Kabupaten Langkat [Sumatera Utara] dan Beberapa Fakta yang Wajib Kamu Baca!

Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Langkat adalah salah satu Kabupaten yang ada di Sumatera Utara dengan Ibu Kota di Stabat. Luas Wilayah Kabupaten Langkat ini ialah 6.263 km persegi, dengan 25 kecamatan dan jumlah penduduk yang berjumlah 1 juta orang.  Kabuapten Langkat memiliki Letak wilayah yang cukup strategis. Hal ini lantaran berbatasan langsung dengan wilayah Laut pada bagian utara, Kota Binjai pada bagian timur, serta Provinsi Aceh di Bagian barat.
Baca Juga: Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara, dan Fakta Gunung Emas yang Ada!

Fakta Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara


Kabupaten Langkat memiliki keunikan tersendiri, selain karena sejarah yang dimilki, juga karakter dan kehidupan masyarakat yang ada didalamnya. Langkat memilki berbagai suku bangsa, dintaranya suku melayu, suku Jawa yang tinggal dan menetap, suku Minang, dan beberapa suku lainnya.
 

Potensi Tanah yang Baik di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara


Langkat memiliki potensi tanah yang baik, dengan persediaan air yang baik pula. Sektor Pertanian di Langkat memiliki potensi yang besar. Adapun komoditas yang ada di Kabupaten ini ialah tanaman tebu, kelapa sawit, jenis palawija, sayur-sayuran, dan buah-buahan.
 
Tanaman pertanian ini umumnya di tanam di beberapa titik yang tidak padat penduduk. Misalnya di Wilayah Kecamatan Stabat, tepatnya pada sepanjang Jalan menuju Desa Sei Karang, Selipit, Suko Beno, terdapat tanaman tebu dan kelapa sawit yang tumbuh subur.
 

Potensi Wisata di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara


Selain itu, potensi wisata yang ada di Langkat juga tidak dapat dipandang sebelah mata. Potensi wisata ini terbagi dalam wisata sejarah, wisata religius, dan Wisata Alam. Wisata Sejarah di Kabupaten Langkat ialah menapak-tilasi perjalanan panjang Kesultanan Melayu, hingga Peninggalan-peninggalan yang ada didalamnya. Wisata Sejarah ialah seperti makan Keturunan Sunan, Mesjid Azizi, dan tempat-tempat bersejarah islam lainnya.
 
Wisata Alam di Langkat seperti Air Terjun Pantai Salak, Pelaruga, Bahorok, Kebun Binatang, Bukit Lawang, hingga tempat penangkaran orang utan.
 

Budaya di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara


Kabupaten Langkat juga memiliki keunikan dalam bidang budaya masyarakat, misalanya dalam hari-hari tertentu, masyarakat akan mengadakan kegiatan lomba mendayung sampan di Sungai Besar yang ada di Langkat. Selain itu, kegiatan pawai yang melibatkan pemuda daerah dalam peringatan Hari besar seperti Maulid Nabi, Idul Fitri, Idul Adha, dan hari-hari keagamaan lainnya.  Langkat erat dengan masyarakat yang ramah, bertoleransi, dan agamis. Hal ini dapat dilihat secara etnografis.
 
Demikinalah tulisan mengenai Kabupaten Langkat [Sumatera Utara] dan Beberapa Fakta yang Wajib Kamu Baca!. Adapun judul asli dalam artikel ini adalah “Langkat Berseri, Langkat Berpotensi” yang ditulis oleh Reni Anggraini seorang Mahasiswi UGM (Univeritas Gajah Mada) Angkatan 2014. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahun bagi seganap pembaca yang sedang mencari informasi tentang “Kabupaten Langkat di Sumatera Utara”. Trimakasih, baca juga tulisan lainnya;
  1. Pandanan, Surga Wisata Budaya Sarat Makna Tersembunyi di Klaten, Jawa Tengah
  2. Kabupaten Kutai Timur [Kalimantan Timur] dan Beberapa Fakta yang Harus Kamu Ketahui!
  3. Kota Blitar, Kabupaten Blitar [Jawa Timur] dan Fakta Membanggakan yang Harus Kamu Baca!
  4. Kabupaten Tegal [Jawa Tengah] dan Fakta Potensi yang Nggak Nyesel Untuk di Cermati!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kabupaten Langkat [Sumatera Utara] dan Beberapa Fakta yang Wajib Kamu Baca!"

Posting Komentar