4+ Batas Wilayah Provinsi Sumatera Selatan

Batas Wilayah Sumatera Selatan

Provinsi Sumatera Selatan terkenal akan kuliner pempek lezatnya dan juga Jembatan Ampera yang membentang di atas Sungai Musi. Pada tahun 2018 lalu, ibu kota provinsi ini; Palembang, menjadi salah satu kota tempat diselenggarkannya Asian Games.

Berikut ulasan mengenai sekilas profil Provinsi Sumatera Selatan, termasuk batas wilayah Provinsi Sumatera Selatan.

Sumatera Selatan


Geografis wilayah Sumatera Selatan berlokasi di antara 102-106  BT dan 1-4  LS. Wilayah provinsi ini memiliki beberapa topografi berbeda, yaitu dataran rendah di daerah Pantai Timur dan dataran tinggi di daerah bukit barisan.

Daerah Pantai Tumur Sumatera Selatan banyak ditumbuhi tanaman sejenis palem dan bakau. Untuk daerah bukit barisan, berada pada ketinggian 900-1200 mdpl. Rangkaian gunung yang termasuk di daerah ini, antara lain Gunung Seminung, Dempo, Patah, dan Bengkuk. Daerah inilah yang menjadi sungai besar di Sumatera Selatan, seperti Sungai Musi, Ogan, Komering, Rawas, Lakitan, Rupit, dan Kelingi.

Sumatera Selatan memiliki berbagai tempat wisata yang bisa Anda kunjungi, seperti Danau Ranau, Jembatan Ampera, Sungai Musi, dan Kota Pagaralam. Kalau Anda ingin melihat langsung arena olahraga yang sudah berstandar internasional, Anda bisa mengunjungi Jakabaring Sport Center.

Ketika berkunjung ke Sumatera Selatan, tidak lengkap tentunya jika Anda tidak mencicipi kuliner khas dari provinsi ini. Selain pempek, Sumatera Selatan memiliki pilihan kuliner lezat lain, seperti tekwan, tempoyak, pindang patin dan tulang, model, serta sambal jokjok.

Batas Wilayah Sumatera Selatan


Sumatera Selatan berbatasan langsung dengan provinsi lain di Sumatera, salah satunya dengan Provinsi Lampung di bagian selatan. Tabel di bawah ini menunjukkan batas wilayah Sumatera Selatan.

Barat
Bengkulu
Timur
Bangka Belitung
Utara
Jambi
Selatan
Lampung

Wilayah Sumatera Selatan

Provinsi Sumatera Selatan terbagi lagi atas 17 kabupaten/kota, antara lain Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ilir, Lahat, dan Muara Enim. Lalu ada Kabupaten Musi Banyuasin, Musi Rawas, Banyuasin, Ogan Komering Ulu Timur, dan Ogan Komering Ulu Selatan.

Selain itu, ada Kabupaten Ogan Ilir, Empat Lawang, Penukal Abab Lematang Ilir, dan Musi Rawas Utara. Empat kota yang terdapat di provinsi ini, antara lain Palembang, Lubuk Linggau, Prabumulih, dan Pagar Alam.

Sekarang Anda sudah jelas bukan mengenai bukan mengenai batas wilayah Provinsi Sumatera Selatan?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Provinsi Sumatera Selatan"

Posting Komentar