15+ Kabupaten Terkaya di Jawa Timur Terbaru dan Terlengkap

Kabupaten Terkaya di Jawa Timur


Jawa Timur menjadi provinsi terluas ke-2 di Pulau Jawa setelah Jawa Barat. Jawa Timur ini memiliki berbagai wisata serta kekayaan alam yang luas biasanya. Salah satu yang diunggulkan Provinsi Jawa Timur menjadi daerah penghasil Minyak Bumi, Aspal, dan berabagai sumber daya alam lainnya. Oleh karena itulah pada tulisan ini akan menjelaskan tentang kabupaten-kabupaten terkaya di Jawa Timur.

Kabupaten Terkaya Di Jawa Timur


Beberap kabupaten terkaya di Jawa Timur, dianatrnya adalah sebagai berikut;

Kabupatean/Kota Surabaya

Wilayah terkaya di Jawa Timur tentusaja adalah Kota Surabaya, yang memiliki berbagai tempat wisata, pusat pendidikan, dan juga menjadi sentral pemerintahan Provinsi Jawa Timur. Adapaun pendapatan Kota Surabaya 142,596 Jt/Kapita. Bahkan pendapatan ini menjadi pendapatan tertinggi ke-5 seluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia

Kabupaten Kediri

Wilayah kedua yang menjadi kabupaten terkaya di Jawa Timur adalah Kabupaten Kediri, hasil ini berdasarkan pada pedapatan per kapita masyarakatnya yang berada di urutan ke-2 setelah Kota Surabaya. Kediri memilikisejumlah kekayaan berupa industri rokok, atau lembaga pendidikan yang sangat terkenal di Indonesia yakni “Kampung Inggris” dengan alamat di Desa Tulung Rejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri.

Kota Malang

Setelah dua wilayah yang menjadi daerah terkaya di Indonesia, untuk selanjutnya adalah Kota Malang. Dimana Kota Malang ini menjadi wilayah perkotaan terbesar ke-2 di Jawa Timur. Di Malang selaian memiliki tepat wisata yang indah, pusat perbelanjaan, juga memiliki kualitas pendidikan yang terkenal. Seperati contohnya adalah UIN Malang, Univeritas Brawijaya, UMM, dan pendidikan lainnya.

Kabupaten Madiun

Urutan selanjutnya yang menjadi daerah terkaya di Jawa Timur adalah Kabupaten Madiun, kabupaten ini selain memiliki perguruan pencak silat terbanyak di Indonesia ternyata pendapatan perkapitanya cukup tingg, yakni data tebaru adalah 58,239 Jt/Kapita. Hasil pendapatan yang diperoleh Pemerintah Kabupaten Madiun berasal dari indutri kerta api.

Kabupaten Batu

Kabupatn Batu letaknya tidak jauh dengan Malang, kabupatean batu pada faktnya juga menjadi wilayah terkaya di Jawa Timur dengan urutan ke 5. Kabupaten ini memiliki kekayaan yang dihasilkan dari Wisata-wisata yang indah, dan menjadi unggulan di Provinsi Jawa Timur.

Kabupaten Mojokerto

Mojokerto adalah salah satu kabupaten terbesar yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kabupatn Mojokerto menjadi kabupaten terkaya karena berbagai sumber daya alam yang dilikinya.

Kabupaten Probolinggo

Wilayah terkaya selanjutnya yang ada di Provinsi Jawa Timur adalah Kabupaten Probolinggo. Wilayah di Kabupaten ini sangatlah potensial karana memiliki beberapa fakta yang menarik untuk diketahui, selain makanan juga ada banyak wisata alam.

Kabupaten Blitar

Kabupaten terkaya selanjutnya adalah Kabupaten Blitar. Kabupaten yang menjadi tempat kelahiran Presiden Indonesia pertama dan juga tokoh proklamator Indonesia ini memiliki sejumlah sumber daya alam dan juga wisata.

Kabupaten Pasuruan

Wilayah terkaya selanjutnya adalah Kabupaten Pasuruan, wilayah ini menjadi Kabupaten terkaya karena per kapita masyakatnya 3 0,539 juta/Kapita. Wah, jumlah ini bahkan menadikan Pasurun menjadi daerah yang kaya.

Kabupaten Banyuwangi

Banyuwangi menjadi salah satu daerah terkaya di Indonesia, Kabupaten Banyuwangi ini memiliki SDA dan SDM yang memadai sehingga di daerah ini baru-baru ini menglami pertumbuhan yang pesat di bandingkan dengan daerah lainnya.

Kabupaten Gresik

Wilayah terkaya selanjutnya adalah Kabupaten Gresik. Daerah ini memiliki kekayaan yang bisa di andalkan.

Kabupaten Jember

Kabupaten terkaya selanjutnya yang dimiliki oleh Jawa Timur adalah Kabupaten Jember, kabupaten ini bahkan juga memiliki beberapa kampus atau perguruan tinggi terbaik di Provinsi Jawa Timur. Salah satunya adalah UNEJ (Universitas Negari Jember).

Kabupaten Sidoarjo

Kabupaten terkaya selanjutnya, adalah Kabupaten Sidoarjo, meskipun pada fakatnya kabupaten sampai saat ini memiliki masalah Bancana Alam, salah satunya adalah Lumpur Lapindo.

Kabupaten Bojonegoro

Kabupatean terkaya yang terkhir adalah Kabupaten Bojonegoro dengan berbagai SDA dan SDM yang dimilikinya, wilayah Kabupaten Bojonegoro menjadi Kabupaten terkaya ke-15 di Jawa Timur.

Demikianlah tulisan mengenai Kabupaten Terkaya di Jawa Timur. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menjadia wawasan dan sumber pengetahuan bagi segenap pembaca untuk mengetahui daerah-daerah di Jawa, khususnya di JATIM (Jawa Timur). Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15+ Kabupaten Terkaya di Jawa Timur Terbaru dan Terlengkap"

Posting Komentar