4+ Batas Wilayah Benua Amerika

Batas Wilayah Amerika

Benua Amerika merupakan salah satu dari benua yang ada di dunia dan menempati urutan benua terbesar kedua setelah Asia. Di benua ini, terdapat banyak sekali jumlah penduduk yang mendiami negara dan pulau di Benua Amerika. Untuk mengetahui lebih jelas tentang Benua Amerika serta batas wilayah Benua Amerika, berikut informasi selengkapnya.

Benua Amerika


Nama Benua Amerika sendiri diambil dari nama seorang penjelajah yang pernah melakukan ekspedisi hinga ke Amerika pada 1501 – 1503, bernama Amerigo Vespucci. Namun, sebelumnya Christoporus Columbus telah lebih dahulu mendatangi benua ini sehingga namanya diabadikan menjadi nama negara di Benua Amerika.

Benua Amerika memiliki kenampakan alam beragam, seperti daratan rendah, daratan tinggi, pegunungan, dan sungai.

Untuk wilayah bagian Amerika Utara, sebagian besar terdiri dari pegunungan dan puncak tertinggi adalah Gunung Aconcagua dengan ketinggian 6960 mdpl dan termasuk puncak tertinggi di Benua Amerika.

Selain pegunungan, ada beberapa sungai di Benua Amerika, seperti sungai Missisipi, Missouri, Ohio, Parana, Rio Grande, Colorado, dan Amazon. Sungai Amazon berada di Brazil, Amerika Selatan dan merupakan sungai terluas di dunia.Di bagian utara Benua Amerika, merupakan dataran rendah yang terdapat pulau-pulau Canadian Shield. Sedangkan bagian timur benua ini dibatasi oleh sungai St. Lawrence.

Batas Wilayah Benua Amerika


Di bawah ini daftar batas wilayah Benua Amerika, antara lain:

Utara
Berbatasan langsung dengan SamudraArktik.
Selatan
Berbatasan langsung dengan Samudra Pasifik.
Timur
Berbatasan dengan Samudra Atlantik.
Barat
Berbatasan langsung dengan Samudra Pasifik dan Selat Bering.





Wilayah Benua Amerika


Luas wilayah Benua Amerika sekitar 42.292.000 Km² yang membujur dari arah selatan dan membentuk dua daratan yang dinamakan Amerika Selatan dan Amerika Utara.Umumnya, Benua Amerika dibagi menjadi 3 wilayah, meliputi Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah termasuk juga wilayah Karibia dan pulau-pulau di sekitarnya, serta Greenland (yang bukan Islandia).

Benua Amerika dan Benua Asia terhubung oleh beberapa pulau yang bernama Kepulauan Aleut. Sedangkan, bagian tengah Benua Amerika dipisahkan oleh Laut Karibia.

Apakah sebelumnya pernah mengunjungi Benua Amerika? Semoga informasi mengenai batas wilayah Benua Amerika di atasdapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Benua Amerika"

Posting Komentar