Kabupaten Konawe [Sulawesi Tenggara] dan Fakta Yang Wajib Kamu Baca!

Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Tumbuh di Kabupaten yang tidak kau kenali sebelumnya merupakan hal yang sangat menarik, inilah Kabupaten aku berasal, Kabupaten Konawe. Konawe merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kabupaten ini memiliki banyak potensi yang tidak kalah bersaing dengan Kabupaten lainnya kekuatan budaya yang kental serta panorama alamnya yang indah menjadi salah satu alasan kenapa orang akan susah move on dari kabupaten ini.
 

Fakta Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara


Berikut sejumlah faktanya;
 

Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara Dikelilingi Pegunungan


Sebagian besar potensi keindahan alam yang dijanjikan di kabupaten ini adalah suasana pegunungan dengan hamparan hutan luas disuguhi suasan yang sejuk setiap harinya , bagimana tidak kabupaten ini berada tepat ditengah-tengah pulau Sulawesi dan kabupaten kami sebagai daerah penghubungnya.
 

Suku Tolaki Adalah Suku Asli Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara


Suku tolaki diketahui telah lama menempati kabupaten ini sebelumnya, maka tak heran suku penduduk asli di kabupaten ini adalah Tolaki, namun karena adanya transmigrasi dan asmilasi budaya kini penduduknya pun kabupaten ini didiami beberapa suku lainnya seperti berasal dari suku bugis, jawa, dan bali.
 

Ciri Khas Suku Tolaki di Konawe, Sulawesi Tenggara


Penduduk suku asli tolaki tak jarang dikenali dengan ciri khas tertentu yakni dengan perawakan rambut hitam, postur badan tinggi, mata sipit, dan kulit putih. Tak heran beberapa orang terkadang menyebut suku tolaki ini adalah keturunan orang jepang yang terdampar di Indonesia, karena ditambah lagi dengan bahasa daerah serta dialek kedaerahan yang pelafalannya mirip dengan beberapa bahasa jepang. Mirip bahasa Jepang karena penyebutan bahasa daerah yang cukup cepat, tegas, dan konsonan yang terbatas.
 
Konon kulit putih penduduk asli suku tolaki berasal dari kebiasaan masyarakatnya untuk mengkonsumsi sagu. Ya sagu juga merupakan salah satu komoditas utama dari daerah ini, banyak olahan yang dapat dibuat dari sagu ini salah satunya adalah masakan “sinonggi”. Sinnggi merupakan salah satu makanan yang wajib kalian coba ketika berkunjung ke daerah ini, hampir mirip dengan makanan “Kapurung” yang berasal dari Sulawesi selatan.
 

Maknan Sinonggi di Konawe, Sulawesi Tenggara


Namun Sinonggi kami memiliki penyajian yang cukup berbeda dimana masing-masing isian disajikan berbeda-beda, dan yang unik adalah sinonggi ini harus dimakan menggunakan tangan tanpa sendok, kuahnya harus diseruput langsung dari wadahnya. Kebiasaan ketika makan”sinonggi” dikabupaten ini adalah sinonggi harus dimankan berame-rame agar dapat mempererat tali persaudaraan diantara penduduk. Tidak Cuma sinonggi adan sinole, dan tawaro penganan dari sagu juga yang layak untuk dicoba Keramahan penduduk menjadi daya tarik sendiri yang membuat  Konawe sangat nyaman sebagai kabupaten untuk “Pulang”.
 
Demikinalah tulisan mengenai Kabupaten Konawe [Sulawesi Tenggara] dan Fakta Yang Wajib Kamu Baca!. Adpaun judul asli dalam tulisan ini adalah “Kebudayaan yang Ramah” yang ditulis oleh M. Rekar Sudirman, sebagi masyarakat asli “Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara”. Trimakasih, semoga dengan hadirnya tulisan ini dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan. Baca juga tulisan lainnya;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kabupaten Konawe [Sulawesi Tenggara] dan Fakta Yang Wajib Kamu Baca!"

Posting Komentar