Kabupaten Bojonegoro dan 10 [FAKTA] yang Wajib Kamu Baca!

Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur, Indonesia

 

FaktaDaerah.Com- Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam kekayaan baik itu alam maupun kebudayaan. Setiap daerah di Indonesia pasti memilliki potensi dengan keberagaman dan keindahananya. Potensi  tersebut diharapkan oleh masyarakat akan mampu membawa kesejahteraan, begitupula dengan Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur ini, apabila jeli untuk di temukan dan di jaga kelestariannya akan mampu membuat dareah ini menjadi maju, selain itupula Kabupaten Bojonegoro memiliki sejumlah fakta yang harus setidaknya kamu ketahui.
Baca Juga: 9+ [Fakta] Unik Indonesia, No 5 Tidak Banyak Diketahui!

Fakta Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Indonesia


Berikut ini fakta-fakta menarik dan unik dari Kabupaten di Jawa Timur ini; 
 

Jumlah Penduduk dan Luas Wilayah Bojonegoro, Jawa Timur


Bojonegoro menjadi satu di antara daerah lain di Indonesia yang menyimpan  kekayaan dalam keragaman potensi. Sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur yang di resmikan tanggal 20 oktober 1677 dengan luas wilayah 2.384,02 km2 dan total penduduk 1.437.210 jiwa (2015) yang terdiri dari 28 kecamatan, 11 kelurahan dan 420 desa.
 

Bojonegoro Disebut Bumi Angling Dharma yang Memiliki Banyak Tempat Wisata


Sebuah daerah yang di sebut Bumi Angling Dharma ini memilliki objek wisata yang sangat banyak namun belum di ketahui masyarakat luar daerah pada umumnya. Di antaranya berbagai macam wisata air terjun di Bojonegoro yaitu Air Terjun Kedong Maor yang terletak di daerah Kedung Sari, Kecamatan Temayang.
 
Kedua Air Terjun Kedung Peti terletak di desa Ketileng, Kecamatan Malo memiiki ketinggian aliran sungai 30 meter. Ketiga Air Terjun Krondonan terletak  di Desa Krondonan Kecamatan Gondang. Keempat Air Terjun Grojogan Pucang Arum menawarkan keindahan alam yang asri dan panorama yang bagus serta suasana yang sejuk, terletak di Dusun Maor, Desa Clebung, Kecamatan Bubulan.Kelima Air Terjun Clebung Bubulan  dimana kita bisa mandi di bawah guyuran air yang segar menikmati keindahan alam. Kelima Air Terjun Kedung Gupit memiliki curah air yang tidak besar dengan di kelilingi pemandangan asri terletak di Desa Klino, Kecamatan Sekar.
 

Wisata-Wisata di Bumi Angling Dharma [Bojonegoro]


Selain itu Bojonegoro juga memiliki wisata waduk dan bendungan yang bernama Waduk Pacal. Waduk yang diresmikan oleh pemerintah Kolonial Hindia Belanda pada tahun 1933 di jadikan sebagai sumber irigasi warga. Selain melihat keindahan peninggalan Kolonial Hindia Belanda di sini kita juga bisa memancing dan mengolah ikan. Lokasi ini terletak di Desa Kedung Sumber Kecamatan Temayang.
 

Agro Wisata Belimbing Tempat Wisata Buah di Bojonegoro


Berbagai macam wisata penggunungan juga ada di Bojonegoro di antaranya Agro Wisata Belimbing  yang memiliki luas wilayah 20 hektare. Disini bisa menikmati aneka buah segar dan berbagai olahan belimbing.
 

Wisata Selfi Bukit Tono di Bojonegoro


Selanjutnya Wisata Selfi Bukit Tono menawarkan spot foto yang romantis dengan pemandangan bukit yang indah dan masih asri, terletak di Dusun kadung, Desa Sambungrejo Kecamatan Gondang. Terakhir Wisata Negeri Atas Angin berada di ketinggian 650 meter menampakan pemandangan luas yang dengan mudah di tangkap mata disertai sayup angin yang segar membuat kita berasa berada di atas angin.
 

Tempat Wisata Sejarah di Bojonegoro


Selain tempat yang memiliki tempat wisata relaktisitas Bojonegoro juga memiliki tempat wisata yang bersejarah, di antaranya Kayangan Api (Istana Api Abadi), Makam  Wali Kidangan Sukorejo, Makam Buyut Dalem di Karang Pacar, Makam Mbah Malang Negoro di Ngasinan dan Petilasan Angling Dharma. Sedangakan dalam spiritual terdapat bagunan peribadatan yang indah yaitu kelenteng Hok Swie Bio, Masjid Al Birru Pertiwi dan Masjid Agung Darusalam Bojonegoro.
 

Samin Sebuah Suku di Kabupaten Bojonegoro


Bojonegoro memiliki suku yang masih mempertahankan budaya dan adat nenek moyang, suku tersebut di sebut Masyarakat Samin. Mereka adalah figure atau tokoh-tokoh yang berjuang menentang colonial Belanda dengan gerakan Khas yang di sebut Saminisme. Saminisme yang artinya sami-sami amin (bersama-sama) yang di cerminkan dan di landasi kekuatan, kejujuran, kebersamaan dan kesederhanaan.

Adat yang masih di pertahankan selain itu yaitu Tradisi Manganan dimana masyarakat berkumpul di suatu tempat atau daerah yang di sakralkan kemudia mereka makan-makan bersama di sertai dengan seni pertunjukan wayang.
 

Produk Unggulan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur


Produk unggulan Bojonegoro sangat beragam di antaranya Kerajinan Mebel kayu Jati, Kerajinan Bubut Cukit, Batu Onyx dan makanan khas Bojonegoro yaitu Ledre.
 

Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur Memiliki Tambang Minyak


Tambang minyak salah satu bukti akan kekayaan Bumi Angling Dharma. Ladang minyak yang melimpah di Bojonegoro salah satunya adalah Proyek Banyu Urip yang yang di naungi oleh Exxon Mobil Cepu Limited mampu memproduksi sebanyak  154.700 bph (21/7/2016). Kontributor terbesar penyumbangan APBD Bojonegoro hingga naik menjadi 3,58 triliun atau mengalami lonjakan di atas 20 persen.
 

Keramahan Masyarakat Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur


Bojonegoro memiliki masyarakat yang ramah dengan semboyan andalannya “Bojonegoro Matoh”. adanya kekayaan dan potensi tersebut merupakan karunia Tuhan yang harus di jaga dan di lestarikan. Bersinergi bersama membangun desa dengan kearifan lokal adalah kunci terjaganya dan kemajuan suatu daerah.
 
Semua daerah memiliki potensi namun tidak semuanya memiliki kesadaran dan kerja sama yang baik. Bojonegoro membuktikan keguyub rukunnya dengan terus mengelola dan menjaga potensi daerah untuk mewujudkan kesejahteraan yang merata.
 
Demikinalah tulisan mengenai Kabupaten Bojonegoro dan 10 [FAKTA] yang Wajib Kamu Baca! Yang ditulis dengan judul asli “PESONA BUMI ANGLING DHARMA” dengan penulisnya adalah Nur Syamsiyah. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mencari Info Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Trimakasih, jagan lupa baca juga tulisan lainnya;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kabupaten Bojonegoro dan 10 [FAKTA] yang Wajib Kamu Baca!"

Posting Komentar