4+ Wilayah Indonesia Bagian Barat Terbaru dan Terlengkap

Wilayah Indonesia Bagian Barat


Bentuk permukaan bumi di Indonesia secara garis besarnya dikelompokkan menjadi tiga bagian. Yakni Indonesia Bagian Barat, Indonesia Bagian Tengah, dan Indonesia Bagian Timur. Wilayah ini kemudian menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan kemerdekaan Indonesia. Pasalnya pengelompokan wilayah Indonesia ini dalam catatan sejarah baru di sahkan oleh Pemerintah pada tanggal 1 Januari 1988. Sebelum itu Indonesia pernah juga pernah menerapkan pengelompokan yang wilayah yang dibentuk oleh Penjejah (Jepang).

Wilayah Indonesia Bagian Barat


Secara singkat wilayah Indonesia Bagian Barat, yang ada di Indonesia sebagai berikut;

Wilayah Indonesia Bagian adalah Dangkalan Sunda, yang wilayahnya meliputi Pulau Sumatra, di Pulau ini terdapat beberapa provinsi, yakni Aceh, Sumatra Utara, Riau, Kepulauan Riau, Wilayah Jambi, Lampung, Sumatra Selatan, dan Sumatra Barat, dan wilayah lainnya

Wilayah Indonesia bagian barat termasuk adalah Pulau Jawa, sebagai salah satu Pulau Terpadat di Indonesia. Pulau Jawa ini di dalamnya terdapat beberapa Provinsi dan Pulau, misalnya saja adalah Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogjakarta, Banetn, Jakarta, Kepulauan Seribu, dan lain sebagainya.

Pulau Kalimantan

Wilayah Indonesia Bagian Barat selanjutnya adalah wilayah Pulau Kaliamantan beserta lautnya, wilayah ini meliputi Provinsi Kaliamantan Barat, Provinsi Kaliamntan Tengah, dan daerah lain. Umumnya wilayah yang ada di Indonesia Bagian Barat ini juga disebut sebagai wilayah yang paling maju dalam segi pembangunan.

Wilayah Selat Sunda

Wilayah Indonesia Bagian Barat selanjutnya, adalah wilayah yang berada di selat sunda. Selat sunda ini adalah sebuah selat yang menghubungkan antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatra. Dalam selat sunda ada dua pelabuhan, yakni Pelabuhan Merak dan Bakhauni. Bahkan dalam perjalanannya wilayah Selat Sunda juga pernah akan dibagun Jembatan Selan Sunda. Meskipun Jembatan tersebut gagal dilakukan pembangunan karena adanya pemerataan pembagunan di daerah Indonesia yang tertinggal.

Demikianlah info mengenai Wilayah Indonesia Bagian Barat. Semoga informasi ini dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagia kalian yang masik merasa bingung jika ada pertanyaan “Sebutkan Wilayah Indonesia Bagian Barat?”. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Wilayah Indonesia Bagian Barat Terbaru dan Terlengkap"

Posting Komentar