Kota Sidikalang, Kabupaten Dairi [Sumatra Utara] dan 12 Fakta yang Wajib Kamu Baca!

 

Kota Sidikalang, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatra Utara


FaktaDaerah.Com- Sidikalang adalah ibu kota dari Kabupaten Dairi, meski masih tergolong kota kecil namun Sidikalang bisa dibilang sebagai kota yang memiliki Kapitalisme yang cukup berbeda-beda, untuk itu penulis akan menjelaskan fakta-fakta unik seputar Kota Sidikalang.

Fakta-Fakta Menarik Tentang Kota Sidikalang, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatra Utara


Berikut ini merupakan fakta-fakta unik kota Sidikalang Kabupaten Dairi :
  • Sidikalang dulunya adalah ibukota dari kabupaten yang luas dan kini telah dimekarkan menjadi dua kabupaten yaitu kabupaten Dairi dan kabupaten PakPak Barat.
  • Meskipun sudah merupakan wilayah yang cukup luas, ternyata dulu kabupaten Dairi juga merupakan pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Utara 
  • Luas wilayah Sidikalang Kabupaten Dairi hanyalah sebesar 2,69% dari keseluruhan wilayah Provinsi Sumatera Utara
  • Sidikalang merupakan salah satu daerah penghasil Kopi berkualitas baik di Indonesia. Menurut berita yang pernah saya dengar,bahwa kopi Sidikalang ialah kopi terenak nomor 1 di DUNIA, hebat bukan.
  • Suku ataupun etnis terbesar di Sidikalang sebenarnya adalah suku Pak-pak namun karena keberagaman dan kemajuan hidup, maka sekarang bisa digolongkan penganut suku Pak-pak tinggal 50%, dan Sidikalang juga termasuk kota yang memiliki etnis Tionghoa yang cukup besar.
  • Sidikalang merupakan salah satu kecamatan, dan sekaligus sebagai ibukota kecamatan dan ibukota kabupaten dan terdiri dari 11 kelurahan.
  • Sidikalang seharusnya pantas memiliki julukan sebagai kota KOPI. Luas Keseluruhan Perkebunan kopi Robusta Kab. Dairi adalah 14.117 Ha dengan produksi 6.770,33 ton/tahun sedangkan pertanaman kopi Arabika seluas 5.771,5 Ha dengan produksi 2.639,05 ton/tahun. 
  • Kopi Sidikalang adalah Kopi dengan kualitas Internasional, dikarenakan cita rasa yang enak, kopi ini bersaing dengan kopi dari Brazil, kopi Sidikalang banyak di ekspor ke Korea.
  • Terlepas dari kopi, ternyata Sidikalang juga bisa menghasilkan hasil - hasil tani yang berkualitas, seperti Nilam, Kentang, Terong Belanda, Padi dan masih banyak lagi.
  • Berdasarkan potensi geografisnya strawberry dan apel juga layak dikembangakan di Sidikalang 
  • SMA N 1 Sidikalang termasuk salah satu SMA favorit di Kabupaten dairi dan Sumatera Utara, hal ini dikarenakan selain berstandar nasional SMA ini selalu lulus 100% untuk ujian nasional dan meluluskan 70% alumninya ke PTN favorit di indonesia.
  • Kunjungan wisata paling di favoritkan di Prov Sumatera Utara salah satunya adalah Taman Wisata Iman Dairi.
Demikinalah setidaknya tulisan mengenai Kota Sidikalang, Kabupaten Dairi [Sumatra Utara] dan 12 Fakta yang Wajib Kamu Baca!. Semoga tulisan yang dikirim oleh Ripa Manalu, dengan judul asli dalam artikelnya adalah “Fakta Unik Kota Kopi Internasional” ini dapat menambah wawasan dan pengathuan bagi setiap pembaca yang saat ini atau akan berkunjung di Kota Sidikalang, Kabupaten Dairi. Trimakasih, jangan lupa baca juga fakta daerah lainnya;
  1. Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara, dan Fakta Gunung Emas yang Ada!
  2. Sumatera Utara dan 5 Fakta Mengenai Potensi yang Harus Kamu Pahami!
  3. Kecamatan Batang Toru [Sumatera Utara], dan Beberapa Hal yang Harus Kamu Baca!
  4. Fakta Desa Pargambiran Untuk Mengjak Bermimpi Bersama Anak Desa

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kota Sidikalang, Kabupaten Dairi [Sumatra Utara] dan 12 Fakta yang Wajib Kamu Baca!"

Posting Komentar