11 Fakta Kabupaten Jember [Jawa Timur] yang Harus Kamu Baca!

Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur


FaktaDaerah.Com- Jember adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur.  Berbatasan dengan Banyuwangi di sebelah timur, Bondowoso di sebelah utara dan Lumajang di sebelah barat, Samudera Hindia di Selatan. 

Letak Kabupaten Jember
 
Kabupaten Jember terletak di pesisir selatan pulau jawa dengan banyak deretan pantai-pantai cantik dan indah. Kabupaten Jember terletak di Wilayah Tapal Kuda Jawa Timur.
 

Fakta Manarik di Kabupaten Jember, Jawa Timur


Suku di Kabupaten Jember


Mayoritas suku masyarakat Kabupaten Jember adalah Madura, Jawa dan Banyuwangi. Hal ini karena masyarakat Jember semua adalah pendatang yaitu Madura, Jawa, Banyuwangi dan membawa bahasa mereka masing-masing (Bahasa Madura, Jawa dan Asing).
 

Komoditas Pertanian Kabupaten Jember
 

Kabupaten Jember merupakan daerah penghasil komoditas Tembakau terbesar dan terbaik di Indonesia. Tembakau Jember di Jawa Timur ini banyak dimanfaatkan terutama untuk bahan pembalut cerutu (dekblad) yang di ekspor ke luar negeri yaitu Bremen,Jerman, dan lain-lain.
 
Produksi Padi di Kabupaten Jember merupakan yang tertinggi di Indonesia. Sekitar 1.4 juta ton untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional. Oleh karena itu Kabupaten Jember pantas sebagai salah satu sentra lumbung pangan nasional.
 
Komoditas Jeruk Siam di Kabupaten Jember atau lebih dikenal dengan Jeruk Semboro. Jeruk ini merupakan salah satu komoditas unggulan di Kabupaten Jember.
 

Tempat Lindung di Kabupaten Jember


Kabupaten Jember memiliki Taman Nasional Meru Betiri yang berbatasan langsung dengan Banyuwangi. Namanya diambil dari gunung tertinggi yang ada di dalamnya yaitu Gunung Meru. Taman Nasional Meru Betiri ini merupakan surganya flora dan fauana dan keindahan alam yang indah sehingga dijadikan objek wisata.
 
Kabupaten Jember juga memiliki Nusa Barong, sebuah pulau kecil yang terletak di selatan pelabuahan Puger, Jember, Jawa Timur. Nusa Barong ini adalah sebuah Cagar Alam yang dikendaliakan oleh Menteri Pertanian. Di Nusa Barong ada tiga formasi hutan yaitu hutan mangrove, hutan pantai dan hutan dataran rendah. Nusa Barong juga dijadikan tempat wisata, nuansa di Nusa Barong seperti pulau pribadi nan elok.
 

Pantai di Kabupaten Jember


Kabupaten Jember memiliki banyak pantai selatan yang indah. Seperti Pantai Payangan yang terkenal dengan “Teluk Love nya”, Pantai Watu Ulo yang terkenal dengan sejarah terbentuknya.  Di Pantai ini ada batu karang panjang yang dipercayai sebagai jelmaan ekor seekor ular yang sangat besar. Pantai Papuma yang terkenal dengan pasir putihnya yang putih dan halus serta ada banyak karang yang ada di dekat bibir pantai yang membuat pantai ini semakin cantik.

Pantai Nanggelan dan Pantai Teluk Puteri dijuluki sebagai pantai perawannya Kabupaten Jember karena masih belum banyak orang yang tahu dan harus melewati beberapa gunung untuk sampai di pantai tersebut. Ada juga Pantai Bandealit, Pantai Canga’an, Pantai Paseban, Pantai Pancer dan Pantai Puger.
 

Pelabuahan Perikanan Puger


Kabupaten Jember memiliki pelabuahan perikanan yang cukup besar yang terletak di Pantai Puger. Tempat ini juga dijadikan objek wisata oleh beberapa orang.
 

Kabupaten Jember memiliki JFC


Jember Fashion Carnaval (JFC) adalah karnaval yang lahir di Kabupaten Jember. JFC ini sudah terkenal baik di wilayah Indonesia sendiri hingga dunia. Peserta JFC banyak juga yang berasal dari orang luar Indonesia karena taraf karnaval ini International.
 

Universitas Negeri di Kabupaten Jember


Kabupaten Jember juga kabupaten yang pesat dengan dunia pendidikannya. Ada Universitas Negeri Jember (UNEJ) dan Politeknik Negeri Jember (POLIJE) dan banyak lagi universitas swasta yang tak kalah bagusnya mutunya.
 

Bandara di Kabupaten Jember


Bandara Notohadinegoro adalah sebuah bandar udara yang ada di Kabupaten Jember dengan dilayani penerbangan komersil rute Jember dari dan atau ke Surabaya oleh maskapai Garuda Indonesia.

Jember Sport Garden


Kabupaten Jember memiliki stadion yang megah yang dikenal dengan Jember Sport Garden (JSG). Stadion JSG merupakan stadion terbaik di Jawa Timur dari segi arsitekturnya. Stadion ini berkapasitas 20.000 penonton.
 

Pusat Penelitian Kopi dan Kakao  Indonesia


Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia terletak di Kabupaten Jember. Ini merupakan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao  satu-satunya di Indonesia.
 

Batik Labako Jember


Jember memiliki Batik Labako. Di namakan Labako karena motif batik ini adalah gambar dari daun tembakau.
 
Demikianlah tulisan mengenai 11 Fakta Kabupaten Jember [Jawa Timur] yang Harus Kamu Baca! dengan jduul asli dalam tulisan ini sendiri ialah "Fakta Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur Indonesia" yang ditulis oleh Kris Wahyuningsih. Semoga dapat brmanfaat, trimakasih. Jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Kabupaten Mojokerto [Jawa Timur] dan Fakta yang Harus Kamu Baca!
  2. Pandanan, Surga Wisata Budaya Sarat Makna Tersembunyi di Klaten, Jawa Tengah
  3. Keren!. Rumah Pohon Lestari Wisata Alam di Desa Widhe [Brondong-Lamongan]
  4. [Gunung Lawu] dan Pesona Grojogan Sewu, yang Harus Kamu Kunjungi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Fakta Kabupaten Jember [Jawa Timur] yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar