Fakta Desa Cibingbin [Kuningan] Provinsi Jawa Barat yang Harus Kamu Baca!.

Cibingbin, Kabupaten Kuningan, Jawa barat, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Desa Cibingbin, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat adalah sebuah Desa yang sangat indah baik dari kesehariannya dan banyak keunikan yang ada di desa ini. Dan kenapa saya menulis memberikan Judul “Berlian dari Cibingbin”. Yang dimaksud berlian disini bukan semata mata berlian yang asli. Berlian ini yaitu berupa kebudayaan, keunikan dan kekhasan yang ada didesa ini yang belum dikenal oleh banyak orang diluar sana. Selain itu, karna sudah hampir 10 saya tidak berada disana.

Saya lahir didesa tersebut, tetapi ketika saya berumur kurang lebih 1 tahun mulai tinggal di Jakarta. Selama ini saya pergi ke kampung halaman hanya 1 tahun sekali pada saat lebaran saja. Mungkin ini saja perkenalan dari saya. Kita beranjak ke topik yang sebenarnya tentang desa desa Cibingbin, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

Desa Cibingbin, Kabupaten Kuningan yang Indah


Desa Cibingbin, menyimpan banyak keindahan, keunikan, kekhasan yang ada terutama dalam kehidupan sehari hari. Berawal dari keseharian yang mayoritas bermata pencaharian sebagai Petani. Setiap pagi depan rumah saya itu banyak para petani yang ingin pergi keladangnya dengan membawa peralatan, sepeti cangkul dan lain lain, bahkan ada yang membawa persiapan makanan, termos air.
Dan disaat seperti itulah mereka mulai berkomunikasi bahkan kepada orang yang tidak dikenal pun mereka tetap menyapa seperti sudah kenal akrab. Hal seperti inilah yang membuat hati saya tersentuh. (Berbeda dengan kehidupan di Kota. Terkadang bersebalahan pun jarang sekali menyapa, entah pura pura tidak tahu atau bahkan disengaja.
Semua kembali kepada masing masing setiap individu). Selain itu, sepulang dari lading terkadang mereka membawa hasil tanaman seperti sayuran dan buahan buahan. Yang menariknya lagi disini masih ada system “Barter”. Dan sampai saat ini pun masih terjadi. Saya pun tertarik karena  Nenek saya pun sering melakukannya dan saya melihat kejadian seperti itu banyak terjadi didesa itu, terutama ditempat tinggal saya.
Adapun sayuran atau buah buahan yang ditukar biasanya yaitu Labu, terong, cabai, kacang kacangan. Dan ada juga yang langsung menjualnya kepasar dengan harga yang bisa dibilang murah. Yang terpenting bagi mereka, bisa makan untuk hari ini saja sudah cukup. Disini saya juga terkadang ingin membantu mereka dalam hal memasarkan prooduk. Dan saya berniat ketika saya sukses nanti saya bisa membantu orang-orang seperti mereka. Maka dari itu saya mengambil kuliah jurusan Ilmu dan Teknologi pangan.

Kuliner di Desa Cibingbin, Kabupaten Kuningan


Selanjutnya kita beranjak ke kuliner yang ada disana. Banyak sekali beberapa makanan/jajanan yang sangat popular dan digemari warga disana. Berikut akan saya jelaskan satu persatu :
Karaca

Karaca (Sejenis keong atau yang dikenal dengan Tutut ), yang menarik disini mungkin dari segi kuahnya yang sangat menggoda dan cara pengolahan nya yang membuat Karaca tersebut tidak berbau amis. Rasanya dijamin tidak mengecewakan. Karena menurut saya masakan tradisional itu kaya akan rasa. Apalagi yang masaknya sesepuh sesepuh disana.

Lotek
Lotek mungkin tidak jauh berbeda dengan Pecel, tetapi disini ditambahkan dengan kerupuk merah. Ini merupakan jajanan favorit saya sampai saat ini, dan jika saya pulang kampong makanan ini adalah makanan pertama yang saya beli.

Rujak Kangkung
Rujak Kangkung mungkin tidak jauh berbeda dengan rujak kangkung yang lainnya, yang membedakan disini adalah ia memakai sambel terasi dan biasanya kebanyakan menggunakan cabai rawit hijau dan merah. Sehingga sambalnya berwarna hijau gelap. Tapi dari segi rasa tidak diragukan lagi.

Dorokdok
Ini adalah sejenis kerupuk khas desa Cibingbin dan biasanya dijadikan sebagai buah tangan apabila telah mengunjunginya. Dari bentuknya itu seukuran ibu jari dan berwarna warni (ada hijau dan merah). Dorokdok ini biasanaya disantap dengan sambal atau bahkan sebagai pendamping Lotek atau Rujak Kangkung.

Opak Geol
Opak Geol dari namanya sudah unik. Opak ini mungkin tidak jauh berbeda dengan jenis kerupuk lainnya. Opak geol terbuat dari tepung aci. Dan uniknya lagi opak ini tidak digoreng ataupun disangrai dengan pasir. Akan tetapi, opak ini di masak dengan cara di taruh diatas arang dan seperti di asap. Unik bukan ??

