7 Fakta Kota Madiun [Jawa Timur] yang Harus Kamu Baca!

Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur

FaktaDaerah.Com- Kota Madiun merupakan salah satu kota yang termasuk dalam Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota Madiun Jawa Timur ini memiliki luas 65.68 km2 ini memiliki julukan, yaitu Kota Gadis. Gadis bukan berarti merunjuk pada gender, tetapi merupakan sebuah singkatan.
Baca Juga: 11 Fakta Kabupaten Jember [Jawa Timur] yang Harus Kamu Baca!

Kota Madiun Sebagai Kota Gadis


Gadis merupakan singkatan dari perda-ga-ngan, pen-di-dikan, dan indu-s-tri. Dalam hal perdagangan, kota ini bisa dibilang sebagai pusat perdagangan penting bagi kota-kota di sekelilingnya, seperti Magetan, Pacitan, dan Ponorogo. Perdagangan tersebut didukung dengan adanya berbagai fasilitas, contohnya Pasar Besar Madiun, Pasar Sleko, Pasar Kawak dan beberapa pasar yang lain.
 
Selain itu juga di Kota Madiun Jawa Timur ini juga terdapat mall- mall besar yang terdiri dari Madiun Plaza, Pasar Raya Sri Ratu, Timbul Jaya Plaza, Suncity Mall, Carefour, dan Presiden Plaza yang merupakan mall pertama dan tertua di Kota Madiun.
 

Instansi Pendidikan di Kota Madiun Jawa Timur


Kota Madiun juga memiliki instansi pendidikan yang cukup banyak. Menurut data yang sudah tercatat, kota ini memiliki 99 taman kanak-kanak, 89 SD dan MI, 27 SMP dan MTs negeri maupun swasta, serta 17 SMA dan MA negeri maupun swasta. Kota ini juga memiliki 3 universitas swasta, yaitu Universitas PGRI Madiun, Universitas Merdeka, dan Universitas Widya Mandala.
 
Sedangkan untuk Politeknik Negeri Madiun (PNM) merupakan satu-satunya politeknik negeri yang terletak di kota ini. Industri di Kota Madiun juga sudah cukup banyak. Salah satunya adalah pusat industri kereta api, yaitu PT. INKA. Kota Madiun juga memiliki pabrik gula, contohnya PG. Rejo Agung yang sangat terkenal.
 

Potensi di Kota Madiun Jawa Timur


Kota Madiun bisa dibilang memiliki banyak potensi, baik dari segi kuliner, segi pariwisata, maupun segi budaya. Jika ditinjau dari segi kuliner, kota ini memiliki satu makanan yang sudah sangat terkenal di negeri ini, yaitu pecel. Pecel merupakan makanan yang terdiri atas berbagai sayuran yang disiram dengan sambal kacang. Makanan tersebut sangat mudah ditemukan di sepanjang jalanan kota ini.
 

Tempat Wisata di Kota Madiun Jawa Timur


Banyak tempat wisata yang bisa ditemukan di Kota Madiun. Monumen Kresek adalah salah satunya. Monumen yang menjadi bukti sejarah keganasan PKI ini memiliki luas 2 hektar yang berada 8 km ke arah timur dari Kota Madiun, tepatnya berada di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun,  Jawa Timur.
 
Adanya fasilitas seperti jogging track, musholla, tempat bermain anak, rumah makan, hingga MCK membuat banyak pengunjung tahan untuk berlama-lama di sana. Pada monumen ini terdapat ukiran nama-nama prajurit TNI dan pamong desa yang gugur dalam pertempuran PKI. Monumen Kresek diresmikan pada tanggal 10 Juni 1991 oleh Bapak Soelarso yang merupakan Gubernur Jawa Timur saat itu.
 

