4+ Batas Wilayah Benua Australia

Batas Wilayah Australia

Benua yang bertetangga dengan negara Indonesia ini memiliki luas paling yang paling kecil dibandingkan benua lainnya. Benua Australia memiliki luas wilayah 8.945.000 Km2 dengan populasi penduduk sekitar 38 juta jiwa.

Dengan jumlah penduduk dan terdiri dari berbagai negara, Benua Australia memiliki sejumlah batasan wilayah. Apa saja yang termasuk dalam batas wilayah Benua Australia? yuk, simak informasi lebih jelasnya di bawah ini.

Benua Australia


Australia terletak di belahan bumi bagian selatan dan termasuk dalam kawasan Oseania. Sama halnya dengan benua lain, Benua Australia memiliki kenampakan alam berupa pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, sungai dan lainnya. Pegunungan di Benua Australia, meliputi Pegunungan Pemisah Besar (Queensland, New South Wales, Victoria), Pegunungan Macdonnell (Teritorial Utara), Pegunungan Biru (New South Wales), dan lainnya.

Untuk dataran rendah di benua ini, seperti Basin Carpentaria (Queensland), Basin Murray-Darling (News South Wales), Basin Eyre (Australia Selatan), serta Dataran Nullarbor (Australia Barat dan Selatan). Selain itu, Benua Australia juga memiliki sejumlah gurun, diantaranya adalah Gurun Simpson, Gurun Gibson, Gurun Great Sandy, dan Gurun Great Victoria.

Secara topografi, wilayah di Benua Australia terbagi menjadi 6 bagian, antara lain:

  1. Dataran rendah di bagian timur dan tengah Australia
  2. Dataran rendah pantai timur
  3. Dataran rendah pantai barat
  4. Plato dan gurun di Australia barat,
  5. Rentetan pegunungan “Great Dividing Range” di Australia bagian timur


Batas Wilayah Benua Australia


Berikut ini daftar batas wilayah Benua Australia, antara lain:

Utara
Berbatasan dengan Indonesia, Papua Nugini, laut Arafuru, dan Timor Leste.
Selatan
Berbatasan dengan Samudra Hindia dan Laut Timor.
Timur
Berbatasan langsung dengan Samudra Pasifik, Laut Tasman, Laut Koral, serta Selandia Baru.
Barat
Australia bagian barat berbatasan langsung dengan Laut Timor dan Samudra Hindia.

Wilayah Benua Australia

Benua Australia dibagi menjadi enam negara bagian dan dua wilayah, yaitu Australian Capital Territory, New South Wales, Teritorial Utara, Queensland, South Australia, Tasmania, Victoria, dan Western Australia.

Benua Australia juga disebut sebagai benua hijau karena spesies sebagian besar hutan-hutan di benua ini adalah hijau, seperti eukaliptus dan akasia. 

Meskipun menempati urutan benua terkecil, sebagai negara, Australia menduduki posisi keenam negara terbesar di dunia. Nah, itulah informasi tentang batas wilayah Benua Australia. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Benua Australia"

Posting Komentar