5+ Kabupaten Terluas di Indonesia Terbaru dan Terlengkap


Kabupaten Terluas di Indonesia


Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak wilayah, dari Sabang sampai Meroke ada ratursan Kabupaten atau kota. Luas wilayah yang ada di Kabupaten atau Kota tersebut tentusaja berbeda-beda. Oleh karenannya dalam tulisan ini akan menjelaskan mengenai kabupaten terluas di Indonesia.

Kabupaten Terluas di Indonesia


Kabupaten yang memiliki wilayah begitu luas disini tentusaja bukan berdasarkan pada kesejahteraan, ekonomi, atau pembangunannya. Akan tetapi di dasarkan pada luas wilayahnya yang membentang di daerah-daerah tersebut. Ada banyak Kabupaten yang luas di Indonesia, mulai dar Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Kabupaten Terluas yang Dimiliki Indonesia


Berikut inilah beberapa kabupaten terluas yang dimiliki oleh Indonesia;

Kabupaten Merauke

Merauke sampai saat ini menjadi wilayah Indonesia yang letaknya paling timur.Wilayah Merauke ini memiliki luas 45.000 Kilo Meter. Dataran yang ada di Kabupaten Merauke ini banyak pihak mengatakan sama dengan 70 kali wilayah Negara Singapura.

Meskipun begitu untuk biaya hidup di Kabupaten Merauke lumayan cukup mahal dibadingkan dengan wilayah Indonesia, misalnya Daerah Jawa dan Sumatra. Tetapi untuk biaya hidup di ruanglingkup Pulau Papua di wilayah inillah biaya hidupnya paling murah.

Sejarah Kabupaten Merauke

Sejarah mengenai sebutan untuk Kabupaten Merauke ini bersal dari keterangan para pendatang, yang awalmulanya bertanya tentang wilayah ini. Penduduk asli di wilayah ini begitu diberikan pertanyaan oleh pendatang selalu menawab “Maro-ke"  yang memiliki arti “itu sungai Maro".

Kabupaten Asmat

Kabupaten terluas di Indonesia yang menduduki peringkat kedua adalah Kabupaten Asmat di Papua. Wilayah asmat ini sendiri jika diandaikan Pulau Jawa maka hanya akan terdiria dari 4 Kabupaten, adapaun tanah yang ada di Kabupaten Asmat iayalah tanah berlumpur dengan tingkat kesuburan yang tinggi.

Kabupaten Ketapang

Wilayah yang memiliki luas ke-3 di Indonesia untuk tingkatan Kabupaten adalah Kabupaten Keapatapang dengan luas wilayahnya mencapai 31,240 Kilo meter. Letak Kabupaten ini berada di Kalbar (Kalimantan Barat), Pulau Kalimantan. Perbandingan yang di daptkan luas wilayah yang dimiliki oleh Kabupaten Ketapang lebih luas daripada Provinsi NTB (Nusa Tenggara Barat).

Kabupaten Kutai Timur

Wilayah yang memiliki luas tertinggi di Indonesia dengan posisi 4 adalah Kabupaten Kutai Timur yag berada di Provinsi Kalimantan Timur. Luas wilayah yang dimiliki oleh Kutai Timur ini adalah 35.747 Kilo Meter. Kabupaten ini jika dibaratkan sama dengan luas wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, atau Provinsi Lampung.

Kabupaten Malinau

Wilayah yang memiliki luas tertinggi selanjutnya adalah wilayah Kabupaten Malinau yang berada di Provinsi Kaliamtan Timur. Jika diibartakan luas wilayah Kabupaten Malinau setara dengan salah satu Provinsi di Pulau Sulawesi, yaitu Sulawesi Selatan.

Kabupaten Terluas di Indonesia ini masih ada kemungkinan untuk berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan dan pembangunan masyarakatnya. Apalagi wilayah-wilayah ini menjadi salah satu tujuan daerah trasmigrasi di Indonesia.

Demikianlah tulisan mengenai Kabupaten Terluas di Indonesia. Semoga dengan adanya Informasi mengenai fakta daerah-daerah di Indonesia ini dapat memberikan wawasan dan juga pengatetahuan bagi segenap pembaca. Trimakasih

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "5+ Kabupaten Terluas di Indonesia Terbaru dan Terlengkap"

  1. Terima kasih banyak, ternyata kabupaten terluas adalah merauke ya

    BalasHapus
  2. Maaf Ini sebagai saran saja ya.coba bikin daftar ukuran bilayah kabupaten diseluruh indonesia itu secara lengkap berdasarkan urutannya biar smua masyrakat indonesia itu dapat mengethuinya🙏 terimaksh

    BalasHapus
  3. Ko yg 31 kilo posisi 3.
    Sedangkan yg posisi 4, 35 kilo.

    BalasHapus