5+ Provinsi di Kalimantan [Nama dan Ibukota] Lengkap

Nama Provinsi di Kalimantan dan Ibukotanya


Kalimantan adalah Pulau terbesar di Indonesia. Kalimantan ini memiliki sejumlah kabupaten dan kota yang tidak asing lagi kita dengar, adapun salah satu Kota yang familiar misalnya adalah Kota Pontianak (memiliki tugu katulistiwa) Kota Banjarmasin, dan kota-kota lainnya. Adapun untuk Nama-Nama Provinsi di Kalimantan beserta Ibukotanya adalah sebagai berikut.

Provinsi di Kalimantan


Setidaknya adalah 5 jumlah provinsi di Kalimantan ini. Yang terbaru untik provinsinnya adalah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Berikut keterangannya.

Provinsi Kalimantan Barat

KALBAR atau kepanjangan dari Kalimantan Barat adalah salah satu Provinsi terbesar di Indonesia, bahkan di wilayah ini juga memiliki Kabupaten terbesar di Indonesia. Untuk Ibukota Kalimantan Barat berada di Kota Pontianak dengan luas wilayah yang dimilki secara keseluruhan dari Provinsi ini adalah 147,307.00 KM atau sekitar 7.698 persen wilayah Indonesia berada di Provinsi Kalimantan Barat.

Provinsi Kalimantan Selatan

Wilayah selanjutnya yang menjadi bagian Provinsi di Pulau Kalimantan adalah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan Ibukota provinsi ini berada di Kota Bajarmasin dengn ciri khas kotanya memiliki banyak sekali jumlah pasar. Luas Provinsi ini adalah 38,744.23 Kilo Meter atau sekitar 2.025 persen luas Indonesia berada di provinsi ini.

Provinsi Kalimantan Tengah

Provinsi yang ada di Kalimantan, salah satunya adalah Kalteng dengan luas wilayahnya mencapai 153,564.50 kilo meter atau sekitar 8.025 persen. Ibukota Kalimantan Tengah adalah Kota Palangkarya yang diwacanakan menjadi salah-satu pengganti Ibu Kota Indonesia.

Provinsi Kalimantan Timur

KALTIM (Kalimantan Timur) adalah Provinsi yang memiliki luas wilayah 129,066.64 Kilo Meter atau jumlah ini setara dengan 6.745 persen jumlah wilayah daratan Indonesia. Kalimantan Timur memiliki Ibukota Kota Samarindah.

Provinsi Kalimantan Utara

Provinsi di Kalimantan ada yang menjadi Provinsi terbaru di Indonesia, provinsi ini adalah Kalimantan  Utara (Kaltara) dengan luas wilayahnya mencapai 75,467.70 Kilo Meter atau sekitar 3.944 persen luas wilayah Indonesia adalah di Provinsi ini. Ibukota dari Kalimantan Utara adalah Kota Tanjung Selor.

Demikianlah tulisan mengenai Nama-Nama Provinsi di Kalimantan dan Ibu Kotanya. Semoga dengana danya informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca yang sedang membutuhkan refrensi tentang Wilayah-Wilayah di Kalimantan. Trimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5+ Provinsi di Kalimantan [Nama dan Ibukota] Lengkap"

Posting Komentar