4+ Pusat Pertumbuhan di Indonesia Lengkap

Indonesia menjadi salah satu negara dengan berpenduduk terbesar di Indonesia, bahkan bukan hanya memiliki jumlah masyarakat yang banyak akan tetapi dari segi wilayah dan perwilayahanan Indonesia terdapat bertaus pulau dengan pusat pertumbuhan berbeda antara satu denga lainnya. Oleh karena itulah pada artikel ini mengulasn tentang daftar daerah yang menjadi pusat perumbuhan penduduk.

Pusat Pertumbuhan di Indonesia


Pada dasarnya wilayah yang menjadi teretorial Indonesia dalam catatan ilmu geografi dibagi menjadi empat pusat pertumbuhan kepada para pendudukanya. Empat ini secara penuh teregionalisasi pada semua bagian Indonesia dari Sabang sampai Meroke, wilayah tersebut antara lain adalah sebagai berikut;

Regional A

Daerah yang menjadi pusat pertumbuhan di Indonesia pada regional A ini berpusat di Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara. Regional A ini sendiri membawahi dua wilayah yaitu wilayah I dan wilayah II. Wilayah I terdiri atas Aceh dan Sumatra Utara yang berpusat di Medan.

Sedangkan khusus untuk wilayah II dalam daerah yang menajdi pusat pertumbuhan di Indonesia terdiri atas Provinsi Sumatra Barat, Riau, dan Kepulauan Riau yang kesemua wilayah tersebut sejatinya akan berpusat di Pekanbaru.

Regional B

Daerah yang menajdi bagian daripada pusat pertumbuhan di Indonesia regional B ini berpusat di Kota Jakarta. Regional B sendiri membawahi tiga wilayah yaitu wilayah III, IV, dan V. Wilayah III terdiri atas Jambi, Sumatra Selatan, Bengkulu, dan Bangka Belitung yang berpusat di Palembang.

Sedangkan pada wilayah yang ke-IV sendiri senantiasanya terdiri atas Provinsi Lampung, Banten, Jawa Barat, Jakarta, Jawa Tengah, dan Yogyakarta yang kesemua daerah-daerah di Regonal B ini berpusat di DKI Jakarta sebagai Ibu Kota Negara Indonesia.

Sedangkan pada bagian yang menjadi Wilayah V dalam pusat pertumbuhan di Indonesia ini terdiri  atas Provinsi di Kalimantan Barat (Kalbar) yang kesemuanya yang berpusat di Pontianak, sebagai Ibu Kota Kalimantan Barat, Pulau Kalimantan.

Regional C

Daerah lainnya yang menjadi pusat pertumbuhan di Indonesia ini berpusat di Kota Surabaya. Regional C sendiri membawahi dua wilayah ýaitu wilayah VI dan VII. Wilayan VI terdiri atas Jawa Timur yang berpusat di Surabaya. Wilayah VII terdiri atas Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Serta Kalimantan Selatan yang berpusat di Balikpapan dan Kota Samarinda.

Regional D

Regional D dalam pusat pertumbuhan di Indonesia ini berpusat  Kota Makassar. Regional D sendiri membawahi tifa wilayah yang cangkpanya sangatlah besar, yaitu wilayah VIII, IX, dan X .lilayah VIII terdiri atas Nusa Tenggara Bara: Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatar. dan Sulawesi Tenggara yang berpusat Kota Makassar.

Wilayah IX terdiri atas Sulawes Tengah. Sulawesi Utara, dan Gorontalo yang berpusat di Manado. Wilayah X teridiri atas Maluku, Maluku Utara, dan Papua  yang kesemua daerah-daerah tersebut sepenuhnya berpusat di Kota Sorong.

Dari serangkaian penjelasan tentang pusat pertumbuhan di Indonesia dapatlah dikatakan bahwa setiap daerah-daerah yang menjadi kekuasaan pemerintah akan senantiasanya didistribusikan dalam sistem kordinasinya. Sehingga dengan demikianlah akan memunculkan sikap untuk bisa saliang membangun antara wilayah satu dengan yang lainnya.

Demikianlah uraian tentang daerah-darerah yang menjadi pusat pertumbuhan di Indonesia. Semoga dengan adanya materi yang umumnya berada dalam mata pelajaran geografi ini bisa memberikan wawasan dan meningkatkan pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Pusat Pertumbuhan di Indonesia Lengkap"

Posting Komentar