4 Tempat Wisata di Lasem [Rembang-Jawa Tengah] Yang Harus Kamu Kunjungi!

Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah


FaktaDaerah.Com- Lasem adalah nama sebuah kecamatan di Kabupaten Rembang. Memiliki potensi wisata alam berupa laut dan perbukitan. Letak geografis Kecamatan Lasem ini berada antara Kecamatan Pancur di sebelah Selatan, Kecamatan Sluke di sebelah Timur, Kecamatan Rembang di sebelah Barat dan  Laut Jawa di sebelah Utara. Sedangkan menurut data Pemerintah Kabupaten Rembang menyatakan luas wilayah Kecamatan Lasem berkisar 4.504 ha.
Baca Juga: Kabupaten Purbalingga [Jawa Tengah] dan Potensi serta [6] Tempat Wisata yang Harus Kamu Baca!

Tempat Wisata di Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah


Lasem dikenal juga sebagai Tiongkok Kecil. Sebutan itu merujuk pada fakta bahwa Lasem menjadi tempat mendarat imigran asal Tiongkok. Menurut Mas Danang, budayawan Rembang, dari pendaratan itu para imigran beranak pinak secara silang dengan masyarakat setempat. Hal itu bisa dilihat di kawasan Karangturi, Babagan, Kajar dan lain-lain. “Kompleks bangunan Tiongkok, seperti kuil, gapura, dan rumah kuno masih sangat terjaga. Ini merupakan daya tarik bagi wisatawan,” kata Wishong, warga Desa Karangturi.

Kecamatan Lasem sebutan Tiongkok Kecil


Kebudayaan sosial berupa upacara perayaan keagamaan. Ada upacara keagamaan harian dan tahunan. Upacara tahunan yang rutin digelar adalah arak-arakan, Festival Lampion, Festival Lasem, dan perayaan Imlek. Dikutip dari laman kesengsemlasem.com, Sebutan Tiongkok Kecil bagi Lasem akhirnya mendunia. Claudine Salmon dalam Chinese Epigraphic Materials in Indonesia yang terbit pada 1997 menyebut bahwa julukan ini muncul dari para wisatawan.
Kota Tiongkok Kecil ini juga disebut sebagai Kota Seribu Wisata. Hasil survei terhadap pengunjung, menunjukkan setidaknya ada lima belas sampai dua puluh objek wisata di Lasem. Mulai dari wisata pantai, perbukitan, dan budaya. Dari ujung Timur, Pantai Binangun, Pantai Caruban, Pantai Karangjahe, Pantai Nyamplung Indah. Ada juga Gunung Kajar, Watu Congol, Watu Layar, Desa Sendangcoyo dan Gunung Argo.
"Lasem itu kaya dengan obyek wisata. Mulai dari alam, budaya hingga religi. Menurut saya, pantas untuk disebut sebagai Kota Seribu Wisata,” kata Lala Anggraini selaku Mbak Duta Wisata Kabupaten Rembang 2016.
Tempat-Tempat Wisata di Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah
Beberapa gambar Wisata Lasem, antara lain adalah sebagai berikut;
  1. Wisata Gunung Kajar, wisata ini sangat ini dinimati saat liburan keluarga.   
  2. Kuil di Desa Karangturi, wisata dengan nuansa keagamaan di Kabupaten Rembang salah satunya adalah Kuil di Desa Karangturi, Kecamatan Lasem
  3. Wisata Karangjahe Beach
  4. Pantai Caruban, di Kecamatan Lasem juga ada pantai dengan nama “Pantai Caruban”
Demikianlah tulisan mengenai Tempat Wisata di Lasem [Rembang-Jawa Tengah] Yang Harus Kamu Kunjungi!. Semoga bermanfaat dan dapat memberi informasi kepada setiap pembaca. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan tempat wisata lainnya di Jawa Tengah. Penulis dalam artikel ini adalah Fadhilla Berliannisa.
  1. 5 Desa Wisata [Semarang-Jawa Tengah] Yang Harus Kamu Ketahui dan Kunjungi!
  2. 9 Tempat Wisata di Kebumen [Jawa Tengah] yang Harus Kamu Kunjungi!
  3. Dataran Tinggi Dieng [Jawa Tengah] dan 7 Fakta yang Harus Kamu Baca!
  4. Gunung Kemukus [Sragen-Jawa Tengah] dan 10 FAKTA yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Tempat Wisata di Lasem [Rembang-Jawa Tengah] Yang Harus Kamu Kunjungi!"

Posting Komentar