4+ Batas Wilayah Eropa Selatan

Batas Wilayah Eropa Selatan

Eropa Selatan merupakan bagian dari Benua Eropa yang berbatasan dengan Benua Afrika. Kawasan Eropa Selatan terkenal dengan obyek wisata sejarah yang menawarkan gaya arsitektur khas Timur Tengah. Untuk lebih lengkapnya, berikut wilayah dan batas wilayah Eropa Selatan.

Eropa Selatan


Eropa Selatan adalah wilayah dari Benua Eropa yang terletak di Semenanjung Iberia, Balkan, dan Italia. Letak semenanjung ini berada di Laut Mediterania yang menjadi pemisah antara Benua Eropa dengan Benua Afrika.

Di kawasan Eropa Selatan ini sebagian besar merupakan daerah pegunungan Alpen, Pyreness, dan Carpathian. Pegunungan di kawasan ini membentang dari Negara Spanyol hingga ke arah Kaukasus. Selain itu, di wilayah Italia juga masih terdapat Gunung Vesuvius dan Etna yang masih aktif hingga sekarang.

Penduduk di Eropa Selatan merupakan Bangsa Mediteran dengan ciri berambut pirang, mata biru, dan tengkorak yang panjang. Di wilayah ini penduduknya memiliki ragam bahasa dan agama sesuai dengan wilayah yang ditempatinya.

Salah satu keunikan di kawasan Eropa Selatan adalah jenis tumbuhannya yang berbeda dengan kawasan Eropa lainnya. Tanaman seperti pohon zaitun dan cemara tumbuh subur di seluruh wilayah ini karena iklimnya yang lebih hangat dibandingkan dengan wilayah Eropa lainnya.

Wisata di Eropa Selatan juga cukup terkenal di dunia. Tak hanya terkenal dengan panorama kotanya yang indah, wilayah Eropa Selatan juga terkenal karena banyaknya bangunan bersejarah. Selain itu, Vatikan menjadi kota sakral bagi umat kristiani seluruh dunia.

Tak hanya destinasi wisatanya saja yang terkenal di dunia, beberapa kuliner khasnya juga terkenal hingga ke seluruh dunia, seperti pizza dan gelato.

Batas Wilayah Eropa Selatan


Batas wilayah Eropa Selatan secara letak geografis adalah sebagai berikut.

Barat
Berbatasan dengan Samudera Atlantik
Timur
Berbatasan dengan Negara Hongaria, Romania, dan Bulgaria
Utara
Berbatasan dengan Negara Jerman, Austria, dan Perancis
Selatan
Berbatasan dengan Laut Mediterania dan Selat Gibraltar

Wilayah Eropa Selatan


Berdasarkan letaknya, Eropa Selatan terdiri dari 9 negara. Negara yang ada di Eropa Selatan adalah Andorra, Gibraltar, Italia, Malta, Portugal, San Marino, Spanyol, Vatikan, dan Yunani.

Dilihat dari letak geografis, itulah batas wilayah Eropa Selatan. Semoga dapat menambah wawasan tentang Benua Eropa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Eropa Selatan"

Posting Komentar