Kota Pariaman [Sumatera Barat] dan Fakta Nasi Sala “Makanan Khas” yang Wajib Kamu Baca!

Makanan Khas Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Sematera Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keindahan alam serta keindahan pantai yang sangat cantik. Selain itu, Sumatera Barat juga kaya dan beragam keunikan makanan khas daerah. Salah satu kuliner khas di daerah Kota Pariaman, yakninya nasi sala. Pernahkah anda mencoba makan nasi sala? atau hanya pernah mendengarnya?.

Nasi Sala Kuliner Khas Pariaman [Sumatera Barat]


Nasi sala merupakan gorengan ikan dengan tepung yang disajikan dengan nasi dan sambal. Kata ‘sala’ diartikan sebagai ‘digoreng’, proses pembuatannya sama seperti kuliner khas lainnya dari Pariaman, yaitu sala lauak. Ciri khas dari gorengan yang disebut ‘sala’ adalah baluran adonan tepung yang dibalut pada daging ikan.
 

Sejarah Nasi Sala Kuliner Khas Kota Pariaman


Menurut sejarah, nasi sala dahulunya di Pesisir Pariaman merupakan makanan bekal bagi para nelayan untuk dibawa setiap hari menangkap ikan. Gorengan sala ikan ini biasanya disajikan dengan nasi, nasi tersebut dibungkus dengan daun pisang yang ukurannya sebesar kepalan tangan yang dibuat dalam bentuk yang kecil dan unik,  yang disebut nasi sek, memiliki aroma yang khas. Nasi sek ini mirip seperti nasi kucing yang biasa ditemukan di Yogyakarta. Perbedaannya, nasi sek dibungkus tanpa isian lauk pauk apapun.
 

Rasa Nasi Sala Kuliner Khas Pariaman


Rasa gurih dari sala karena menggunakan tepung beras serta tambahan irisan daun kunyit di dalamnya membuat rasanya semakin nikmat, apalagi disantap dengan samba lado tanak atau sambal merah yang dibuat dari cabai merah yang dihaluskan, kemudian dimasak.
 

Sajian Nasi Sala Kuliner Khas Kota Pariaman


Sala yang diasajikan terdiri dari 2 versi. Versi pertama menggunakan ikan yang masih utuh. Ikan yang digunakan adalah ikan kembung, di Pariaman biasanya disebut ikan gembulo. Ikan tersebut dimasukkan ke dalam adonan tepung beras yang sudah ditambahkan bumbu berupa bawang putih, lengkuas, cabe giling, garam dan daun kunyit, lalu digoreng.

Biasanya, jenis ini lebih sering dijadikan lauk yang dimakan dengan nasi. Versi yang satu lagi, daging ikan yang sudah dihancurkan diaduk dengan adonan tepung yang sudah ditambahkan bumbu, lalu dibentuk bulat-bulat seperti bakso, kemudian digoreng, versi ini biasanya untuk cemilan.
 

Harga Nasi Sala Kuliner Khas Maknan Sumatra Barat


Harga nasi sala sangat terjangkau, berkisar antara Rp. 8.000 sampai Rp. 15.000 rupiah. Nasi sala ini banyak lebih mudah dijumpai di warung-warung sepanjang pantai Gandoriah, disamping rasanya yang khas, kita juga dapat menikmati pemandangan pantai pariaman yang sangat indah. Nah, penasaran kan bagaimana rasanya nasi sala khas Pariaman? Segera berkunjung dan berwisata ke Pariaman. 
 
Demikinalah tulisan mengenai Kota Pariaman [Sumatera Barat] dan Fakta Nasi Sala “Makanan Khas” yang Wajib Kamu Baca!. Yang ditulis dengan judul asli “Nasi Sala Sebagai Kuliner Khas Pariaman, Sumatera Barat”. Adpaun penulis dalam artikel ini adalah Annisa Hidayah. Semoga dapat memberikan wawasan dan pengetahuan mengenai Makanan Khas Sumatra Barat. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. 22+ [Fakta] Makanan Rendang dari Daerah Sumatera Barat, No 4 Bikin Bangga!
  2. Wisata dan Kesenian [Sumatera Barat] yang Harus Kamu Ketahui!
  3. Wisata Tebing Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota [Sumatera Barat] yang Harus Kamu Kunjungi!
  4. Kabupaten Langkat [Sumatera Utara] dan Beberapa Fakta yang Wajib Kamu Baca!
     

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kota Pariaman [Sumatera Barat] dan Fakta Nasi Sala “Makanan Khas” yang Wajib Kamu Baca!"

Posting Komentar