4+ Batas Wilayah Benua Afrika

Batas Wilayah Afrika

Afrika merupakan benua yang memiliki wilayah terbesar ketiga setelah benua Asia dan Benua Amerika. Benua ini juga sering dinamakan dengan benua hitam karena penduduk asli benua ini cenderung memiliki kulit yang berwarna hitam. Untuk mempermudah mengenal Benua Afrika, berikut batas wilayah Benua Afrika.

Benua Afrika


Benua Afrika menempati 20,3% wilayahnya di bumi dengan total penduduk sebesar 1,2 miliar jiwa. Afrika juga disebut dengan benua tua karena banyak peradaban kuno bermula di benua ini. Beberapa fosil manusia purba, seperti Homo erectus, H. habilis, H. sapiens, Australopithecus africanus, A. afarensis, dan Sahelanthropus tchadensis ditemukan dan diperkirakan sudah berumur 200.000 juta tahun.

Salah satu peradaban tertua di dunia berada di aliran Sungai Nil yang lebih dikenal dengan peradaban Mesir Kuno. Di wilayah inilah peradaban tersebut berkembang hingga berusia 5.000 tahun. Beberapa peninggalan sejarahnya bisa dilihat dengan adanya piramida sebagai makam raja-raja Mesir Kuno dan patung sphinx.

Benua Afrika lebih terkenal dengan iklimnya yang tropis dari Afrika bagian utara hingga ke selatan. Selain itu, Afrika juga terkenal dengan benua yang memiliki wilayah padang gurun yang luas dan sangat kering. Gurun Sahara menjadi gurun pasir terbesar di dunia yang wilayahnya mencakup seperempat dari wilayah Benua Afrika.

Batas Wilayah Afrika


Batas wilayah Benua Afrika dapat dilihat sebagai berikut.

Barat
Berbatasan dengan Samudera Atlantik
Timur
Berbatasan dengan Samudera Hindia
Utara
Berbatasan dengan Laut Tengah dan Benua Eropa
Selatan
Berbatasan dengan Samudera Hindia dan Basin Agulhans

Wilayah Afrika

Benua Afrika terbagi menjadi 5 kawasan. Kawasan Benua Afrika meliputi Afrika Timur, Afrika Tengah, Afrika Utara, Afrika Selatan, dan Afrika Barat.

Afrika Timur meliputi negara Burundi, Komoro, Djibouti, Eritrea, Ethiopia, Kenya, Madagaskar, Malawi, Mauritius, Mozambik, Rwanda, Seychelles, Somalia, Tanzania, Uganda, dan Zambia.
Afrika Tengah meliputi negara Angola, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Chad, Kongo, Guinea Khatulistiwa, Gabon, serta Sao Tome dan Principe.

Afrika Utara meliputi negara Algeria, Mesir, Libya, Maroko, Sudan, Sudan Selatan, Tunisia, dan Sahara Barat.

Afrika Selatan meliputi negara Botswana, Lesotho, Zimbabwe, Namibia, Afrika Selatan, dan Swaziland.

Afrika Barat meliputi Benin, Burkina Faso, Tanjung Verde, Pantai Gading, Gambia, Ghana, Guinea, Guinea Bissau, Liberia, Mali, Mauritania, Niger, Nigeria, Saint Helena, Senegal, Sierra Leone, dan Togo.

Itulah wilayah dan batas wilayah Benua Afrika. Semoga bisa membantu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Benua Afrika"

Posting Komentar