12+ Daerah Tujuan Transmigrasi di Indonesia Terbaru

Daerah Tujuan Transmigrasi di Indonesia


Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, selain itu Indonesia juga memiliki jumlah penduduk yang sangat besar (4 besar pendudukan terbanyak di dunia). Meskipun demikian untuk persebaran penduduknya Indonesia masih berpusat di Pulau Jawa dan Sumatra atau Indonesia Bagian Barat. Oleh karenannya pada saat ini bahkan sejak dulu Indonesia melalukan proses transmigrasi dengan tujuan persebaran atau pemerataan penduduk. Adapun untuk daerah tujuan transmigrasi di Indonesia antar lain sebagai berikut.
Baca Juga: 14 Fakta Provinsi Papua Sebagai Tempat Transmigrasi

Daerah Tujuan Transmigrasi


Transmigrasi yang berasal dari istilah Belanda yakni “transmigratie” adalah persebaran penduduk dari wilayah yang pada ke wilayah yang jumlah penduduknya kurang. Misalnya saja untuk kebijakan transmigrasi pertamakali yang dilakukan Indonesia pada saat Orde Baru dengan Presiden Soeharto. Wilayah pertama pada zaman Soeharto yang menjadi tujuan transmigrasi adalah di Provinsi Lampung yang saat menurut data terbaru tidak lagi ada kebiajkan untuk transmigrasi di Provinsi Lampung. Melaikan ke wilayah Indonesia bagian lainnya.

Daerah Tujuan Transmigrasi di Indonesia


Berikut inilah beberapa daerah tujuan transmigrasi yang dilakukan oleh pemerintah pada saat ini, yaitu sebagai berikut;
  1. Provinsi Bangka Belitung
  2. Provinsi Sumatera Selatan
  3. Provinsi Bengkulu
  4. Provinsi Kalimantan Barat
  5. Provinsi Kalimantan Utara
  6. Provinsi Sulawesi Selatan
  7. Provinsi Sulawesi Tengah
  8. Provnsi Sulawesi Tenggara
  9. Provinsi Sulawesi Utara
  10. Provinsi Maluku
  11. Provins Papua
  12. Provinsi Papua Barat

Daerah Tujuan Transmigrasi di Indonesia dinilai memiliki banyak sumber daya alam yang bisa dikelola dengan baik oleh masyarakat. Tujuan yang diinginkan dari adanya proses transmigrasi ini antara lain untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia secara menyeluruh.

Demikianlah tulisan mengenai adanya Daerah Tujuan Transmigrasi di Indonesia. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberikan informasi dan wawasan kepada setiap pembaca yang saat ini sedang mencari seputar “Transmigrasi di Indonesia”. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12+ Daerah Tujuan Transmigrasi di Indonesia Terbaru"

Posting Komentar