Tempat Wisata dan Kebudayaan di Kota Batang, Jawa Tengah yang Bikin Hati Tergugah!


Tempat Wisata di Kota Batang dan Kebudayaan di Kota Batang


FaktaDaerah.Com- Kota Batang merupakan kota yang masih asri dengan keindaan alamnya. Yang masih hijau dengan banyaknya pepohonan jati yang berjajar di sepanjang jalan pantura. Kota Batang memiliki banyak sekali tempat wisata air terjun ; curug jeglong, curug agung, curug gombong, curug genting dan, curug curug yang tidak kalah bagus lainya.


Untuk curug jeglong, curug tersebut memiliki karakteristik yang unik karena memiliki bebagai tingkatan air terjun yang tidak salah ada 7 tingkatan. Dan memiliki ketinggian, warna air, dan kedalaman yang berbeda – beda tiap tingkatnya.
 

Tempat Wisata Di Kota Batang


Untuk wisata lautnya kota Batang memiliki beberapa tempat yang bagus. Antara lain ; Pantai Sigandu, Pantai Depok, Pantai Ujung Negoro, Pantai Kuripan, Pantai celong, Pantai Legon Kunci, Pantai Buntu, Pantai Jodo.
 
Pantai di kota Batang masih terkesan asri, bersih, dan bagus sekali untu dijadikan wisata bersama keluarga. Untuk para pecinta memancing serta pemburu strike besar di laut Ujung Negoro sangat pas di pilih lokasinya yang tidak jauh dari pemukiman warga.
 
Para lajang yang ingin cepat mendapatkan jodoh bisa mencoba datang ke pantai jodo yang berlokasi di pelelen, geringsing. Yang siapa tau setelah datang ke pantai tersebut cepat melepas masa lajangnya.  Bagi para pecinta olahraga serta wisata extreme bisa mencoba wisata Arung Jeram di Kali Lampir, tersono. 

Sungai yang di jadikan objek Arung jeram tersebut memiliki arus yang deras, pemandangan disekelilingnya pun masih sangat alami. Sehingga bisa melepas penat setelah melakukan aktivitas yang sangat padat. Bagi anak hits banyak sekali spot – spot yang bisa digunakan untuk mengabadikan moment serta berfoto ria contohnya di bukit Sri Gunung, Kembang Langit, Pagilaran, Jembatan Buntu, Menara Pandang dan masih banyak yang lainnya. Dan lebih cocok jika dilakukan pada waktu matahari terbit ataupun matahari terbenam karena akan menambah efek yang lebih bagus terhadap foto yang dihasilkan.
 
Buat para sepasang kekasih yang ingin menikmati liburan yang romantis bisa mengunjungi ke Rumah Pohon dan Taman Bunga di Bandar. Yang apabila pada hari H pemekaran bunga terebut menjadikan tempat tersebut menjadi lebih indah nan elok serta memanjakan mata pengunjung bagi yang melihatnya.

Kebudayaan di Kota Batang


Adapun soal kebudayaan kota Batang masih sangat kental seperti adat – istiadatnya, kesenian, dan batik. Adat – istiadat yang ada di kota Batang masih terkesan mistis contohnya adalah sedekah bumi dan sedekah laut yang setiap tahunya pasti diadakan di setiap wilayah kota Batang dan pesisir pantai.
 
Untuk sedekah bumi basanya diadakan oleh para petani mereka memanen hasil bumi berupa padi dan palawija yang kemudian di kumpulkan lalu di arak keliling kampung bersama warga sekitar. Sedangkan sedekah laut di adakan oleh para nelayan di setiap pesisir pantai yang terletak di wilayah Batang.
 
Biasanya para nelayan memotong seekor kerbau yang sebagian tubuhnya di jadikan santapan dan kepalanya di jadikan sesajen untukdi hanyutkan di laut. Biasanya diadakan balapan perahu sebelum acara tersebut di mulai. Kesenian yang dimiliki oleh kota Batang adalah sebagai berikut ; barongan, kuda lumping, sintren dan masih banyak yang lainnya.
 
Yang beda dari kesenian yang lainnya adalah sintren, karena dalam kesenian sintren diperankan oleh seorang gadis yang semula berpaikan ala kadarnya berubah menjadi gadis yang cantik setelah melakukan ritual di tutupi sebuah tudung yang besar beberapa detik. Dan adapun Batik yang terkenal di Batang adalah berwarna gelap atau coklat yang memiliki motif corak yang sangat sederhana dibandingkan batik yang lainnya.
 
Kondisi sosial di kota Batang memiliki sifat kekekuargaan yang masih terjalin sangat baik, contohnya dalam gotong royong , musyawarah atau pun dalam hal kerja  bakti. Mereka masih sangat antusias untuk mengikuti serta berpatisipasi di dalamnya . jarang sekali di temukan sifat apatis dari salah satu seorang warga yang tinggal di Batang.
 
Dalam masalah beri memberi pun warganya pun sangat antusias, ketika mempunyai makanan sedikit pun mereka akan membagikan ke tetangganya, mereka beranggapan kebersamaan lebih penting di bandingkan nila materai. Semua hal itulah yang membuat kota Batang mempunyai karakteristik serta keunikan yang sangat luar biasa
 
Demikianlah tulisan mengenai Tempat Wisata dan Kebudayaan di Kota Batang, Jawa Tengah yang Bikin Hati Tergugah!. Adapun judul asli dalam artikel ini adalah Nuansa Suraga di Kota Batang dengan penulis aslinya ialah Agus Suprianto. Semoga bisa menjadi wawasan dan pengetahuan bagi setiap pembaca, trimakasih. Baca juga tulisan lainnya;
  1. Tempat-Tempat Wisata di Lumajang [Terlengkap]
  2. [Desa Wonorejo]- Sumbergempol dan Beberapa Fakta yang Harus Kau Baca! 
  3. Fakta Suku Bugis [di Sulawesi], Yang Harus Kamu Pahami! 
  4. Pulau Anambas dan [4] Tempat Wisata yang Harus Kamu Ketahui!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tempat Wisata dan Kebudayaan di Kota Batang, Jawa Tengah yang Bikin Hati Tergugah!"

Posting Komentar