Desa Bleber Kecamatan Kras [Kediri-Jawa Timur] dan 4 Fakta yang Harus Kamu Baca!

Desa Bleber, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur


FaktaDaerah.Com- Desa Bleber adalah salah satu desa kecil di Kediri, penduduknya padat dan juga desa yang masih alami dengan persawahannya. Desa Bleber jarang dikunjungi orang luar karena keunikannya belum terekspos keluar daerah, selan itu di Desa ini memiliki ciri khas atau fakta yang unik di bandinglan dengan desa yang lainnya;
Baca Juga: Kabupaten Kediri [Jawa Timur], dan 6 Fakta yang Harus Kamu Baca!

Fakta Desa Bleber Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Jawa Timur


Berikut adalah hal menarik yang perlu kalian ketahui tentang Desa Bleber ini :
 

Desa Bleber Memiliki Penduduk Dengan Jumlah TKI-Nya Terbanyak di Kediri


Sebagian besar penduduk di Desa Bleber adalah lulusan SD dan SMP, tidak memiliki keterampilan dan masih sangat terbelakang dalam hal info lowongan kerja di luar daerah. Jadi, mereka mengambil keputusan untuk bekerja di luar negeri melalui penyalur ketenagakerjaan dirumah-rumah atau melalui info dari tetangga, karena menurut mereka gaji bekerja di luar negeri itu besar dan dapat digunakan untuk investasi mereka ketika tua dan hidup di desa.
 
Namun, pada kenyataannya tidak seperti itu, dikarenakan mereka harus hidup di negara orang dengan biaya makan sendiri jika tidak sesuai selera juga sekali-kali memanjakan diri berbelanja juga mereka harus menyisihkan uang untuk keluarga yang menunggu dirumah, ketika uang sampai dirumah nyatanya mereka menggunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
 
Kesempatan ini dapat digunakan untuk mereka yang paham akan mengelola sumber daya manusia agar berdaya tanpa harus ke luar negeri. Dengan cara, membuka balai pelatihan yang sekiranya cocok dengan masyarakatnya. Contoh, pelatihan menjahit dimana ketika SDM sudah memahaminya seluk beluk menjahit mereka akan dipekerjakan di pabrik jahit atau bahkan dapat membuka lapangan kerja sendiri tanpa harus jadi karyawan lagi.
 

Desa Bleber Memiliki Kekayaan Hasil Sawah yang Melimpah


Di Desa Bleber sangat mudah ditemui hamparan sawah yang sangat luas, bahkan disamping rumah saya adalah sawah dan 2 sungai. Dengan kebanyakan tanaman palawijanya yaitu padi dan jagung selain itu juga ada tebu yang sangat mudah ditemui karena banyaknya sawah di Desa Bleber. Hasil sawah ini setengahnya dijual dan setengahnya untuk makanan sehari hari sendiri.
 
Dengan begitu, sebagai anak muda penerus bangsa harus dapat melestarikan bahkan harus mengembangkan fakta yang ada di Desa Bleber ini. Misal contohnya “Desa Wisata Bleber PAJABU (Padi Jagung Tebu)” yang didalamnya dapat disajikan hasil masakan dari hasil palawijanya tersebut.
 

Desa Bleber, Jawa Timur Memiliki Bahasa Krama Halus yang Tetap Lestari


Dari semua penduduk di Desa Bleber sebagian besar komunikasi nya menggunakan bahasa Jawa. Jika lebih tua menggunakan Krama Halus yang sampai saat ini masih tetap lestari, beda dengan daerah lainnya yang pada umumnya mereka menggunakan bahasa indonesia sebagai percakapan sehari-harinya. Jika ada anak muda disana ketika berbicara dengan yang lebih tua menggunakan bahasa Jawa biasa atau tidak Krama Halus dianggap tidak sopan dan akan dikucilkan dari masyarakat dicap urakan atau anak nakal.
 

Tradisi Desa Bleber Jual Ayam Jago Hanya di Waktu “Pahing”


Pembeli ayam jago di Desa Bleber hanya ada di waktu pahing selain itu tidak ada. Jadi masyarakat yang ingin menjual ayam jagonya walaupun terdesak kebutuhan uang mereka akan tetap menunggu pahing.
 
Fakta di Desa Bleber ini saya yakin tidak sama dengan daerah lainnya yang ada di Indonesia dan bahkan tidak ditemui di daerah lainnya. Saya berharap fakta ini akan tetap terjaga kelestariannya, alami keberadaannya dan tersalurkan ke anak cucu penduduk atau masyarakat di Desa Bleber tanpa ada kata pemisah atau jarak dari pihak luar yang akan merubah bahkan merusak keberadaannya.
 
Demikianlah tulisan mengenai Desa Bleber Kecamatan Kras [Kediri-Jawa Timur] dan 4 Fakta yang Harus Kamu Baca! Yang ditulis dengan judul asli “Desa Bleber Kecamatan Kras Kabupaten Kediri  Jawa Timur” adapun penulis dalam artikel ini adalah Vita Rina Tasari. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Kabupaten Ponorogo [Jawa Timur] dan 6 Fakta yang Wajib Kamu Baca!
  2. 5 Fakta Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare “Kampung Inggris”
  3. Kota Blitar, Kabupaten Blitar [Jawa Timur] dan Fakta Membanggakan yang Harus Kamu Baca!
  4. Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur, dan Beberapa Fakta yang Harus Kamu Baca!
  5. Pulau Bawean [Gresik-Jawa Timur] dan 15 Fakta Yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Desa Bleber Kecamatan Kras [Kediri-Jawa Timur] dan 4 Fakta yang Harus Kamu Baca!"