4+ Batas Wilayah Provinsi Bengkulu

Batas Wilayah Bengkulu

Bila Anda mencari salah satu flora langka kepunyaan Indonesia, Anda bisa datang ke provinsi ini. Ya, Fakta Provinsi Bengkulu merupakan tempat tumbuhnya bunga terbesar di dunia, yakni bunga Rafflesia arnoldii atau disebut juga bunga padma raksasa.

Namun ulasan ini bukan membahas mengenai bunga padma raksasa, melainkan mengenai batas wilayah Provinsi Bengkulu.

Bengkulu


Berlokasi di sebelah barat daya Sumatera, provinsi ini memiliki luas wilayah sebesar 19.788,70 km2. Ketinggian wilayahnya berkisar antara 0-541 mdpl yang membuat provinsi ini memiliki wilayah berbukit dan bergelombang. Kelembaban udara cukup tinggi, mencapai 82-89% dengan curah hujan pertahun mencapai 2500-4000 mm.

Provinsi Bengkulu memiliki banyak tempat yang cocok sebagai destinasi wisata. Untuk wisata alam, misalnya, Anda bisa berkunjung ke Pantai Laguna Samudera, Pulau Tikus, atau Danau Dendam Tak Sudah.

Bengkulu juga merupakan provinsi yang erat kaitannya dengan kemerdekaan Indonesia. Dari provinsi inilah inilah ibu negara pertama, yakni Fatmawati berasal. Anda bisa mempelajari mengenai perjuangan kemerdekaan di beberapa tempat, seperti Benteng Marlborough, Rumah Pengasingan Bung Karno, dan Museum Provinsi Bengkulu.

Batas Wilayah Bengkulu


Provinsi Bengkulu tentunya berbatasan langsung dengan provinsi lain di Pulau Sumatera, seperti Provinsi Lampung dan Jambi. Tabel batas wilayah Bengkulu ada di bawah ini.

Barat
Samudera Hindia
Timur
Sumatera Selatan dan Jambi
Utara
Sumatera Barat
Selatan
Lampung

Wilayah Bengkulu


Wilayah Bengkulu saat ini terbagi menjadi sepuluh kabupaten, yakni Bengkulu Utara, Bengkulu Selatan, Bengkulu Tengah, Rejang Lebong, Kaur, dan Lebong. Selain itu, masih ada kabupaten Muko-Muko, Seluma, Kepahiang, dan Kota Bengkulu.

Seperti wilayah lainnya di Indonesia, di setiap kabupaten itu terbagi lagi menjadi beberapa kecamatan, kelurahan, lalu desa. Total kecamatan di sepuluh kabupaten tersebut sebanyak 128 kecamatan, dengan 172 kelurahan, dan 1341 desa. 

Pada tahun 2017, jumlah seluruh penduduk Bengkulu kira-kira mencapai 1.962.044 jiwa. Dengan luas wilayah total sebesar 19.919,33 km2, berarti kepadatan di Bengkulu saat ini adalah 99 jiwa setiap kilometernya.

Sampai sini dulu sekilas profil mengenai provinsi Bengkulu, termasuk batas wilayah Provinsi Bengkulu. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Provinsi Bengkulu"

Posting Komentar