Desa Hargomulyo, Kec. Sekampung [Lampung Timur], dan 18 Fakta yang Harus Kamu Baca!

Desa Hargomulyo, Kecamatan Sekampung, Kabupaten Lampung  Timur


FaktaDaerah.Com-Hargomulyo Sekampung Lampung Timur adalah desa yang sudah bisa di katakan maju. Desa Hargomulyo merupakan desa dengan kecamatanya adalah Sekampung Kabupaten Lampung timur. Desa Hargomulyo berada di ujung perbatasan dengan Daerah Sukadana.

Alamat Desa Hargomulyo

Untuk alamatnya sendiri Desa Hargomulyo, terletak dinatara perbatasan Kecamatan Sukada. Namun jikalau dilalaui dari Sekampung, Desa Hargomulto setelah penjalan melewati Jembatan Serong atau dalam masyarakat disana dikenal dengan Jembat Serong. 

Ada beberapa fakta yang perlu kalian ketahui tentang Desa Hargomulyo Sekampung Lampung  Timur;

Fakta Desa Hargomulyo, Kecamatan Sekampung
 
  1. Desa Hargomulyo adalah desa yang rata-rata penduduknya bekerja membuat batu bata, jadi hidup mereka dan cara mereka mencari nafkah kebanyakan sebagai pembuat batu bata. Ada beberapa yang bekerja lain memang tapi rata-rata di daerah situ memang memproduksi batu bata. Ada juga yang sampai di depan halaman rumah mereka, di jadikan untuk membuat batu bata. Di cetak di situ di depan halaman itu, apalagi jika halaman rumah nya luas pasti malah di tarok tempat buat bakar bata juga di depan situ. Jadi wrga di situ memanfaat kan lahan yang kosong ditempat dimana dia tinggal itu.
  2. Pemuda yang ada di daerah desa hargomulyo terbilang  sangat kompak dalam berbagai macam kegiatan yang ada di desa hargomulyo ini. Mereka bergotong royong saling membantu satu sama lain. Misalnya ada kegiatan kerja bakti di lingkungan sekitar mereka berbondong – bondong saling membantu membersihkan lingkungan. Mereka juga sering kali mengadakan kumpul bersama di tempat- tempat tertentu untuk menjalin ke akraban antara satu dengan yang lainnya.  
  3. Desa hargomulyo terbgai menjadi beberapa kompleks lagi di antaranya yaitu ada hargomuyo 66a, hargomulyo 66b, hargomulyo 66c dan ada juga hargomulyo 66p. Untuk mempermudah kita dalam mencari daerah agar tidak kesasar dan untuk mempermudah kita menilai daerah satu dengan yang lainnya.  
  4. Untuk fakta selanjutnya itu adalah biasanya desa hargomulyo setiap tahunnya selalu merayakan hari ulang tahun desa dengan semeriah mungkin, dan melakukan berbagai macam kegiatan yang positif tentunya, dan mengikut  sertakan seluruh warga yang berdomisili di hargomulyo untuk mengikutin semua kegiatan agar mereka merasakan desa hargomulyo ini merupakan daerah yang subur dan makmur untuk warganya. 
  5. Desa hargomulyo pernah mengadakan open tournamen bola volly untuk berbagai daerah sampai kurang lebih 17 hari, dan itu sangat membuat warga sekitar sangat antusias menonton bolla voly tersebut. 
  6. Untuk jalan menuju desa ini juga sangat sudah lancar karen sudah di pebaiki dan  sudah tidak rusak lagi. walaupun masih memang ada beberapa jalan yang rawan kecelakaan namun jika berhati-hati, tidak akan terjadi kecelakaan tersebut. 
  7. Desa hargomulyo terbilang desa yang sudah makmur, warnet sudah tidak susah di cari, supermarket banyak di desa ini,  baik menyediakan baju  peralatan sekolah, baju sehari-hari, makanan dan kebutuhan hidup sehari-hari. Di desa ini sudah sangat mudah di temukan. Tanpa harus pergi ke kota. Sehinnga warga di sini juga menjadi nyaman untuk bertempat tinggal di desa hargomulyo ini.
  8. Untuk listirik di daerah ini sudah ada listrik semua dan sudah jarang sekali ada pemadaman listrik, kecuali memang sedang di perbaiki. 
  9. Jaringan  atau sinyal di daerah ini juga sudah sangat mudah di temukan karena tower sudah tersedia di berbagai tempat. Sehingga kita tidah perlu pergi dari daerah satu ke daerah yang lain hanya untuk mencari sinyal.  
