7+ Kabupaten Terkecil di Jawa Terbaru dan Terlengkap


Pulau Jawa sampai saat ini menjadi salah satu Pulau yang paling padat penduduknya. Kepadatan pulau jawa ini terbukti dari hadirnya masyarakat bersuku jawa di wilayah-wilayah Indonesia, baik di Pulau Sumatra, Pulau Papua, sampai dengan Kalimantan dan Sulawesi. Kondisi ini banyak disebabkan lahan lantaran fakta Pulau Jawa memiliki wilayah daratan yang sempit, bahkan dari semua wilayah-wilayanya ada beberapa kabupaten yang memiliki wilayah terkecil ukurannya. Sebagai penjelasan lebih lanjut, artikel ini akan mengungkapkan tentang kabupaten terkecil di Jawa.

Jawa


Pulau jawa adalah Pulau yang memiliki banyak kota-kota besar yang dipandang sebagai setrak pendidikan di Indonesia, seperti di Bandung yang ada Kampus ITB dan UPI, atau di wilayah Jakarta ada UI, UIN, dan UNJ. Bahkan untuk di wilayah Jogjakarta ada UGM, UNY, Veteran, dan kampus-kampus lainnya.

Kabupaten terkecil di Jawa


Adapun beberapa wilayah yang memiliki Kabupaten Terkecil di Pulau Jawa ini hampir tersebar di berbagai Provinsi, Baik di Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, ataupun di Provinsi Jogjakarta. Sebagai bagian daripada 5 provinsi di Pulau Jawa.

Daftar Kabupaten Terkecil di Jawa


Berikut inilah daftar beberapa wilayah yang memiliki ukuran terkecil, diantaranya;

Kabupaten Kudus

Siapa sangka jika kalian membaca beberapa portal berita yang tersebar, wilayah Kabupaten paling berukuran kecil di Pulau Jawa adalah Kabupaten Kudus yang ukurannya hanya sekitar 422,334 Kilo Meter. Letak Kabupaten ini berada di Wilayah Provinsi Jawa Timur yang terkenal dengan Produksi Rokoknya. Baca, juga; 15+ Kabupaten Terkaya di Jawa Timur

Kabupaten Bantul

Wilayah Kabupaten yang terkecil selanjutnya ada di Provinsi Jogjakarta. Wilayah ini kurang lebih berukuran sekitar 489.263 Kilo Meter. Bahkan wilayah ini sendiri seringkali terkena Bencana yang dasayat, seperti Bencana Tsunami pada Tahun 2006. Selain terkecil Kabupaten ini memiliki tempat wisata, yang terkebal misalnya saja Wisata Parangtritis.

Kabupaten Sukoharjo

Wilayah yeng dianggap terkecil selanjutnya, khususnya di Daerah Jawa Tenggah adalah Kabupaten Sukoharjo dengan ukrannya yang hanya mencapai sekitar 509,648 Kilo Meter. Meskipun berukuran kecil wilayah ini terkanl sangat dengan Pengerajin Gamelan Jawa terbaik di Pulau Jawa.

Kabupaten Sleman

Sleman menjadi salah satu Kabupaten dengan ukuran yang sangat kecil. Wilayah ini memiliki Gunung Berapi yang masih aktif, salah satunya adalah Gunung Merapi yang pernah meletus dan menyebabkan banyak korban Jiwa. Adapun luas yang dimiliki Kab. Sleman adalah 567.424 Kilo Meter.


Kulon Progo adalah nama salah satu Kabupaten yang terkecil di DI Yogjakarya. Luas yang dimiliki oleh Kabupaten ini menurut data terbaru dari BPS seitar 570 Kilo Meter. Meskipun secara ukuran kabupate ini terkecil akan tetapi dilihat dari Kerajinannya salah satu yang terkenal di Indonesia adalah Besengek Tempe Benguk.

Kabupaten Tangerang

Ukuran Kabupaten terkecil selanjutnya ada di wilayah Provinsi Banten. Wilayah ini adalah Tanggerang yang terkenal sebagai salah satu Kabupaten Industri terbesar di Indonesia. Wilayah Tanggerang menjadi berukuran kecil sendiri diantara Kabupaten yang ada di  tatar pasundan, bukan di Pulau Jawa. Baca, Juga; Kota Tanggerang [Banten] dan 9 Faktanya

Kabupaten Pulau Seribu

Data terbaru selanjutnya, yang menjadi Kabupate terkecil di Pulau Jawa untuk daratan adalah Kabupaten Pulau Seribu yang letaknya di Ibu Kota Jakarta. Ukuran Kabupaten ini hanya sekitar 8 KM. Meskipun terkecil daratannya untuk luas lautnya sangatlah luas, bahkan untuk jarak terjauh ke pantai menjadi 140 KM.

Baca Juga;
  1. Kabupaten Termiskin di Jawa Tengah
  2. Kabupaten Terluas di Indonesia
  3. Samudra Terluas di Dunia

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan untuk data terbaru mengenai Kabupaten terkecil di Jawa. Semoga dengan adanya informasi ini bisa memberikan wawasan yang mendalam bagi segenap pembaca yang sedang mengali informasi mengenai Pulau Jawa. Trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7+ Kabupaten Terkecil di Jawa Terbaru dan Terlengkap"

Posting Komentar