22+ FAKTA Sumatera Selatan Yang Membanggakan!

Provinsi Sumatera Selatan


FaktaDaerah.ComSumatera Selatan adalah nama dari satu provinsi yang ada di Indonesia. Provinsi ini secara geografi terletak di bagian selatan Pulau Sumatera dan berbatasan langsung dengan Provinsi Lampung. Ibukota Provinsi Sumatra Selatan adalag Kota Pelambang. Selain hal-hal diatas, Provinsi yang terkenal dengan makanan “Empek-Empek” ini memiliki beberapa fakta yang sungguh menajubkan.

Fakta-Fakta Provinsi Sumatera Selatan (Sum-Sel)


Berikut adalah sejumlah fakta menarik mengenai Sumatera Selatan;

Sumatera Selatan Memiliki Kota Terbesar Ke-2 di Pulau Sumatra

Fakta yang membanggakan pertama kali adalah Kondisi Kota Palembang yang menjadi Ibukota Sumatera Selatan. Kenyataannya Kota Pelambang ini menjadi kota terbesar ke2 di Pulau Sumatra, artinya Palembang hanya kalah dengan Kota Medan (Sumatra Utara)

Sumatera Selatan Memiliki Bukit Sulap

Bukit Sulap yang ada di Provinsi Sumatera Selatan ini adalah sebuah bukit yang bisa menghilang, Tempatnya jika telah menginjak pukul 06.00 hingga siang hari Bukit Sulab akan menghilang alias tak terlihat dalam pandangan mata

Sumatera Selatan Memiliki Kerjaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya adalah kerajaan pertama di Sumatera Selatan, yang berdiri pada abad ke-7, dengan raja pertama bernama Dapunta Hyang. Kerajaan ini runtuh oleh serangan dari Kerajaan Majapahit pada tahun 1477. Namun sampai saat ini Kerjaan Sriwijaya tetap menjadi salah satu kerajaan yang menggamkan bagi Sejarah Nusantara.

Sumatera Selatan Memiliki Peninggalan Sejarah

Peninggalan Bersejarah di Sumatera Selatan, pada hakekatnya ada banyak sekali. Diantaranya adalahs ebagai berikut;

Masjid Agung Palembang (Masjid Sultan Mahmud Badaruddin II)

Masjid yang penuh dengan nilai sejarah ini dibangun oleh Sultan Susuhunan Abdurrahman pada tahun 1748. Nilai sejarah masjid ini adalah dulunya digunakan sebagai tempat rakyat Sumatera Selatan berkumpul untuk mengadakan perlawanan terhadap penjajah Belanda.

Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak dibangun oleh Sultan Mahmud Bahauddin atas prakarsa Sultan Mahmud Badaruddin I pada tahun 1780. Benteng ini merupakan bangunan keraton pada masa Kesultanan Palembang.

Fakta Suku Bangsa di Sumatera Selatan

Suku Bangsa yang mendiami Provinsi Sumatera Selatan di antaranya Gumai, Lahat, Komering, Semendo, Lintang, Kubu, Lematang, Ogan, Palembang, Pasemah, Kayu Agung, dan Sekayu.

Rumah Adat Sumatera Selatan

Rumah adat masyarakat Palembang disebut rumah limas dan rumah rakit. Rumah Limas dengan bangunan berbentuk rumah panggung. Rumah rakit merupakan rumah yang dibangun di atas rakit yang mengapung di pinggir sungai.

Tarian Khas Provinsi Sumatera Selatan

Tarian Khas Masyarakat Sumatera Selatan, diantaranya adalah sebagai berikut;

Tari Tanggai

Tari Tanggai dibawakan oleh lima penari dan menggambarkan keharmonisan hidup dari masyarakat Palembang.

Tari Lending Sriwijaya

Tari Gentling Sriwijaya dibawakan oleh sembilan penari dengan tugas masing-masing: satu penari utama yang membawa tepak (kapur sirih), dua penari membawakan peridon (perlengkapan tepak), dan enam orang penari menjadis pendamping.

Provinsi Sumatera Selatan Memiliki Banyak Keindahan Alam

Keindahan Alam di Sumatera Selatan pada dasarnya ada banyak tempat, diantarnya adalah sebagai berikut;

Sungai Musi

Sungai Musi merupakan sungai terpanjang di Sumatera yang memiliki pemandangan sungai yang unik. Jembatan Ampera, lampu-lampu di tepi sungai saat malam hari dan pemandangan matahari terbenam, serta rumah rakit dapat di temukan di sungai ini.

Danau Ranau

Danau Ranau terletak di perbatasan Provinsi Lampung (Kabupaten Lampung Barat) dan Provinsi Sumatera Selatan (Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan). Di sisi danau yang berada di Kabupaten OKU Selatan, terdapat pemandangan Gunung Seminung yang indah. Objek wisata lain di sekitar Danau Ranau yaitu sumber air panas alam, air terjun Subik, dan Pulau Marisa.

Air Terjun Lematang

Air terjun Lematang terletak di Kota Pagar Alam, Lahat, dengan ketinggian sekitar 40 meter.

Danau Teluk Gelam

Danau Teluk Gelam terletak di Kabupaten Ogan Komering llir (OKI) yang merupakan danau yang terbentuk secara alami dengan air yang jernih. Berbagai jenis ikan ada di danau ini, seperti tapah, belida, dan arwana.

Taman Nasional Sembilang di Sumatera Selatan

Taman Nasional Sembilang Jenis tumbuhan yang ada di Taman Nasional Sembilang, yaitu nibung (Oncosperma tigillaria), paku gajah (Acrostichum aureum) dan nipah (Nypa fruticans). Sedangkan fauna yang ada di kawasan ini, yaitu harimau sumatera (Panthers tigris sumatrae), gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus), dan ikan sembilang (Plotusus canius). Tempat dan kegiatan wisata lain yang terdapat di kawasan ini di antaranya Pulau Betet, Semenanjung Banyuasin dan mengamati aktivitas burung migran asal Siberia dan lumba-lumba air tawar.

Gunung Dempo

Gunung tertinggi di Sumatera Selatan ini, terletak di Kabupaten Lahat. Pada puncak kedua, terdapat kawah yang mengeluarkan batu belerang.

Bukit Serelo

Bukit ini yang memiliki bentuk puncak menyerupai Jan telunjuk yang menunjuk langit ini, terletak di Kota Lahat. Di kawasan ini juga terdapat pusat pelatihan gajah.

Sumatera Selatan Menjadi Tempat Asian Games 2018

Fakta ini bisa dikatakan terbaru yang ada di Provinsi Sumatera Selatan, dimana provinsi ini memang perkembangan pembangunan yang ada begitu cepat sehingga menjadi salah satu arena terselenggaranya Asia Games 2018. Bahkan bukan hanya itu di Sumatra Selatan juga kabarnya sedang mengajukan diri menjadi Tuan Rumah MotoGp.

Fakta Pendidikan di Sumatera Selatan

Fakta pendidikan yang ada di Sumatera Selatan, tidak kalah membanggakan. Salah satu kampus yang ada di Sumatra Selatan, yakni Unsri (Univeritas Sriwijaya) adalah kampus primadona yang ada di Indonesia, khususnya di Pulau Sumtara.

Demikianlah tulisan mengenai Fakta-Fakta yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Semoga dengan adanya fakta-fakta daerah ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan pembaca mengenai daerah di Indonesia, khususnya di Sumatera Selatan. Baca Juga: 15 Fakta Kota Pelembang Yang Membanggakan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "22+ FAKTA Sumatera Selatan Yang Membanggakan!"

Posting Komentar