4+ Batas Wilayah Provinsi Banten

Batas Wilayah Banten

Jika batas wilayah Lampung merupakan ujung selatan Pulau Sumatera, maka Banten merupakan ujung barat Pulau Jawa. Jika ingin berkunjung ke Jakarta dari Sumatera menuju Jawa melalui jalur darat, maka provinsi ini adalah pintu gerbangnya.

Ulasan berikut akan membahas mengenai sekilas tentang fakta Provinsi Banten, termasuk batas wilayah Provinsi Banten.

Provinsi Banten


Mulanya Banten merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat, hingga kemudian dimekarkan menjadi provinsi tersendiri pada tahun 2000. Provinsi ini memiliki luas wilayah total sebesar 9.160,70 km2. Selat Sunda yang menghubungkan Jawa-Sumatera bukan hanya dilalui oleh kapal tujuan lokal, melainkan juga tujuan ke mancanegara, seperti Australia dan Selandia Baru.

Banten memiliki topografi wilayah mulai dari wilayah datar, bergelombang, hingga curam. Dua kota di provinsi ini, yakni Tangerang dan Tangerang Selatan merupakan daerah yang turut menyangga perekonomian warga Jakarta. Terdapat cukup banyak pabrik besar di provinsi ini, seperti salah satu BUMN PT Krakatau Steel, Tbk.

Jika ke Banten, cobalah untuk berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon yang merupakan tempat tinggal badak bercula satu. Taman ini merupakan salah satu lokasi konservasi alam dan sudah dinyatakan sebagai situs cagar alam warisan dunia oleh UNESCO. Selain itu, beragam wisata menarik juga bisa dikunjungi, seperti Masjid Agung Banten, Gunung Karang, Pulau Burung, Pulau Umang, dan Pantai Tanjung Lesung.

Banten juga memiliki beragam makanan khas yang bisa dicicipi saat berkunjung ke sini, seperti angeun lada, rabeg, dan sate bandeng. Masih ada juga kuliner lezat lain, seperti sambel burog, pecak bandeng, gecom, balok menes, dan laksa tangerang. Sebagai oleh-oleh, peyem adalah oleh-oleh khas Banten yang sangat mudah ditemukan di sana.

Batas Wilayah Banten


Provinsi Banten berbatasan langsung dengan Selat Sunda. Tabel di bawah menunjukkan batas wilayah Banten selengkapnya.

Barat
Selat Sunda
Timur
Jawa Barat dan DKI Jakarta
Utara
Laut Jawa
Selatan
Samudera Indonesia

Wilayah Banten


Wilayah Banten memiliki pusat pemerintahan di Kota Serang. Provinsi ini memiliki empat kabupaten dan empat kota. Kabupaten yang terdapat di Banten, antara lain Lebak, Pandeglang, Serang, dan Kabupaten Tangerang.

Sedangkan kota yang terdapat di sini, antara lain Kota Tangerang, Tangerang Selatan, Serang, dan Cilegon. Jadi sekarang sudah jelas bukan mengenai batas wilayah Provinsi Banten?.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Provinsi Banten"

Posting Komentar