8+ KOTA Terbersih di Indonesia Terbaru dan Terlengkap

Kota Terbersih di Indonesia


FaktaDaerah.Com- Kota yang bersih merupakan impian bagi banyak orang, sebagai tempat tinggal yang nyaman, bersih, teduh, dan sehat, serta bebas dari polusi baik polusi udara, tanah, maupun polusi air. Di era globalisasi sekarang ini, kebersihan merupakan hal yang masih minin di negara Indonesia. Dari faktor padatnya penduduk, pola hidup yang membuang sampah sembarangan, hingga tidak adanya perhatian pemerintah dan masyarakat terhadap kebersihan. Namun terlepas dari itu negara Indonesia memiliki kota-kota yang dapat dikategorikan sebagai kota terbersih. Berikut ini akan di tampilkan kota-kota yang di kategorikan sebagai kota terbersih di Indonesia.

Kota Terbersih di Indonesia


Setidaknya ada 8 Kota atau Daerah terbersih yang ada di Indonesia;

Kota Depok 

Kota Depok merupakan sebuah kota yang pertempat di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Letak kota depok berada diantara Jakarta dan Bogor, tepatnya di sebelah selatan Jakarta. Hari tanpa mobil atau yang di sebut One Day No Car merupakan program yang ditetapkan pada Juni 2012 lalu sebagai langkah kecil untuk membuat Kota Depok menjadi lebih sehat.

Tidak mengherankan perhatian pemerintah Depok terhadap kesehatan kota membuahkan hasil yaitu penghargaan Adipura pada 2 Agustus 2017. Memperhatikan aspek kebersihan, penghijauan, serta program gotong royong untuk membersihkan lingkungan menjadi cara pemerintah Kota Depok untuk mewujudkan kota bersih dan nyaman.

Kota Surabaya

Surabaya merupakan ibu kota Jawa Timur yang menjadi kota terbesar dan paling maju kedua setelah Jakarta. Namun tak seperti halnya Jakarta dengan lalu lintas yang semerawut, Surabaya memiliki lingkungan yang nyaman, bersih asri dan lestari.

Hal ini membuat kita tidak heran jika Surabaya mendapatkan penghargaan Adipura Kencana pada Agustus 2017 lalu, yang berarti Surabaya telah mendapatkan lebih dari tiga kali berturut-turut anugrerah Adipura. Surabaya memiliki banyak taman kota yang indah dan terawat dengan baik. Sampah yang berserak dijalan tidak akan ditemui di kota ini, pasalnya warga telah menggalakkan rasa malu jika membuang sampah sembarangan. Kesadaran akan kesehatan dan kebersihan yang tinggi arek Suroboyo (warga Surabaya) patut menjadi contoh bagi masyarakat di daerah lain yang masih dibuat pusing dengan masalah sampah.

Kota Tanggerang

Kota Tanggerang termasuk dalam wilayah Jabodetabek, sebagai kota yang bertempat di sebelah barat Jakarta, tepatnya di Tatar Pasundan Provinsi Banten. Jauh berbeda dengan Jakarta yang sibuk dan padat, Kota Tanggerang memiliki suasana yang tenang dan nyaman untuk sebagai tempat tinggal. Lingkungan yang mendukung serta kebersihan yang terus terjaga, dan dengan taman-taman yang terawat baik membuat Kota Tanggerang masuk dalam salah satu kota terbersih, yaitu dengan penghargaan Adipura Kencana tahun 2017.

Kota Palembang

Palembang merupakan ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Kota yang terkenal dengan Jembatan Ampera ini, menjadi salah satu destinasi para pelancong. Palembang memiliki makanan khas pempek yang disukai oleh banyak orang, pemandangan kota yang indah, serta kebersihan yang terjaga membuat para pendatang betah berlama-lama berada di palembang.

Kota Medan

Medan adalah kota yang paling maju dan terbesar di pulau sumatera, yang merupakan ibukota dari provinsi Sumatera Utara. Hal ini membuat Medan menjadi gerbang masuk bagi berbagai wisatawan ke Sumatera. Kerjasama pemeritah dan warga yang saling menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan membuat Medan masuk dalam salah satu kota terbersih di Indonesia dan sebagai tempat yang nyaman untuk bertempat tinggal bersama keluarga.

Kota Semarang

Semarang merupakan kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia, yang juga sebagai ibukota provinsi Jawa Tengah. Semarang adalah kota yang perkembangannya sangat pesat dari segi ekonomi, juga beberapa tahun terakhir muncul banyak gedung-gedung pencakar langit menandai progres yang baik dari Kota Semarang. Sebagai Kota Metropolitan dengan lingkungan yang selalu terawat baik, membuatnya pantas menjadi salah satu kota paling bersih saat ini.

Kota Malang

Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur. Kota ini memiliki pariwisata alam menawan yang dikelilingi pegunungan. Malang juga dikenal dengan kota bunga karena banyak jenis tanaman bunga yang tumbuh di kota ini.

Salah satu penghargaan Kota Malang adalah masuk dalam daftar kota piala Adipura Kencana pada tahun 2017. Hal ini diyakinkan karena kota ini memiliki lingkungan yang sehat, bersih dan nyaman. Kota Malang juga mendapat penghargaan internasional Global Water Award di Abu Dhabi, pada tahun 2016 lalu.

Kota Balikpapan

Balikpapan adalah sebuah kota yang bertepat di Kalimantan Timur, Indonesia. Kota ini memiliki kepadatan penduduk sebesar 1.360/km2 (tertinggi di Kalimantan Timur). Padatnya penduduk tidak membuat Balikpapan kesulitan dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Kota yang dapat dikategorikan kota terbersih ini memiliki air dan udara yang bersih, hal ini tidak lepas dari pemerintah dan masyarakat kota Balikpapan yang bersama-sama menjaga kebersihan demi kenyamanan bersama. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan yang diperoleh Kota Balikpapan di 3 kategori yaitu clean land, clean water, clean air dalam Invitation to the for 3rd ASEAN Environmentally Suistainable Cities (ESC) Award and the 2nd ASEAN Certificates of Recognition with the Following Details yang dilaksanakan di Laos pada tahun 2014. 

Demikian tulisan mengenai 8 Kota Terbersih di Indonesia. Perlu kita ketahui bahwa tempat tinggal yang bersih dan sehat akan membuat kita nyaman dan betah untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Sebagai negara yang memiliki 34 Provinsi yang tersebar luas, Indonesia memiliki banyak kota bersih dan nyaman yang mampu bersaing di kancah Internasional. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8+ KOTA Terbersih di Indonesia Terbaru dan Terlengkap"

Posting Komentar