9+ Daerah Penghasil Batik Terbaik di Jawa Timur yang Lengkap

Daerah Penghasil Batik di Jawa Timur

Jawa Timur merupakan salah satu wilayah yang banyak memiliki potensi dan seni. Salah satu seni yang terkenal di Jawa Timur adalah seni lukis khususnya dalam hal batik. Meskipun demikian batik-batik di Provinsi Jawa Timur ini masih kalah dengan daerah-daerah di Jawa Tengah. Akan tetapi tak menutup kemungkinan 10 atau 20 tahun mendatang batik-batik di Jawa Timur akan dikenal oleh masyarakat Indonesia dan dunia.
Baca Juga: 18+ NAMA Motif Batik Madura [Jawa Timur] Dan Maknanya

Daerah Penghasil Batik Jawa Timur


Menurut Data, daerah di Jawa Timur yang paling besar penghasil batiknya adalah Madura yang memiliki khas batik di Madura Jawa Timur ini dengan warna-warna yang berani atau corak-corak yang berani yang memiliki arti bagi masyarakatnya.

Daerah Penghasil Bati di Provinsi Jawa Timur yang Terkenal


Berikut ini adalah sejumlah daerah di Provinsi Jawa Timur yang paling dikenal oleh masyarakat secara luas;
  1. Kabupaten Madura, Provinsi Jawa Timur
  2. Kabuaten Tulungagung, Jawa Timur
  3. Kabupaten Pacitan
  4. Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur (batik di wilayah Sidoarjo ini dikenal dengan gambaran flora dan fauna endemik di Sidoarjo)
  5. Kabupaten Ponorogo
  6. Kabupaten Mojokerto
  7. Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur (batik yang dihasilkan di Wilayah Banyuwangi ini berjumlah 21 yang sudah di akui secara nasional akan keindahannya, jenis batik di Kabupaten ini yang terkenal adalah Model Batik Gajah Oling)
  8. Kabupaten Tuban, di wilayah ini model batiknya berbeda dengan daerah-aerah yang lainnya. Dimana Batik Tuban dikenal dengan batiknya yang langsung diabuat secara alami, misalnya untuk kainnya langsung membuat sendrii kapas dengan pembuatan yang tradisional akan tetapi sebagian juga ada yang menggunakan alat-alat modern.
  9. Kabupaten Jember, Wilayah ini juga memiliki ciri khas khusus Batik utamanya berada di Kecamatan Sumberjambe. Bahkan daerah di wilayah Kecataman ini juga banyak memiliki Sanggar-Sanggar Batik lho ya.

Batik di Wilayah Jawa Timur

Batik yang ada di Jatim meskipun kalah terkenal dengan Batik yang ada di Jawa Tengah akan tetapi dalam proses pembuatan dan bahannya juga tidak kalah bagus, bahkan batik-batik di Jawa Timur ini seringkali menjadi rujuan bagi para touris yang sedang berada di daerah ini.

Demikianlah tulisan mengenai Daerah Penghasil Batik di Jawa Timur, Indonesia. Semoga dengan adanya ulasan mengenai potensi batik di Jatim ini bisa menambah wawasan dan juga pengetahuan pembaca dalam mengenal Indonesia. Trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9+ Daerah Penghasil Batik Terbaik di Jawa Timur yang Lengkap"

Posting Komentar