  10. Desa Hargomulyo juga tersedia banyak sawah –sawah di sana, biasanya di gunakan untuk menanam padi, sayuran dan buah-buahan. 
  11. Disana juga terdapat ladang, yang sangat luas. Ladang tersebut biasanya di gunakan untuk menanam bengkoang, menanam kacang-kacangan, singkong, dan masih banyak taneman lainnya. Hal ini bisa di jadikan sebagai jalan rezeki warga yang ada di desa hargomulyo ini. 
  12. Di desa hargomulyo juga ada yang membuat gula aren. Jadi setiap harinya warga ada yang naik di atas pohon untuk mengambil air aren tersebut setiapnpagi atau sore hari. Kemudian air tersebut di masaak dan di aduk aduk terus sampai berjam-jam sampai air mengental dan berubah warna dan baru di bentuk dan hasilnya akan menjadi gula. 
  13. Di desa hargomulyo untuk pemudanya sendiri terus mengembangkan sholawat atau berjanji, melestarikan kebudayaan di masa dulu. Yang masih terjaga samapi saat ini.  Setiap bulan-bulan tertentu pasti pemuda hargomulyo mengadakan sholawat bersam di desa nya, hal ini bertujuan untuk meningkatkan ke akraban satu dengan yang lainnya dan untuk melestarikan kebudayaan agar tidak punah dan terus berkembang.  
  14. Selain itu desa hargomulyo juga adalah desa yang sangat bagus, desa tersebut bisa tersusun dengan rapih dan bagus karena di sana mulai di bangun selokan yang ukurannya lumayan dalam sehingga memungkinkan air yang ada di dalamnya tidak adan sampai luber ke atas dan mengakibatkan jalan menjadi kebanjiran. 
  15. Jalan-jalan yang ada di daerah hargomulyo juga sudah mulai di perbaiki  dan derah yang utuk jalan masukl kedalam juga sudah mulai di perbaiki dengan biasanya kita menyebutnya jalan underlah dengan begitu pada saat hujan tiba. Jalan yang untuk akses masuk ke dalam saat kita lewat jalan tersebut tidak lagi susah di lewati. 
  16. Di Daerah Kecamatan Sekampung, khususnya adalah Desa Hargomulyo sering sekali mengadakan gotong royong, entah itu untuk membangun rumah, untuk membersihkan lingkungan, untuk membangun masjid, ataupun untuk hal-hal yang lainnya selagi masih bisa cepat di kerjakan bersama-sama. Sehingga orang tidak merasa bahwa dia itu sendiri tanpa ada tetangga di dekat rumahnya. 
  17. Desa Hargomulyo kecamatan sekampung kabupaten lampung timur ini banyak orang yang memelihara ayam, kambing dan sapi. Karena menurut mereka hewan itu adalah aset yang dapat membuat uang yang mereka punya dapat berlipat ganda. Jadi saat hewan yang mereka pelihara tersebut. Secara otomatis jika di pelihara dengan benar pasti akan tumbuh dan terus berkembang samapai dewasa. Dan jika di jual pasti harganya akan jauh lebih mahal dari yang di beli tadi. Sehingga banyak warga desa hargomulyo lebih memilih memelihara hewan.ak kecil agar tidak menyebar kemana-mana. 
  18. Di desa hargomulyo biasanya setiap beberapa minggu sekali selalu mengadakan posyandu untuk anak usia dini. Karena mereka tahu bahwa kesehatan amat sangat lah penting dan agar virus yang menyebar yang menyerang a
Itulah tadi tulisan mengenai Desa Hargomulyo, Kec. Sekampung [Lampung  Timur], dan 18 Fakta yang Harus Kamu Baca!. Desa yang mempunyai beragam macam tananaman, dan desa yang mempunyai tanah yang subur dan desa yang terbilang bisa di katakan daerah yang maju dan makmur adalah Desa Hargomulyo ,Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur ini. Adapun penulis artikel ini adalah Titin Faida.

Jika ada yang ingin menambahkan atau berkomentar dengan apa yang saya tulis di sini atas kesalahan atau pun kekurangan dalam saya menulis artikel ini silahkan dapat berkomentar di dalam kolom komentar di bawah ini. Terimakasih. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Desa Hargomulyo, Kec. Sekampung [Lampung Timur], dan 18 Fakta yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar