Tugu Photocopy Atar [Tanah Datar-Sumatra Barat] dan Fakta Unik yang Harus Kamu Baca!

Tugu Photocopy Atar, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat


FaktaDaerah.Com- Tugu photocopy? Mungkin terdengar agak asing di telinga kita. Ya, tugu photocopy yang merupakan kebanggaan warga Minangkabau ini berdiri kokoh di Atar, Padang Gantiang, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Tugu ini merupakan simbol dari kesuksesan warga Nagari Atar ini dalam membuka usaha photocopy.

Letak Tugu Photocopy Atar


Tugu photocopy ini dapat kita lihat dengan jelas dari jalan raya Batusangkar-Sijunjung. Tugu ini dibuat memang menyerupai mesin photocopy yang berbahan bakukan semen.  Pendirian Tugu photocopy ini diprakarsai oleh para pengusaha photocopy dari Atar yang bermukim di tanah rantau. Mereka sebagian besar merupakan pedagang dan pengusaha. Para perantau ini juga membuat Ikatan Warga Atar (IWATAR).

Seperti yang dibahas di atas tadi, perantau Atar tersebar hampir di seluruh Indonesia dan sebagian besar pekerjaan yang mereka geluti adalah sebagai pengusaha jasa photocopy. Salah satu perantau yang merintis usaha photocopy di rantau adalah H. Yuskar yang membuka usahanya di Kota Bandung pada tahun 1974.
 

Sejarah Tugu Photocopy Atar


Usaha photocopy ini dibuka karena warga Atar ingin mencari mata pencaharian, namun kondisi geografis desanya tidak mendukung. Atar merupakan daerah perbukitan, sehingga tidak memungkinkan untuk bertani. Dan akhirnya mereka memilih usaha photocopy sebagai profesinya untuk menghidupi keluarga sehari-hari.
 
Perantau Atar adalah motor terbesar dalam perkembangan dan pembangunan desanya, karena sebagian besar dari mereka tidak segan untuk menyisihkan hartanya demi kemajuan kampung halaman. Selain itu, bila para perantau ini sukses di rantau, mereka akan membawa anak dan kemenakannya untuk dididik dalam usaha photocopy tersebut. Bahkan mereka rela memodali anak kemenakannya sampai sukses di rantau, sehingga bisa berdiri di atas kaki sendiri nantinya. Sehingga dengan cara ini, tidak ada putra Nagari Atar yang menanggur.
 

Tugu Photocopy Atar di Sumatra Barat Simbul Pemersatu


Tugu ini didirikan sebagai lambang dan pemersatu antara perantau Atar yang tersebar di hampir seluruh Indonesia yang membuka usaha photocopy dengan warga di kampung. Dengan dibangunnya tugu ini, diharapkan seluruh masyarakat Atar tidak akan pernah lupa dimana ia lahir dan dibesarkan, bak kacang lupa kulitnya. 

Demikinalah tulisan mengenai salah satu hal yang unik di Indonesia yakni Tugu Photocopy Atar [Tanah Datar-Sumatra Barat]. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menmabah wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Nagari Kajai [Talamau-Pasaman Barat] Provinsi Sumatera Barat dan Fakta yang Harus Kamu Baca!
  2. Danau Tarusan Kamang [Agam-Sumatra Barat] dan Fakta Menajubkan yang Harus Dibaca!
  3. Danau Tarusan Kamang [Agam-Sumatra Barat] dan Fakta Menajubkan yang Harus Dibaca!
  4. Pacu Jawi di Tanah Minang [Sumatra Barat] dan Faktanya!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tugu Photocopy Atar [Tanah Datar-Sumatra Barat] dan Fakta Unik yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar