4+ Batas Wilayah Benua Asia


Asia merupakan benua terbesar di dunia dimana Indonesia menjadi salah satu negara di benua ini. Untuk mengetahui informasi mengenai wilayah dan batas wilayah Benua Asia, berikut ulasannya.

Benua Asia


Benua Asia wilayah daratannya menyatu dengan Benua Eropa, sehingga benua raksasa ini lebih sering disebut dengan Eurasia. Sebagai pembatasnya, ada beberapa bentang alam seperti Pegunungan Kaukasus, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Laut Marmara, Selat Bosporus, dan Selat Dardanella. Selain itu, Afrika juga berbatasan langsung dengan Asia dan hanya dipisahkan oleh Terusan Suez.

Wilayah benua Asia memiliki iklim yang berbeda setiap negaranya. Semakin ke utara, iklim di negara-negara Asia ini semakin dingin. Selain itu, Asia juga merupakan benua yang beberapa negaranya dilalui garis katulistiwa yang beriklim tropis.

Untuk menjalin hubungan persaudaraan antar negara-negara Asia diselenggarakan pesta olahraga Asia yang dikenal dengan nama Asian Games. Pesta lomba olahraga ini diselenggarakan setiap 4 tahun sekali dengan tuan rumah yang harus diseleksi terlebih dahulu.

Batas Wilayah Asia


Berikut ini adalah batas wilayah Benua Asia.

Barat
Berbatasan dengan Benua Eropa, Terusan Suez, Pegunungan Ural, dan Laut Tengah
Timur
Berbatasan dengan Samudera Pasifik dan Benua Amerika
Utara
Berbatasan dengan Samudera Arktik dan Selat Bering
Selatan
Berbatasan dengan Samudera Hindia

Wilayah Asia

Berdasarkan letak geografisnya, Benua Asia dibagi menjadi 5 kawasan, yaitu Asia Tengah, Asia Barat, Asia Timur, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Dari 5 kawasan tersebut terdapat 49 negara dan 5 kawasan lain masih belum diakui sebagai bagian dari Benua Asia.

Asia Tengah terdiri dari negara Rusia, Uzbekistan, Tajikistan, Turkmenistan, Kirgizstan, Kazakstan, Georgia, Armenis, dan Azerbaijan. Kawasan Asia Barat yaitu negara Suriah, Yordania, Lebanon, Irak, Iran, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Irak, Bahrain, Qatar, Oman, Yaman, Kuwait, Israel, dan Palestina.

Kawasan negara Asia Timur meliputi Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Tiongkok, dan Mongolia. Asia Tenggara meliputi Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, Myanmar, dan Timor Leste.

Sedangkan untuk kawasan Asia Selatan meliputi India, Pakistan, Nepal, Bhutan, Bangladesh, Srilangka, Maladewa, dan Afghanistan.

Itulah wilayah dan batas wilayah Benua Asia yang dapat menambah wawasan letak geografi dunia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Benua Asia"

Posting Komentar