11+ Negara-Negara di ASEAN Terbaru dan Terlengkap

Negara di ASEAN


Association of Southest Asian Nations atau biasa disebut juga dengan ASEAN adalah sebuah organisasi yang telah berdiri di bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967 oleh Indonesia, Malaysia, Filiphina, Singapura dan Thailand. ASEAN juga adalah sebuah organisasi politik dan juga ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Dibentuknya sebuah organisasi ini adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi,kemajuan sosial, dan juga pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, dan juga untuk memajukan perdamaian dan juga stabilitas ditingkat regionalnya dan juga untuk meningkatkan kesempatan untuk membahas tentang perbedaan di antara anggotanya dengan damai.
Baca juga11+ NEGARA Teraman di Asia Tenggara Terbaru dan Terlengkap

Daftar Negara-Negara di ASEAN


Ada 11 negara yang telah tergabung dalam ASEAN, diantaranya adalah sebagai berikut:

Singapura


Ibukota dari negara Singapura ini adalah Singapura. Batas Negara bagian Utara adalah Selatan Johor, dan bagian Timur adalah Selat Karimata dan dibagian Selatan adalah Selat Singaura, dan di bagian Barat adalah Selat Malaka.

Untuk penduduk yang ada di negara Singapura sebagian besar penduduknya adalah Cina, dan sebagian penduduknya adalah suku melayu, India, dan juga Inggris. Penghasilan utama dari negara Singapura ini adalah Industri, Perdagangan, dan Jasa.

Pemerintahannya adalah Republik dan Kepala Negaranya adalah Presiden dan kepala pemerintahannya adalah Perdana Mentri dan Bahasa Inggris, Cina, Melayu dan Tamil. Dan untuk agamanya Budha, Hindu, Islam, dan juga Kristen.

Lagu kebangsaan dari negara Singapura adalah Majulah Singapura dengan mata uang Dollar
Singapura dengan luas wilayah 62 km2. Selain kodisi tersebut Singgapura ini menjadi salah satu Negara Maju di Asia Tenggara

Thailand


Ibu kota negara Thailand adalah Bangkok. Batas negara thailand dari sebelah Utara adalah Myanmar Dan Laos, dan di sebelah Timur ada di sebelah Laos Dan Kamboja, dan untuk di daerah selatan adalah di Malaysia dan Teluk Siam, dan disebelah Barat adalah Myanmar dan juga Samudra Hindia. 

Untuk penduduk yang ada di Negara Thailand ini adalah penduduk asli Bangsa Thailand dan sebagian ada yang berasal dari keturunan Melayu dan Cina. Penghasilan utama negara Thailand ini adalah Industri, Beras dan Karet.

Dan pemerintahan yang ada di negara Thailand adalah Kerajaan Konstitusi dan kepala negara nya adalah Raja dan kepala pemerintahannya adalah perdana mentri dengan menggunakan bahasa Thai, cina, melayu dan juga menggunakan bahsa inggris. Dengan penggunaan agama Budha yang resmi dan juga agama Islam dan juga agama Kristen sedangkan lagu kebangsaan adalah Phleng Chat dengan mata uang adalah Baht dengan luas wilayahnya adalah 512.820 Km2.

Malaysia


Ibu kota dari negara Malaysia adalah Kuala Lumpur. Batas negara ini disebelah Utara adalah Laut Cina Selatan Dan Thailand dan dibagian Timur adalah perbatasan dengan negara Indonesia dan Singapura dan batas di negara bagian barat adalah Selat Malaka.

Untuk penduduk yang ada di negara Malaysia sebagaian besar adalah dari Suku Melayu dan Cina tapi masih ada juga yang penduduknya adalah suku arab, India dan juga Semang. Dan penghasilan utamanya adalah Timah, Karet, dan juga kelapa sawit.

Sedangkan pemerintahan kerajaan konstitusi dan kepala negara adalah Sultan dan kepala pemerintahannya adalah Perdana Mentri dan menggunakan bahsa Melayu, Cina, Tamil dan juga Inggris.

Agama yang ada di negara tersebut adalah Islam , Budha, Kong Hu Cu, dan KrIsten dengan lagu kebangsaannya adalah Negaraku dan mata uang negara ini adalah Ringgit Malaysia. Dengan luas 5.765 Km2. Salah satu dinasti hiburan atau tempat wisata menarik di Malaka yang merupakan wilayah di Malaysia.

Filiphina


Ibu kota negara Filiphina adalah Manila. Dengan batas negara tersebut terletak di sebelah utara berbatasan dengan Taiwan, dan di negara Timur berbatasan dengan Samudra Pasifik, dan disebelah selatan beratasan dengan Laut Sulawesi dan Laut Sulu dan di bagian barat berbatasan dengan Laut Cina Selatan.

Penduduk asli dari negara Filiphina ini adalah keturunan Melayu dan sebagian suku Mestizo dan di daerah pedalaman juga telah terdapat suku Negrito. Penghasilan utama negara Filiphina adalah Industri, perdagangan dan juga pertanian.

