4+ Batas Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Batas Wilayah Bangka Belitung

Sesuai dengan namanya, di Kepulauan Bangka Belitung terdapat dua pulau utama, yakni Pulau Bangka dan Belitung. Bukan hanya itu, di pulau ini juga terdapat total 470 pulau kecil, namun baru 50 pulau yang berpenghuni. Provinsi satu ini terkenal dengan produksi timahnya dan pantai-pantai yang indah.

Ulasan berikut akan membahas sekilas profil Kepulauan Bangka Belitung, termasuk batas wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung?

Kepulauan Bangka Belitung


Sebelum mengalami pemekaran menjadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, provinsi ini dahulunya termasuk ke wilayah Sumatera Selatan. Pemekarannya terjadi pada tahun 2000, bersamaan dengan berdirinya Provinsi Banten dan Gorontalo.

Sebagian besar wilayahnya terdiri dari dataran rendah dengan ketinggian sekitar 50 mdpl. Adapun gunung yang berada di sini, antara lain Gunung Maras (699 mdpl) dan Gunung Tajam Kaki (500 mdpl). Ada juga daerah yang merupakan perbukitan, meliputi Bukit Menumbing (445 mdpl) dan Bukit Mangkol (395 mdpl).

Seperti daerah lain di Indonesia, provinsi ini memiliki iklim tropis dengan rata-rata tujuh bulan musim penghujan dan sisanya musim kemarau. Kelembaban sekitar 77,4-87,3% dan curah hujannya berkisar antara 58,3 mm hingga 476,3 mm setiap bulannya.

Destinasi wisata alam yang dimiliki provinsi ini, antara lain Pulau Ketawai, Pulau Pelepas, Pantai Tanjung Pesona, dan Pantai Pangana.

Provinsi ini juga masih memilik pantai lain yang tidak kalah menarik, seperti Pantai Batu Tambun, Pantai Turun Aban, dan Pantai Tikus. Kalau Anda berkunjung ke sini, jangan mencicipi makanan khasnya, seperti Lempah Kuning, Getas,  Kemplang Belacan, dan tentunya Martabak Bangka.

Batas Wilayah Kepulauan Bangka Belitung


Karena merupakan kepulauan, semua wilayah yang berbatasan dengan provinsi ini adalah perairan. Berikut tabel terkait batas wilayah Kepulauan Bangka Belitung

Barat
Selat Bangka
Timur
Selat Karimata
Utara
Laut Natuna
Selatan
Laut Jawa

Wilayah Kepulauan Bangka Belitung


Provinsi Kepulauan Bangka Belitung beribukota di Kota Pangkal Pinang, yang merupakan satu-satunya kota di provinsi tersebut. Terdapat enam kabupaten lain di sini, yaitu Kabupaten Bangka, Belitung, Bangka Tengah, Bangka Timur, Bangka Selatan, dan Bangka Barat. Ketujuh kabupaten/kota itu memiliki 47 kecamatan dan ratusan desa.

Itu dia batas wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan sekilas profilnya. Tertarik berkunjung di sini dan menikmati keindahan pantainya?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung"

Posting Komentar