18+ NAMA Motif Batik Madura [Jawa Timur] Dan Maknanya Lengkap

Motif Batik Madura, Provinsi Jawa Timur


FaktaDaerah.Com- Madura menjadi salah satu wilayah di Pulau Jawa, wilayah ini berada di Provinsi Jawa Timur. Madura letaknya berbeda dengan daerah lainnya, yakni terpisah di Pulau Madura yang dihubungkan dengan Jembatan Suramadu (Surabaya-Madura). Diwilayah ini terkenal dengan salah satu Batiknya, Batik-batik di Madura memiliki beberapa Motif.
Baca Juga: 13 TEMPAT Wisata di Kota Surabaya [Jawa Timur] Yang Indah dan Harus Kamu Datangi!

Nama Motif Batik Madura Berdasarkan Wilayah


Berikut ini adalah beberapa nama motif batik di Pulau Madura
  1. Pamekasan, batik Pamekasan adalah salah satu Nama batik yang terkenal di Madura, batik ini ciri khasnya lebih berani  menggunakan warna-warni yang begitu tajam.
  2. Sumenep,  Batik di wilayah Sumenep Madura adalah salah satu batik yang biasanya hanya memiliki satu warna yang mendominasi.
  3. Bangkalan, Batik di Bangkalan Madura ini letak perbedaan dengan batik lainnya biasanya berada pada teknik pembuatannya yang menggunakan teknik gentongan.
  4. Sampang, Batik dari wilayah daerah Sampang Madura ini dikenal dengan dengan batik yang menggunakan gambar atau mitif flora dan fauna.

Nama Motif Batik Madura Berdasarkan Bentuknya


Bedarkan bentuknya Batik di Maduara ada beberapa, diantaranya adalah sebagai berikut;
  1. Batik Maduara Keraben Sapeh
  2. Batik Maduara Sakereh
  3. Batik Maduara Kempeng Saladerih
  4. Batik Maduara Padih-kepa
  5. Batik Maduara Manik-manik.ramo
  6. Batik Maduara Banjar ramo
  7. Batik Maduara Rongterong, perkaper
  8. Batik Maduara Rawan
  9. Batik Maduara Serat kayu
  10. Batik Maduara Panca warna

Makna Motif Batik di Madura, Provinsi Jawa Timur


Motif batik di Madura, Provinsi Jawa Timur makna yang dimiliki sesuai dengan jenis batik atau motif batik. Namun pada intinya makna batik yang dimiliki wilayah ini masih menciri khaskan wilayah-wilayah Madura dan Suku Madura.

Makna Batik Madura Berdasarkan Warnanya;


Salah satu yang menjadi pembeda antara Batik di Madura dengan wilayah lainnya adalah soal warna, warna ini memiliki beberapa makan. Misalnya saja
  1. Warna Merah pada Batik Madura digambaran sebagai sebuah karakter masyarakat di Madura yang dikenal dengan kuat dan kerasnya.
  2. Warna Hijau Pada Batik di Madura, adalah warna yang digambarakan sebagai religi dalam Kerajaan Islam yang didirikan di Madura
  3. Warana Kuning dalam Batik di Madura biasanya digambaran sebagai bulir padi sebagia hasilm pertanian mayoritas penduduknya.
Demikianlah tulisan mengenai Nama Motif Batik Madura [Jawa Timur] Dan Maknanya Lengkap. Semoga gambaran singkat mengenai Info Batik Nusantara ini dapat menambah wawasan dan juga menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. 7 Fakta Kota Madiun [Jawa Timur] yang Harus Kamu Baca!
  2. 10 Tempat Wisata di Gresik [Jawa Timur] Yang Harus Kamu Kunjungi!
  3. Kabupaten Nganjuk [Provinsi Jawa Timur] dan 14 Fakta Yang Wajib Kamu Baca!
  4. Kabupaten Bojonegoro dan 10 [FAKTA] yang Wajib Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "18+ NAMA Motif Batik Madura [Jawa Timur] Dan Maknanya Lengkap"

Posting Komentar