4+ Batas Wilayah Afrika Timur

Batas Wilayah Afrika Timur

Afrika Timur adalah wilayah Benua Afrika di sebelah timur yang terdiri dari daratan utama dan beberapa pulau di sekitarnya. Meski sering dilanda bencana kekeringan dan kelaparan, beberapa negara di wilayah ini merupakan negara yang berkembang di bidang ekonomi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai wilayah dan batas wilayah Afrika Timur, berikut informasi selengkapnya.

Afrika Timur


Berada di bagian timur Benua Afrika, kawasan Afrika Timur merupakan daerah kering dan tandus. Selain wilayahnya berada di daratan Afrika, beberapa pulau di timur daratan Afrika juga menjadi bagian dari Afrika Timur.

Negara Mauritius merupakan negara dengan luas wilayah paling kecil di Afrika Timur. Wilayah negara Mauritius merupakan wilayah kepulauan yang berada di Samudera Hindia. Selain Mauritius, negara Madagaskar juga tidak berada di daratan Afrika.

Negara ini berada di sebuah pulau besar di timur Afrika dan memiliki keanekaragaman fauna yang eksotik.

Wilayah terluas di Afrika Timur adalah negara Ethiopia. Negara ini merupakan negara tertua dibandingkan dengan negara lain di Afrika Timur. Hal ini karena Ethiopia merupakan kawasan peradaban manusia pertama di Afrika. Meski begitu, negara ini merupakan salah satu negara yang terjajah di Afrika.

Untuk mendukung hubungan antar negara di Afrika Timur, dibentuklah Komunitas Afrika Timur atau EAC (East African Community). Organisasi ini didirikan ada tahun 1967 dengan anggota negara Kenya, Burundi, Rwanda, Uganda, dan Tanzania. Organisasi yang pernah jatuh di tahun 1977 ini merupakan organisasi antar pemerintah negara dan perdagangan.

Batas Wilayah Afrika Timur


Sebagai informasi, berikut batas wilayah Afrika Timur berdasarkan letak geografisnya.

Barat
Berbatasan dengan Negara Sudan Selatan dan Republik Kongo
Timur
Berbatasan dengan Samudera Hindia
Utara
Berbatasan dengan Negara Sudan
Selatan
Berbatasan dengan Negara Botswana dan Afrika Selatan

Wilayah Afrika Timur

Wilayah Afrika Timur terdiri dari 16 negara yang berada di daratan Afrika dan pulau di sekitarnya. Negara di Afrika Timur meliputi Burundi, Erithrea, Djibouti, Ethiopia, Kenya, Komoro, Madagaskar, Mauritius, Malawi, Mozambik, Rwanda, Seychelles, Somalia, Tanzania, Uganda, dan Zambia.

Itulah wilayah dan batas wilayah Afrika Timur berdasarkan letak geografis. Dengan informasi tersebut semoga bisa membantu batas wilayah dengan Afrika Selatan, Afrika Tengah, dan Afrika Utara.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Afrika Timur"

Posting Komentar