5+ Fakta Kabupaten Tegal di Jawa Tengah yang Wajib Kamu Ketahui

Fakta Kabupaten Tegal

Sebagaimana kita ketahui, kata “Tegal” pasti merujuk pada gaya bahasa masyarakat yang memiliki tutur kata medhok atau yang biasa dikenal dengan kata ngapak. Selain itu juga daerah Tegal juga terkenal akan sebuah bangunan rumah makan yang khas dan menjadi fenomenal di seantero Nusantara bahkan dikatakan sudah merabah ke mancanegara yakni Warung Tegal (Warteg).

Oleh karena demikianlah setidaknya berikut ini ada beberapa ulasan tentang fakta Kabupaten Tegal yang setidaknya wajib kamu baca ya.

1. Bahasa Ngapak dan Warung Tegal (Warteg)

Di benak masyarakat umum pasti ketika mendengar nama Tegal yang terlintas dalam pikiran adalah dua hal tersebut, yaitu Bahasa Ngapak dan Warung Tegal (Warteg). Tak dipungkiri lagi, memang hal tersebut wajar-wajar saja karena sisi keunikan daerah kota Tegal yang paling eksis di masyarakat luas adalah gaya bahasa ngapak dan rumah makan Wartegnya.

2. Potensi Wisata Kabupaten Tegal

Namun apa hanya segelintir itu saja keunikan Tanah Ngapak itu ? Tentu saja tidak. Bila kita melihat dari segi potensi wisatanya Tegal bisa diacungi jempol. Pasalnya, daerah Tegal terutama pada wilayah Kabupaten Tegal telah dianugerahi sumber daya alam yang melimpah.

3. Gunung Slamet dan Pantai-pantai di Kabupaten Tegal

Kabupaten Tegal memiliki letak posisi dari kaki Gunung Slamet hingga daerah pesisir pantai. Daerah pesisir Kabupaten Tegal terkenal akan Pantai Purwahamba nya, yang menyuguhkan keindahan pantai berombak tenang, pasir hitam yang halus dan udara pantai yang sejuk sepoi-sepoi.
 
Ditambah lagi terdapat anjungan dan lokasi pariwisata PUR’IN yang menambah kelengkapan sarana dan prasarana untuk tujuan berlibur menjadi lebih menyenangkan. Selain pantai Purwahamba yang terletak di Kecamatan Suradadi, terdapat pula Pantai Muarareja, Pantai Larangan dan Pantai Randusanga yang mana spot pantai tersebut merupakan spot tersembunyi dari hiruk-pikuknya aktivitas warga pesisir yang sedang menjalakan aktivitas sebagai nelayan.

Namun citra keindahannya jangan di sepelekan begitu saja, Pantai-pantai tersebut merupakan spot untuk menikmati momen-momen indah dikala matahari mulai terbenam (Sunset) di ufuk barat.
 
Apabila daerah pantai menyuguhkan udara yang hangat, lain halnya dengan daerah di wilayah kaki Gunung Slamet. Wilayah Kabupaten Tegal yang berada di sekitar kawasan kaki Gunung Slamet merupakan daerah yang memiliki suhu paling rendah di Kabupaten Tegal yakni dapat mencapai 13-15oC.

4. Potensi Pertanian Kabupaten Tegal

Terdapat berbagai desa yang masih asri dengan potensi pertanian yang bervariasi jenis tanamannya, sehingga berdasarkan sensus pertanian dari BPS Kabupaten Tegal menyatakan bahwa Kabupaten Tegal dapat menjadi penyumbang program ketahanan pangan di Negara ini. Terdapat kurang lebih 11 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tegal dengan potensi pertanian yang besar seperti pada Kecamatan Margasari dan Bojong.

5. Potensi Wisata dan Pertanian Kabupaten Tegal

Selain pada potensi pertaniannya, setiap Kecamatan di Kabupaten Tegal juga memiliki potensi pariwisata yang sangat bervariasi. Wisata Pemandian Air Panas GUCI yang berada di Kecamatan Bumijawa adalah pariwisata paling terkenal di Indonesia. Guci menyajikan kolam dan air terjun dengan air panas belerangnya yang aman untuk kegiatan berendam bagi para pengunjungnya.
 
Air panas tersebut dihasilkan dari aktivitas Gunung Slamet yang masih berstatus masih aktif. Masyarakat sekitar meyakini bahwasannya air panas ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan berendam di dalamnya.

Selain kolam air panas, GUCI menyuguhkan panorama yang sangat indah dengan nuansa alam yang masih terjaga, masyarakat pedesaan yang ramah, kuliner yang lezat dan terjangkau, dan juga hawa sejuk yang seakan menyelimuti badan dikala sedang berlibur di wisata GUCI oleh karenanya perlu membawa jaket atau pakai tebal untuk melindungi tubuh dari serangan dingin yang terkadang sampai menusuk tulang.
 
Berbagai curug atau air terjun yang sangat indah juga dapat kita temui di Kecamatan Bumijawa. Jadi bagi yang gemar berpetualang maka tidak perlu ragu untuk memilih daerah Kabupaten Tegal terutama di Kecamatan Bumijawa yang memiliki hutan dan lingkungan yang masih asri terjaga, karena setiap wilayah tersebut terkadang memiliki spot-spot tertentu yang tersembunyi dengan keindahan yang tanpa ada bandingannya.
 
Pemerintah Kota dan Kabupaten Tegal telah mengusungkan untuk meningkatkan jumlah dan kenyamanan terhadap pariwisata di daerah Tegal. Sehingga banyak titik-titik pariwisata baru mulai bermunculan dan memiliki keindahan yang memanjakan mata.

Sebagai contohnya yang sedang hits adalah Waduk Cacaban, Curug Penganten, Bukit Baper, Danau Beko serta ada pula Pusat Arkeologi Semedo dan masih banyak lagi.
 
Demikianlah tulisan mengenai Kabupaten Tegal Provinsi Jawa Tengah dan Fakta Potensi yang Nggak Nyesel Untuk di Cermati yang ditulis dalam artikel ini oleh Mohammad Khafid Jaelani dengan judul artikel asli “Surga Tersembunyi  Di Kawasan Sejuk dan Hangatnya Tanah Ngapak Kabupaten Tegal”.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5+ Fakta Kabupaten Tegal di Jawa Tengah yang Wajib Kamu Ketahui"

Posting Komentar