Peuyeum/peyem, (Tape ketan berbungkus daun Jambu Air)
Ini juga merupakan makanan yang banyak diincar untuk dijadikan buah tangan. Biasanya Peuyeum ini dikemas dalam toples atau ember kecil. Harganya kisaran 100 ribu/ember.

Papais
Makanan ini biasanya ada pada saat acara acara tertentu seperti pernikahan, selamatan, kelahiran, dll. Papais ini terbuat dari tepung beras dan isinya ada yang berupa unti kelapa dan pisang. Biasanya didesa ini semua kue-kue hantaran yang dibungkus dengan daun pisang itu disebut papais, tidak bergantung apapun isian didalamnya.

Sorabi
 
Mungkin kebanyakan orang tau serabi itu baru baru ini saja setelah banyak serabi yang beredar dengan berbagai macam rasa. Tetapi Sorabi ini adalah sorabi asin yang disajikan dengan gorengan. Gorengan ini terbuat dari tepung yang didisi dengan capuran dage (berupa kedelai, seperti tempe tapi ia lebih lembut dan warna kecoklatan).lalu digoreng.
Bubur
Tidak jauh beda dengan bubur sumsum tetapi bubur ini berwarna hijau pekat dan biasanya da pada saat bulan puasa Ramadhan.

Sangu Lengko (Dalam bahasa sunda)
Bukan hanya dijogja saja yang terkenal dengan nasi kucing, nasi uduk satau nasi yang lainnya. Di Cibingbin juga ada yang namanya Sangu Lengko. Sangu lengko ini harganya sangat terjangkau. Saya juga biasa sarapan dengan nasi ini. Isinya ada tempe oreg, mie bihun yang berwarna biru, sambal kerupuk, bawang goring da nada tumis tahu dan kentang yang ditambah dengan kecap. Harganya sangat terjangkau yaitu Rp.1500. tapi sekarang ini sudah naik kisaran 4-5 ribu.

Kebudayaan di Desa Cibingbin, Kabupaten Kuningan


Selanjutnya dari kebudayaan, biasanya pada saat acara tertentu seperti pernikahan, khitanan ada salah satu hiburan yang popular seperti tarian jaipong, dan yang terkenal dan digemari anak-anak yaitu Buroh. Buroh ini mungkin diibaratkan seperti Ondel-ondel. Tetapi yang membedakan buroh ini berparas cantik dan tidak menyeramkan. Maka dari itu anak-anak pun senang sekali apabila da hiburan semacam ini. Dan biasanya buroh ini berkeliling kampong. Selain buroh ada juga Sisingaan. Sisingaan ini juga bisa dibilamg satu paket dengan buroh. Biasanya anak yang sudah dikhitan naik diatas sisingaan dan di arak keliling kampong sambil diiringi music khas daerah sunda.

Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya. Mungkin sebenarnya banyak sekali keunikan yang ada diluar pengetahuan saya. Apabila ada kesempatan saya akan menuliskan hal hal menarik lainnya seputar Indonesia. Terima kasih atas perhatiannya. Salam dari saya. Dan saya berpesan agar kita menghormati budaya atau bahkan kita harus melestarikan kebudayaan tersebut. Kitalah yang akan meneruskan bangsa ini, kalau kita tidak tahu dengan kebudayaan kita sendiri, siapa yang akan melestarikannya apakah orang lain, atau bahkan bangsa lain yang. Jangan sampai kita sekrang mengabaiakan kebudayaan kita, dan ketika ada Negara lain yang mengambil atau mengklaim kebudayaan kita baru kita tersadar, marah ataupun kesal. Mulai sekarang Jaga dan Lestarikan Budaya Kita.
Adapun tulisan dalam hal ini dibuat oleh Monika yan sekarang menjadi mahasiswa di salah satu PTS di Jakarta dengan jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan. Pada awalnya ia menuliskan hal ini untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan hobi saya dalam menulis. Tiba tiba terlintas dipikiran Monika “kenapa saya tidak mengikuti lomba esai ataupun yang lain yang berkaitan dengan tulisan”. Setelah itu saya bergegas untuk Browsing untuk mengetahui barangkali ada lomba tentang karya tulis. Dan ternyata mungkin ini awal dari semuanya, karna dari dulu saya sudah sering mengikuti lomba semacam ini, akan tetapi saya belum pernah menang. Dan semoga ini menjadi rezeki Monika.
Judul asli dalam artikel Fakta Desa Cibingbin [Kuningan] Provinsi Jawa Barat yang Harus Kamu Baca! Ini adalah “Berlian dari Cibingbin”. Semoga dapat memberi wawasan dan juga pengetahuan bagi pembaca yang berada di "Kabupaten Kuningan, Jawa Barat”, Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Kabupaten Mojokerto [Jawa Timur] dan Fakta yang Harus Kamu Baca!
  2. Pandanan, Surga Wisata Budaya Sarat Makna Tersembunyi di Klaten, Jawa Tengah
  3. Keren!. Rumah Pohon Lestari Wisata Alam di Desa Widhe [Brondong-Lamongan]
  4. [Gunung Lawu] dan Pesona Grojogan Sewu, yang Harus Kamu Kunjungi.

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Fakta Desa Cibingbin [Kuningan] Provinsi Jawa Barat yang Harus Kamu Baca!."