Kota Madiun Jawa Timur Menjaga Kelestarian Alam


Kota Madiun merupakan salah satu kota yang masih terjaga keaslian alamnya. Keaslian alam tersebut dibuktikan dengan banyaknya wisata alam yang terdapat di kota ini. Gunung Wilis memiliki ketinggian 2.169 meter di atas permukaan laut yang berada di Kabupaten Madiun. Di lereng gunung tersebut, terdapat tempat wisata bernama Air Terjun Seweru yang memiliki ketinggian 400 meter di atas permukaan laut. Tak hanya Air Terjun Seweru, Kota Madiun juga memiliki beberapa air terjun lainnya, seperti Air Terjun Krecekan Danu dan Air Terjun Banyulawe Dong yang terletak di Kecamatan Kare, serta Air Terjun Kucur yang terletak di Kecamatan Dagangan.
 

Wisata Sejarah di Kota Madiun Jawa Timur


Tidak hanya wisata alam, Kota Madiun juga memiliki tempat wisata yang berhubungan dengan sejarah. Situs Nglambangan adalah salah satu contohnya. Situs Nglambangan menjadi situs bersejarah peninggalan Kerajaan Majapahit. Situs tersebut berada di Desa Nglambangan, Kecamatan Wungu. Banyak benda bersejarah yang dapat ditemukan di situs tersebut, yaitu watu dakon, lumbung, punden, sumur, sendang, serta Pura Lembangsari. Tempat wisata ini memang cukup menarik untuk dikunjungi.
 

Segi Budaya di Kota Madiun Jawa Timur


Kota Madiun juga memiliki potensi dalam segi budaya. Adat jawa yang masih kental sangat terlihat di kota ini. Bahasa Jawa bisa dibilang menjadi bahasa sehari-hari sehingga tak heran jika logat mereka akan sangat berbeda dengan daerah yang berbeda adat dan suku. Pencak silat merupakan salah satu seni bela diri yang sangat terkenal di kota ini. Banyak aliran yang terdapat di Kota Madiun, contohnya Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) dan Persaudaraan Setia Hati Tunas Muda Winongo.
 
Masih banyak pertunjukan seni dan budaya yang diselenggarakan hingga saat ini, seperti pentas wayang kulit yang biasanya diadakan untuk memperingati hari kemerdekaan. Pertunjukan tersebut selalu diadakan di Alun-alun Kota Madiun sehingga terbuka untuk masyarakat umum. Hal itu membuktikan bahwa Pemerintah Kota Madiun sangat mengapresiasi bakat dalam bidang seni yang dimiliki penduduknya.
 
Banyak orang yang belum mengerti mengenai Kota Madiun ini. Kota kecil ini terbukti memiliki pesona tersendiri, baik dari segi ekonomi, pendidikan, wisata, maupun budaya. Dengan pesona tersebut, pastinya ada harapan agar Kota Madiun mengembangkan semua potensi dari pesona-pesona yang telah disebutkan tersebut. Semua bagian dari kota ini harus bekerja sama untuk mewujudkan hal tersebut. Dengan begitu, Kota Madiun akan menjadi lebih baik dan dikenal oleh banyak orang.
 
Demikinalah tulisan mengenai 7 Fakta Kota Madiun [Jawa Timur] yang Harus Kamu Baca! dengan judul aslinya dari penulisnya adalah Pesona Madiun. Adapun penulis dalam artikel ini sendiri ialah Tarissa Sekar Ayunda. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi segenap pembaca sekalian, terutama yang sedang mencari info Madiun Jawa Timur. Trimakasih, baca juga tulisan lainnya;
  1. Kabupaten Mojokerto [Jawa Timur] dan Fakta yang Harus Kamu Baca!
  2. Pandanan, Surga Wisata Budaya Sarat Makna Tersembunyi di Klaten, Jawa Tengah
  3. Keren!. Rumah Pohon Lestari Wisata Alam di Desa Widhe [Brondong-Lamongan]
  4. [Gunung Lawu] dan Pesona Grojogan Sewu, yang Harus Kamu Kunjungi.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "7 Fakta Kota Madiun [Jawa Timur] yang Harus Kamu Baca!"