Wana Wisata Mondoleko Desa Sragi di Songgon-Banyuwangi [Jawa Timur] dan Fakta yang Harus Kamu Ketahui!


Wana Wisata Mondoleko  di Desa Sragi, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur



FaktaDaerah.Com- Wana Wisata Mondoleko, merupakan salah satu wisata alam yang terletak di Desa Sragi, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Wisata ini dikenal sebagai Wisata Puncak Mondoleko karena berada dipuncak bukit perkebunan pohon pinus di daerah wisata tersebut. Fasilitas yang ada di wisata tersebut seperti rumah pohon, ayunan, area piknik, panggung pertunjukkan, kantin, dan lain sebagainya.

Wana Wisata Mondoleko Terkenal Angker


Tidak jauh dari rumah penulis, wisata inipun terkenal angker karena ada sebuah makam sekaligus penunggu yang disebut Mbah Mondoleko yang letaknya di antara puncak ekstrem dan terhimpit pohon besar dan terdapat gua yang juga disebut Gua Mondoleko. Walau terlihat angker, wisata ini cukup ramai dikunjungi wisatawan karena keindahan alam yang disuguhinya ketika melihat pemandangan dari ketinggian sungguh luar biasa.
 

Wana Wisata Mondoleko Sangat Dingin


Tidak hanya sebatas tempat untuk berfoto selfie, melihat keindahan alam di ketinggian dan juga mengisi waktu libur, tempat wisata ini juga dilindungi oleh pihak polisi hutan agar terjaga keasriannya. Namun perlu diingat, para pengunjung sebaiknya menggunakan jaket yang tebal karena di daerah itu sangat dingin karena berada dipuncak bukit yang juga terletak dekat dengan Gunung Raung yang radiusnya hanya 8 km dari puncaknya, tak heran jika beberapa pengunjung harus membawa jaket yang tebal untuk menahan dinginnya suasana di sana.
 

Wana Wisata Mondoleko Kurang Fasilitas dan Terkenal Angker


Namun seiring berjalannya waktu setelah diresmikan pertama kali oleh penduduk setempat sejak tahun 2016, kini wisata tersebut lambat laun mulai berkurang pengunjung. Ini karena potensi wisata di sana yang kurangnya keamanan fasilitas dan keangkeran yang dimilikinya. Selain itu, acara yang diselenggarakan di sana cukup jarang dilakukan seperti acara hiburan atau sebatas camping, ini pula karena tempat wisata yang kurang cocok dijadikan acara tersebut, terlebih lagi karena posisi wisata berada dipuncak perbukitan, sehingga sulit dijangkau pengunjung. Terlebih lagi apabila di daerah wisata tersebut tertimpa hujan, maka medan yang akan dilaluipun semakin sulit untuk dilalui pengunjung.
 

Perlu adanya Pengelolaan Wana Wisata Mondoleko


Untuk mengatasi menurunnya potensi wisata tersebut, perlu adanya pembenahan dari pengelola wisata setempat yang memang wisata itu dikelola oleh penduduk setempat, sehinga wisata ini dapat kembali menjadi wisata yang unik dan mampu menarik perhatian pengunjung untuk dapat kembali datang ke wisata itu dengan berbagai fasilitas, kenyamanan, dan keamanan yang ada di sana.
 
Namun tidak ada salahnya Anda berkunjung ke tempat wisata bisa menjadi destinasi wisata unik yang patut Anda kunjungi untuk melihat pemandangan Banyuwangi dari ketinggian, berlibur atau piknik bersama kerabat dan keluarga.
 
Demikinalah tulisan mengenai Wana Wisata Mondoleko Desa Sragi di Songgon-Banyuwangi [Jawa Timur] dan Fakta yang Harus Kamu Ketahui!. Adapun penulis dalam artikel ini adalah Rizki Abdul Gofur dengan judul asli dalam tulisannnya “Wana Wisata Mondoleko” Trimakasih, semoga bisa memberi wawasan dan pengetahuan bagi segenap pembaca. Jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Batik di Kabupaten Banyuwangi dan 5 Fakta yang Harus Kamu Baca!
  2. Inilah Desa Jeruk [Desa Kaliploso] Kabupaten Banyuwangi, yang Harus Kamu Ketahui!
  3. 11 Fakta Kabupaten Jember [Jawa Timur] yang Harus Kamu Baca!
  4. Kabupaten Mojokerto [Jawa Timur] dan Fakta yang Harus Kamu Baca!
  5. Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur, dan Beberapa Fakta yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wana Wisata Mondoleko Desa Sragi di Songgon-Banyuwangi [Jawa Timur] dan Fakta yang Harus Kamu Ketahui!"

Posting Komentar