pemerintah kota Balikpapan saat ini perlahan mulai memperbaiki dan memperbanyak tempat-tempat wisata.
 

Potensi Kota Balikpapan untuk Masyarakatnya


Dengan itu, terdapat potensi yang menjanjikan dari kegiatan berwirausaha di kota ini. Dengan berbekal ilmu berjualan, masyarakat dapat mendapatkan untung yang besar. Sehingga masyarakat mendapatkan tambahan penghasilan dari wirausaha yang dilakukan. Kebanyakan pelaku wirausaha di kota Balikpapan memiliki jadwal-jadwal tertentu untuk mereka melakukan usahanya. Hal tersebut dilakukan karena Balikpapan bukanlah kota wisata yang selalu ramai pengunjung.
 
Akhir-akhir ini banyak sekali pelatihan, seminar, dan acara atau event yang menyuarakan warga Balikpapan untuk berwirausaha. Dimulai dari niat dan berbekal ilmu yang didapatkan dari kegiatan pelatihan, masyarakat dapat dengan mudah berwirausaha. Terlebih lagi pemerintah kota Balikpapan sangat mendukung warganya untuk berwirausaha. Hal ini diwujudkan dengan membentuk suatu organisasi wirausaha di kota Balikpapan.
 
Para penduduk yang tinggal di Kota Balikpapan kebanyakan ialah penduduk dari luar. Penduduk asli Balikpapan sangatlah sedikit. Sehingga sumber daya manusia yang ada kebanyakan diambil dari pulau lain. Oleh karena itu, pemerintah kota Balikpapan yang didukung oleh pemerintah pusat merencanakan pembangunan sumber daya manusia di pulau Kalimantan terutama pada kota yang notabene pekerjanya dari luar pulau Kalimantan. Dengan dibantu oleh perusahaan yang ada di Kalimantan, maka sumber daya manusia di kota Balikpapan sekarang lebih bersifat cenderung kepada putra dan putri daerah.
 
Tentunya perubahan tersebut dibarengi dengan perubahan dan peningkatan pendidikan di kota Balikpapan. Sebutlah saja pendirian Institut Teknologi Kalimantan yang bertujuan untuk meningkatkan dan memunculkan sumber daya manusia yang dapat memunculkan inovasi di bidang teknologi di Kalimantan terutama di Balikpapan. Terdapat juga Politeknik Negeri Balikpapan yang bertujuan menciptakan sumber daya manusia yang siap untuk bekerja. Dan masih banyak peningkatan pendidikan yang lainnya.
 
Dengan meningkatnya SDM maka akan dibarengi dengan meningkatnya perekonomian kota Balikpapan. Tetapi, peningkatan ini harus didukung juga oleh perusahaan-perusahaan industri yang ada di kota Balikpapan. Dengan adanya peningkatan tersebut pula yang akan menjadikan kota Balikpapan menjadi kota yang mandiri, dimana penduduknya merupakan penggerak utama perekonomian tanpa bantuan dari penduduk luar pulau terlebih lagi penduduk negara lain. Sehingga akan terbentuk kesejahteraan bagi masyarakat kota Balikpapan.
 
Demikinalah tulisan mengenai Kota Balikpapan “Kota Beriman” [Kalimantan Timur] dan Fakta Potensi yang Harus Kamu Pahami, yang ditulis oleh Dias Eka Purnama dengan judul asli dalam artikelnya ialah “Potensi Kota Beriman Untuk Kesejahteraan Masyarakat”. Semoga tulisan ini dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca, trimakasih. Jangan lupa baca juga tulisan lainnya;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kota Balikpapan “Kota Beriman” [Kalimantan Timur] dan Fakta Potensi yang Harus Kamu Pahami!"

Posting Komentar