Dengan pemerintahannya adalah republik dengan kepala negara adalah presiden dan kepala pemerintahannya adalah presiden dengan menggunakan bahasa tagalog dan inggris dengan agama katolik roma, islam dan protestan dengan lagu kebangsaan adalah lupang hinirang dengan mata uang adalah peso, dan memiliki luas sekitar 300.324 Km2.

Brunai Darusalam


Ibukota negara ini adalah Bandar Seri Begawan, negara ini memiliki batas wilayah di sebelah utara adalah Laut Cina Selatan dan disebelah Timur memiliki Luas Wilayah Serawak dan dibagian selatan,timur dan juga barat berbatasa denagn Serawak.

Sebagian besar penduduk yang ada di Brunai Darusalam ini adalah berasal dari orang Melayu, dan ada juga dari orang Dayak dan Cina. Penghasilan utama dari negara ini adalah minyak bumi dan juga gaza alam dengan pemeruntahannya adalah Monarki atau kesultanan dan kepala negaranya adalah Sultan dengan menggunakan bahasa melayu dan rata –rata agama yang ada di desa ini adalah Islam, Budha Dan Kristen.

Dan lagu kebangsaannya adalah allah perihalakan sultan dengan menggunakan mata uang Dollar Berunai dan luas wilayahnya adalah 5.765 Km2.

Kamboja


Ibukota negara ini adalah Phom Penh, dengan perbatasan negara-negara ini adalah di sebelah utara dan selatan berbatasan dengan Laos , dan di sebelah timur dan barat berbatasan dengan Thailand. Sedangkan penduduk yang ada di negara Kamboja itu adalah sebagian besar adalah orang Khamer. 

Dengan penghasilan utamannya adalah padi, jagung, dan juga karet. Pemerintahan yang ada di negara ini adalah kerajaan dan kepala negaranya adalah raja dan kepala pemeintahannya adalah perdana mentri dengan menggunakan bahasa khamer dan agama yang ada di negara kamboja ini adalah agama Budha dan Islam, mata uang yang ada di negara Kamboja adalah Riel denan luas wilayahnya adalah 181.035 km.

Laos


Ibukota dari negara Laos adalah Vientiane, batas negara dibagian utara berbatasan dengan RCC, dibagian timur berbatasan dengan Vietnam, dibagian selatan beratasan dengan Kamboja dan Thailand dan dibagian barat berbatasan dengan Myanmar dan Thailand.

Penduduk asli negara Laos adalah Lao, Thai, Khamer dan Cina sedang penghasilan utama negara ini adalah getah, damar dan juga padi.

Vietnam


Ibu kota negara Vietnam adalah Hanoi, penduduk asli Vietnam adalah suku Champa dan juga Montagnard diselatan, Muong, Tay, dan juga Nung di Utara, suku Khamer dan Juga Cina. Penghasilan utama yang ada di negara Vietnam adalah Padi dan juga batu bara. Dengan mata uang yang ada di negara tersebut adalah Dong.

Myanmar


Ibu kota negara Myanmar adalah Naypyitaw dengan penduduk asli dari negara Myamar adalahketurunan Tibet Birma dan juga suku Shan Karen, Rakhim, Mon dan Kachin dengan penghasilan utama yang ada di negara tersebut adalah pdi, kayu jati, gandum dan juga jagung dan untuk kepala negaranya adalah presiden dan agama yang ada di negara tersebut adalah Budha, Islam, Hindu dan juga Kristen dan mata uang yang ada di negara tersebut adalah Kyat dengan luas wilayah 978.036 Km2.

Timur Leste


Ibu kota dari negara Timur Leste adalah Dilli, dengan penduduk asli dari negara ini adalah suku Timor, Belu, Tetum, Galo, Nambi dan juga Tokode. Penghasil utama negara ini adalah pertanian perkebunan, peternakan, industri dan juga pertambangan.

Kepala pemerintahan yang ada di negara ini adalah perdana mentri dengan menggunakan bahsa tetun dan portugis dan mata uang yang di gunakan adalah Dolar.

Indonesia


Ibukota Negara Indonesia adalah Jakarta dengan memiliki perbatasan dari negara – negara di antaranya adalah Negara bagian utara berbatasan dengan Singapura, Malaysia, Laut Cina Selatan, Selat Malaka, Dan Juga Samudra dan dibagian selatan berbatasan dengan samudra hindia bagian timur berbatasan dengan Papua Nugini, dan bagian barat berbatasan dengan Samudra Hindia.

Penghasil dari negara ini adalah minyak bumi, gas alam, logam dan juga rotan dan kayu. Bahkan Indonesia menjadi salah satu Negara Penghasil Padi di Asia Tenggara, sedangkan untuk kepala negaranya adalah presiden dan kepala pemerintahannya adalah presiden dan agama yang ada di negara ini adalah Islam, Kristen, Hindu Dan Juga Budha, lagu kebangsaan negara Indonesia adalah Indonesia Raya, mata uang yang ada di negara ini adalah Rupiah dengan luas wilayah 1.904.00 Km2.

Demikianlah tulisan mengenai Jumlah Negara-Negara di ASEAN Beserta Ibukotanya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mencari referensi mengenai "Negara ASEAN'. Trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "11+ Negara-Negara di ASEAN Terbaru dan Terlengkap"