Kabupaten Serdang Bedagai [Sumatra Utara] dan Fakta Desa Bengkel Yang Menjadi UKM Masyarakat

Desa Bengkel, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara

FaktaDaerah.Com-  Masyarakat luar Sumatera Utara pasti tak banyak yang tahu tentang desa ini. Desa Bengkel namanya yang terletak di Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai. Dari namanya terkesan seperti tempat memperbaiki kendaraan. Tapi Bengkel yang satu ini beda, karena ada fakta unik di Desa ini.
Baca Juga: Sumatera Utara dan 5 Fakta Mengenai Potensi yang Harus Kamu Pahami!

Desa Bengkel


Desa Bengkel adalah desa yang berada di jalan lintas Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara. Letaknya yang berada di jalan lintas menjadi alasan tempat ini dijadikan tempat persinggahan.
 

Fakta Unik Desa Bengkel di Kabupaten Serdang Bedagai


Uniknya, sepanjang jalan desa ini dipenuhi dengan kios-kios jajanan milik masyarakat setempat. Barang-barang yang dijual juga merupakan produk olahan atau buatan masyarakat atau yang disebut UKM (Usaha Kecil Menengah) milik masyarakat setempat. Barang-barang yang dijual adalah makanan dan beberapa jenis perabot.
 

Dodol di Desa Bengkel Tersedia Variasi Rasa


Soal makanan yang paling khas dan unik disini adalah dodol. Dodol yang tersedia terdiri dari berbagai variasi rasa, mulai dari original, rasa pandan, hingga rasa buah-buahan.
 
Dodol di desa ini sudah terkenal mutu dan rasanya. Selain itu, makanan khas yang sering dijadikan ole-ole adalah keripik berbagai variasi bahan, keripik pisang, keripik ubi, keripik sukun, dan lain-lain. Selain keduanya juga masih banyak lagi makanan khas yang dijajakan disini. Jajanan khas daerah ini merupakan produk olahan masyarakat daerah ini sendiri.
 
Selain itu, dijual juga beberapa perabotan rumah tangga tradisional dan diproduksi oleh usaha kecil menengah milik masyarakat setempat. Di antaranya adalah sapu, lesung, tudung saji, topic aping, tikar, dan barang-barang tradisional lainnya.

Maka tidak heran bila desa ini dijadikan tempat persinggahan para pengendara. Biasanya mereka membeli oleh-oleh atau hanya sekedar beristirahat dan makan. Desa ini menyimpan banyak keterampilan dan keistimewaan dari masyarakat yang masih mengedepankan  berbagai jenis makanan dan barang-barang tradisional yang mereka olah.
 
Tempat ini sudah sejak lama dijadikan sebagai pusat penjualan oleh-ole dan jajanan. Saya sangat bangga dengan ciri khas berbagai makanan dan barang yang mereka pertahankan sejak dulu. Desa Bengkel ini sudah menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Kabupaten Serdang Bedagai. 

Belakangan ini, pemerintah daerah semakin mengeksplor desa ini untuk dijadikan pusat wisata kuliner di Kabupaten Serdang Bedagai. Demikinalah tulisan mengenai Kabupaten Serdang Bedagai yang ditulis oleh Sri Wulandari. Semoga bermanfaat jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. [5] Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Harus Kamu Kunjungi!
  2. Kabupaten Tapanuli Tengah [Sumatra Utara] dan 7 Fakta yang Harus Kamu Baca!
  3. Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara, dan Fakta Gunung Emas yang Ada!
  4. Danau Toba dan 5 Spot Wisata Terbaik yang Wajib Kamu Kunjungi!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Kabupaten Serdang Bedagai [Sumatra Utara] dan Fakta Desa Bengkel Yang Menjadi UKM Masyarakat"

Posting Komentar